Tips Bisnis Fashion dimasa Pandemi

Bismillah, 

Pandemi masih saja belum berakhir, banyak sekali yang terkena dampaknya. Beberapa bisnis terkena dampaknya, termasuk bisnis fashion yang merupakan salah satu usaha yang nyata - nyata terkena dampak karena pandemi Covid-19. 

Kalau begini, yang memiliki usaha bisnis fashion harus melakukan banyak inovasi dan usaha yang lebih keras lagi supaya bisnis fashion ini tetap bertahan meskipun dimasa sulit seperti ini. 



Yang saya rasakan sekarang tuh dalam menjalankan bisnis (Marwah Style) ini adalah banyaknya saingan, huhu. Saingan semakin banyak dan pada banting harga dong, ini yang menjadi masalah berat. Kalau konsumen langganan sih sudah paham dengan bahan premium yang saya gunakan dan mereka pasti jadi langganan terus. Namun susah sekali menggaet pelanggan baru karena persaingan harga ini, hiks. 


Apa yang harus dilakukan untuk atasi semua itu? Supaya bisnis yang sedang kita jalani tetap survive ditengah pandemi seperti ini. 

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisnis fashion ini tetap berjalan, diantaranya adalah : 

Melakukan perencanaan yang matang 

Perencanaan yang matang ini harus ada pada saat memulai bisnis, namun ini juga bisa dilakukan ketika bisnis mulai menurun. Untuk bangkit kembali kita perlu kembali melakukan perencanaan yang matang. 

Mulai dari memperhatikan nama brand, memperhatikan label fashionnya. Menghitung kembali total modal dan juga mengkalkulasikan keuntungan. Sampai stok dan laporan lainnya pun dicek kembali. 



Melakukan riset pasar 

Riset pasar itu penting, meskipun riset pasar ini adalah proses yang lumayan panjang. Jdi kita tuh harus tahu dulu siapa pelanggan bisnis kita, produk yang seperti apayang diinginkan oleh pelanggan dan faktor apa saja sih yang mempengaruhi pembelian suatu produk. 

Untuk riset pasar ini, bisa dibilang investasi loh. Biaya dan juga tenaga yang dikeluarkan untuk riset pasar ini, insya allah akan membuat bisnis berkembang. Insya allah hasil riset akan membuat saya memiliki banyak informasi yang saya butuhkan. Informasi seputar target dan juga informasi perilaku pelanggan. Yang mana semua informasi ini akan membuat produk yang saya jual bisa lebih baik lagi. 

Membuat desain yang tak lekang oleh waktu 

Sudah pada tahu yah tentang keadaan finansial yang sulit dimasa pandemi ini. Bahkan banyak sekali yang harus kena phk karena perusahaannya koleps. Kondisi ini yang membuat orang - orang hemat dan bener - bener memperhatikan pengeluarannya. 

Nah, buatlah desain yang timeless atau yang tak lekang oleh waktu dengan bahan yang bagus. Desain yang santai, simple dan tidak rumit. Supaya ketika belum laku tahun ini bisa dijual tahun depan dengan desain yang masih masuk dan oke.

Melakukan promosi 

Dimasa sekarang tuh, hampir semua dilakukan secara online. Betul? Orang - orang sekarang tuh hampir 90% lebih sering akses internet. Nah, ini tuh peluang loh. Peluang untuk kita para pelaku bisnis. 

Mari kita manfaatkan peluang ini untuk media promosi. Buatlah promosi yang engga membosankan. Buatlah promosi yang bikin penasaran dengan tema yang unik. Jangan ragu untuk membuat giveaway atau challenge di sosial media. Biasanya dengan begitu bakalan menggaet pelanggan untuk membeli produk kita. 

Melakukan pencatatan keuangan 

Jangan sepelekan melakukan pencatatan keuangan. Saya selalu melakukan pencatatan keuangan, meskipun transaksi penjualan secara online namun saya tetap selalu print out invoice pembelian dan juga penjualan sebagai arsip. 

Memang sih, invoice bisa saja disimpan secara digital. Namun saya lebih senang menyimpan secara manual dalam file gitu. Selain print out invoice, saya juga selalu print out laporan keuangan bulanan, mulai dari laporan laba rugi, laporan stok, neraca keuangan, neraca saldo sampai laporan buku besar biasanya saya print. 

Ini untuk memudahkan saja jika sewaktu - waktu dibutuhkan, kan kalau pas butuh terus laptop rusak atau ga bisa dibaca file nya, gimana? Makanya saya antisipasi dengan print out. 

Ngomongin print out, saya jadi kepikiran mau ganti printer deh. Soalnya printer yang ada sudah usang dan memang butuh diganti nih. 

Kira - kira saya butuh printer seperti apa yah untuk memenuhi kebutuhan usaha saya ? Bukan cuman dipakai untuk kebutuhan usaha sih namun saya juga butuh untuk PJJ nya neng marwah, jadi butuh Printer multifungsi. Terus butuh juga Printer paling bagus untuk cetak foto, ya kan sekalian biar bisa cetak foto - foto jalan - jalan gitu, hehe. 

Emang ada yah printer multifungsi seperti yang saya idamkan ini? 

Setelah searching lumayan lama, akhirnya saya memutuskan bahwa saya membutuhkan printer yang multifungsi, hemat dan juga efisien. Dan kriteria itu ada pada HP LaserJet Pro M454dn. 



Kenapa saya jatuhkan pilihan pada HP LasetJet Pro M454dn?

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bahwa saya punya bisnis dan saya menjalankan bisnis di rumah. Jadi saya butuh printer yang biasa ada di kantor - kantor supaya bisa digunakan multifungsi. 

HP LaserJet Pro M454dn ini tuh sangat hemat dan juga efisien, karena bisa multifungsi. Bisa mencetak gambar dan juga dokumen dengan kualitas bagus. Selain hemat & juga efisien HP LaserJet Pro M454dn ini hemat energi, hematnya bisa sampai 11% loh dibandingkan produk serupa. 



Hemat energi gini tuh bisa menghemat listrik di rumah juga, kan idaman banget nih printer seperti ini. Iya kan gengs? 

HP LaserJet Pro M454dn ini tuh memiliki desain yang simple namun elegan, jadi desainnya tuh timeless alias ga akan ketinggalan zaman loh. HP LaserJet Pro M454dn ini tuh bisa dengan mudahnya berpindah tempat, jadi saya bisa mindahin ke ruangan mana pun yang saya mau, soalnya ga butuh banyak space. Pengaturannya gak ribet kok. 

HP LaserJet Pro M454dn ini didukung oleh teknologi nirkabel, ga usah deh repot nyolokin perangkat ini dengan beraneka ragam kabel seperti printer kebanyakan. Soalnya HP LaserJet Pro M454dn ini tuh didesain dengan teknologi nirkabel yang sudah dilengkapi dengan fitur wireless, jadi bisa kapan saja print foto atau dokumen tanpa masalah. 



Apalagi yah kalau diburu waktu harus cepet - cepet print out dokumen penjualan atau pembelian, nah HP LaserJet Pro M454dn bisa bekerjasama banget. Dengan hasil yang bagus dan juga cepat. Soalnya resolusi HP LaserJet Pro M454dn ini mencapai 4800 x 600 dpi . 

Hasil print nya bagus plus menghemat waktu pula, siapa juga yang tak mau punya printer sehebat ini. 

Spesifikasi HP LaserJet Pro M454dn 

Sebelum saya memboyongnya ke rumah nih untuk membantu pekerjaan bisnis dan pribadi saya, tentunya saya harus kenal lebih dalam lagi dong. Alias harus paham bener spesifikasinya seperti apa. 

Spesifikasi Printer HP LaserJet Pro M454dn yang menurut saya mumpuni banget sebagai printer multifungsi yang selama ini saya idamkan. 

HP LaserJet Pro M454dn ini adalah printer HP laser color, auto duplex printing yang memiliki kecepatan print / cetak up to 28 ppm, kecepatan duplex up to 25 ipm. 50 Sheet multipurpose tray, 250 sheet input tray, USB 2.0 network, tipe toner HP 416A CMYBK. Untuk siklus cetak bulanannya bisa sampai 50ribu halaman. Dimensinya itu 41,2cm(W) x 46,9 cm (D) x 29,5 cm (H) . 


Bikin ngiler banget deh, semoga disegerakan bisa beli HP LaserJet Pro M454dn ini untuk menunjang bisnis fashion saya yah, aamiin. Buat yang sedang mencari printer untuk mendukung usaha / bisnis bisa langsung kunjungi saja : 



Website : www.erasupplies.com

Instagram : https://www.instagram.com/erasupplies

Facebook : http://facebook.com/EraSuppliesIndonesia

Temen - temen bisa cek langsung di website Era Supplies buat cari printer yang sesuai dengan kebutuhan temen - temen.  Adakah rekomendasi Printer HP yang oke untuk jalani bisnis? Ya, untuk rekomendasi juga buat saya atau temen - temen yang baca artikel ini. 


With love,

Tian Lustiana

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon