Hal Dasar yang Harus Dipahami Blogger

Februari 22, 2021

Bismillah, 

Apa saja sih yang harus dimiliki dan dipahami oleh seorang blogger? 

Tentu saja ilmu tentang menulis, betul? 

Selain menulis dan bercerita, ternyata ada banyak hal - hal yang wajib dipahamioleh seorang blogger. Hal yang paling mendasar. Alhamdulillah saya mendapatkan ilmu bergizi banget nih dari teh Ani (founder Komunitas ISB) yang berbaik hati memberikan saya ilmu tentang hal - hal yang wajib dipahami dan dimiliki seorang blogger. Ilmu ini saya dapatkan pada ISB Course Batch 5. Saya sebelumnya mengikuti ISB Course Batch 3 dan ilmu - ilmu nya sangat berguna banget. 


Tanda baca

Teh Ani selalu menekankan bahwa selain keahlian menulis, seorang blogger harus memiliki attitude yang baik. Ya, karena ini akan menunjang untuk mendapatkan rezeki dari klien. Bisa dicoba deh kalau kita ber-attitude baik, Insya Allah klien akan terus berkomunikasi dengan kita dan memberikan job lainnya. Betul? 

Selain attitude juga, teh Ani memberitahukan ada hal mendasar lain yang wajib kita miliki dalam dunia tulis menulis, diantaranya adalah masalah tanda baca, pemasangan huruf kapital dan juga sinonim. 

Tanda Baca 

Untuk penempatan tanda baca, kita harus paham betul penempatannya. Misalnya nih untuk tanda seru, kita pun harus paham betul bagaimana menempatkan tanda seru yang baik. Ada beberapa ekspresi yang diwakili oleh tanda seru, diantaranya : 

  • Ekspresi marah.
  • Ekspresi semangat.
  • Ekspresi bahagia.
  • Ekspresi memerintah. 
Untuk tanda baca koma, jangan sampai juga salah menempatkan tanda baca koma ini, Karena jika kita salah menempatkan tanda baca koma ini maka akan salah arti dan salah persepsi juga. 

Masalah tanda baca ini juga bisa dijadikan untuk mengolah dan juga merangkai story telling. 

Huruf Kapital 


Untuk huruf kapital ini biasakan untuk terapkan pada judul ini hanya pada awal kata, contoh : Biasakan Untuk Membaca. 
Untuk huruf kapital ini juga gunakan pada setiap awal kalimat, gunakan juga untuk nama orang dan gunakan untuk kata sapaan. 

Hati - hati juga dalam penggunaan huruf kapital yah, karena kalau salah guna bisa diartikan marah loh, hehe. Iya kan? Kalau kita sedang chatting terus emosi, biasanya saya pribadi pakai huruf kapital, hehe. 

Sinonim 

Teh Ani mempertegas, bahwa akan lebih baik jika dalam menuliskan suatu review kita bisa memakai beberapa sinonim. Misalnya untuk kata makanan, kita bisa juga gunakan kata kudapan, penganan, hidangan, kuliner atau sesajen. Jadi bisa kita sesuaikan dengan kalimatnya juga. 

Peer banget nih untuk saya nih untuk memperkaya kosakata saya dengan banyak sinonim nih, mau ah menggunakan cara teh Ani yang rajin menuliskan setiap sinonim dalam catatannya, ini juga bisa melatih motorik kita nih biar engga cepat pikun, hehe. 




Wah ternyata, inilah hal paling mendasar yang wajib dimiliki dan juga dipahami oleh seorang blogger yah. Makasih banyak teh Ani atas sharingnya yah. Jujur, saya tuh kadang mengabaikan masalah tanda baca ini, karena saya pribadi merasa ah ngeblog ini. Tapi ternyata ini juga demi kebaikan kita sendiri yah. 

Akan lebih enak kan kalau blog kita tuh tersusun dengan baik, tanda baca nya baik juga. Iya kan? 

Sekali lagi, terimakasih teh Ani atas pelajaran ini yah.Semoga menjadi berkah dan ladang pahala untuk teh Ani, aamiin. 

Selain ini masih banyak lagi ilmu lainnya yang teh Ani berikan, insya Allah akan saya share juga diblog ini yah. 


With Love, 


Tian Lustiana 













You Might Also Like

2 Comments

  1. Thank you atas sharingnya kaa!

    BalasHapus
  2. Sekali-sekali ke Twitter bunda liat ada link dengan suukesbject yang menarik. Jadilah kesempatan bagi bunda untuk berkunjung ke sini. Betul sekali mmemang banyak sekali hal-hal dasar yang harus dipahami. Bunda ketinggalan sesi ini karena jarang sekali berkunjung ke ISB, huhuhuu...Pandemi membuat bunda terlalu asyik dengan kegiatan lain sehingga terkadang lupa ada tugas juga mengisi blog dengan tulisan.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut