"Time For Mama" Sebagai Rewads Untuk Diri Sendiri Supaya Bahagia

Desember 30, 2020

Halo, gimana kabarnya? Masih bisa menjaga kewarasan kan? Gawat yah kalau ibu - ibu seperti kita terlalu capek sampai lupa memanjakan diri sendiri dan malah cepet emosian yang ada. 


Pengalaman saya sendiri, kalau capek dan lupa manjain diri yang ada cepet marah dan ngerasa emosian aja. 

Tadi, lihat postingan Jennifer Bachdim yang menyuarakan betapa pentingnya "Time For Mama" . Beliau seorang ibu dengan tiga anak, yang juga membutuhkan waktu untuk mama. 

Saya terinspirasi banget deh jadinya melihat postingan Jennifer Bachdim itu, bahwa memang kita sebagai seorang ibu harus tetap menjaga kewarasan dengan sering memanjakan diri atau "waktu untuk mama" ditengah kesibukan dan aktivitas yang gak akan ada habisnya. 

Apalagi Jennifer Bachdim itu pastinya punya banyak aktivitas / kerjaan yah, kebayang kan gimana capeknya ngurusin anak 3, ngurusin rumah dan juga kerjaan, duh. Pastinya Time For Mama ini adalah salah satu moment terbaik yang dilakukan untuk tetap menjaga kewarasan seorang ibu.

Melihat aktivitas Jennifer Bachdim yang banyak plus mengurus anak - anak nya tentu saja dia akan merasakan lelah dan mungkin juga kewalahan yah. Dibalik aktivitas ini, seorang ibu tentu saja memerlukan waktu untuk dirinya sendiri, begitupun dengan Jennifer Bachdim. Namun ia sangat bersyukur dan hargai dengan apa yang dirasakan sekarang. 

Terimakasih atas waktunya bersama anak - anak yang disayangi, terimakasih atas waktu terbaik bersama anak - anak yang belum tentu nanti bisa terulang lagi.Jadi, seorang Jennifer Bachdim sangat mensyukuri bisa menjadi ibu untuk anak - anaknya dan selalu berada didekat mereka. 

Ada short movie nih dari Ovo Indonesia yang menurut Jennifer Bachdim itu relate banget dan sangat mempresentasikan perasaannya. Hmm saya jadi penasaran dan langsung cek ricek short movie nya itu. Dan beneran dong, short movie nya itu sangat mewakili perasaan para ibu dan juga isteri. Sila temen - temen tonton sendiri deh short movie persembahan Ovo Indonesia nya. 




Setuju gak kalau Time For Mama atau Me Time itu bukanlah suatu keegoisan? 

Berikan "Time For Mama" Sebagai Rewads Untuk Diri Sendiri Supaya Bahagia 


Kerjaan itu gak bakalan habis dan selesai loh kalau kita tidak menyempatkan diri buat memanjakan diri. Buat saya pribadi, Time For Mama ini semacam rewards untuk diri sendiri yang selama ini sudah bekerja, sudah mengurus anak, mengurus rumah, memasak dan lainnya. 


Rewards nya ini bisa berbentuk apa saja sih, misalnya tidur tanpa ada gangguan dari anak - anak, belanja sendirian, ke salon, baca buku atau dihadiahi saldo OVO untuk jajan online. Dan rewards lainnya yang tentunya bikin happy. Karena jika ibu happy maka semua keluarga bakalan happy, trust me. Its Work, haha. Beneran loh, saya merasakan sendiri bagaimana ter-charge kebahagiaan jika sudah melakukan me time, bawaanya tuh kayak abis di charge 1000% gitu, semangat dan bahagia. 


Ibu yang punya anak kecil (bayi&balita) tentu saja bakalan direpotkan terus yah. Mikirnya tuh duh gak ada waktu banget untuk diri sendiri. Iya sih, kalau gak dipaksakan me time ya gak akan pernah bisa, betul?

Apalagi dimasa pandemi gini, kebayang kan repot nya tuh gimana? work from home , urusan kerjaan, urusan domestik, anak - anak dan juga diri yang semakin capek, ah kebayang riwehnya tuh seperti apa. 

Dulu, saya merasakan itu banget. Hampir setiap waktu saya merasakan enggak punya waktu untuk diri sendiri, sibuk sama kerjaan dan urusan anak. Mau ke toilet aja anak harus ikut serta, duh. Namun kerepotan itu akan dirindukan loh ketika anak tumbuh dewasa. 

Seiring bertambah usia alias bertambah tua dan anak pun bertumbuh dengan cepatnya. Mereka sudah punya aktivitas / kesibukan sendiri, apalagi nih kalau anaknya kuliah di luar kota. Kebayang gak sih di masa pandemi seperti ini anak - anak pastinya jarang banget bertemu yah karena harus jaga jarak, duh saya jadi kepikiran kalau neng Marwah sudah kuliah nanti deh. 


Udah kepikiran gimana kalau neng Marwah dewasa nanti, bakalan jauh dari saya. Duh gimana yah takutnya jadi jarang curhat, takutnya anak jadi jaga jarak. Pokoknya rasa takut itu suka muncul deh. Padahal kan kenyataannya mungkin gak akan seperti itu, asalkan kita selalu luangkan waktu untuk quality time bersama anak. 


Selain "time for mama", kita juga memerlukan "quality time" bersama anak. Supaya menambah kedekatan dengan anak. Waktu anak masih kecil sih gampang mau quality time ya tinggal ajak anak makan bersama atau bacain cerita. Namun seiring bertambahnya usia anak kok jadinya agak susah pastinya quality time bersama anak.

Kalau menurut temen - temen gimana nih, seberapa penting sih meluangkan waktu untuk mama dan quality time bersama anak untuk menambah kedekatan dengan anak? Sharing yuk. 





With love,

Tian Lustiana 



You Might Also Like

24 Comments

  1. Salfok dengan setting OVO video yang tahun 70'an ya kalo ga salah, soooo sweeeet!

    Aku juga sering buat me-time sendiri, Tian. Anak-anak walau berkurang 1, tapi yang 3 ini beranjak remaja semua, kalo dulu butuh super duper perhatian ekstra kalo sekarang butuh super management biar mereka juga tahu dan terbiasa dengan kesibukan, baik kesibukan sekolah mau pun berkarya (main gitar - belajar nulis dll)

    BalasHapus
  2. Kalau cape suka stres & gampang emosi makanya harus punya waktu buat diri sendiri sebentar aja ya walaupun cuma di rumah biar tetap waras. Bahagia selalu ya buat para mama yang meluangkan waktu me timw

    BalasHapus
  3. sejak jobless dan di rumah aja, aku jadi belajar kalo selama ini aku terlalu porsir diri sendiri dan gak pernah punya waktu buat diri sendiri, buat me time untuk selflove

    BalasHapus
  4. Ibu menjadi tangan pertama untuk menyelesaikan semua hal di rumah termasuk mengurus anak-anak dan suami. Wajarlah ya, ibu memerlukan time to mama supaya emosinya stabil dan tidak naik turun. Caraku saat ini ya kalau lelah istirahat dan menyampaikan kepada suami dan anak-anak, bahwa aku butuh istirahat, butuh ini dan itu. Mereka Alhamdulillah paham.

    BalasHapus
  5. Dihadiahi saldo OVO untuk jajan online ini aku juga mau banget.

    Time for mama ini emang penting banget, buat menjaga kewarasan ibu. Kalau saya me time andalan itu tidur lebih awal di malam hari, terus pas bangun, masak mie kuah pedes plus telor dan sawi dan makan dengan tenang tanpa gangguan anak-anak dan suami.

    BalasHapus
  6. Ibu kan manager keuangan iya, manager logistik, pendidikan, apapun dah wkwkw.
    Makanya butuh Time for mama banget
    supaya sehaaatt jiwa raga senantiasa ya

    BalasHapus
  7. Time to Mama penting banget apaalgi buat menjaga kewarasan saat pandemi. Dan bener, ku pilih kasih rewards, bebelian produk terkait merawat diri, apalagi belinya pakai saldo OVO yang siyap dipakai yeayyy...and it works, jadi semangat lagi. Semangat para Mama!!

    BalasHapus
  8. Anak gadis sudah gede ya Mbaak, kadang kangen masa-masa mereka bayi dan balita hihi mereka ngintil ke mana-mana..me time for mama memang penting banget biar tetap waras hehe kalau aku pilih baca, dengar musik dan bobok, nonton drakor jugaa

    BalasHapus
  9. Me time bagiku itu WAJIB. Makanya aku sering ngobrol sama suami kapan bisa libur kerja dan jaga anak-anak sebentar. Cukup sehari aja pergi ke luar rumah (sebelum pandemi). Kalau sekarang, palingan nonton film lewat streaming aja.

    BalasHapus
  10. aku dari dulu suka banget kepoin ignya jenifer bachdim. sempat terpikir, ini keren banget deh si jenifer. super mom banget. dan ternyata dengan menerapkan time for mama ini ia bisa.menjaga mental health dia ya mba

    BalasHapus
  11. Quality time bersama anak memang sangat penting, kalau memang orangtua bekerja di luar tetap harus meluangkan waktu setiap hari untuk anak beberapa jam waktu bersama supaya tercipta bonding yang kuat..

    BalasHapus
  12. Aku juga sering melakukan ini supaya sama-sama merasakan bahagia dua belah pihak
    Jangan sampai cuma saya saja sebagai ibu yang bahagia atau sebaliknya

    BalasHapus
  13. benar sekali mbak, kadang mama perlu waktu sendiri alias melakukan me time ya, agar bisa tetap bahagia
    apalagi klo di dukung papa yg selalu top up in saldo ovo buat jajan, hehe

    BalasHapus
  14. Yup penting banget... Dua-duanya harus seimbang... Jadi diingetin lagi nih, soalnya akhir-akhir ini saya sedang 'asyik sendiri' huhuhu...

    BalasHapus
  15. Setelah anak-anak sudah mulai besar aku sudah mulai banyak ada waktu untuk sendiri walau kangen juga masa mereka balita dan perlu banget me time dan menyayangi diri sendiri

    BalasHapus
  16. kadang kita ga bisa menghindar dari berbagai hal ya mba, meski mau bilang angkat bendera putih untuk sessaat kadang momen tak berpihak, solusinya ya buat happy aja, kalau udah bahagia di dalam diri nantinya akan bagus mooodnya ya.. Tapi memanng memberi time to mama itu penting banget ya biar tetap waras

    BalasHapus
  17. Time for mama dan me time sama sama membuat hati kembali bahagia dan mood kembali lagi

    BalasHapus
  18. Time to mama penting, tapi semua ibu punya cara tersendiri ya. Aku kalau perlu waktu, kunci leyeh-leyeh sama anak dan suami tanpa mengerjakan apapun, istirahat bareng jadi jauh lebih tenang dan bahagia.

    BalasHapus
  19. Benaarr mama berhak bahagia, karena mama yg bahagia keluarga jadi bahagia. Seneng liat fotonya mba, seger dan bahagia.

    BalasHapus
  20. Aku malah terharu mba lihat videonya. Jadi ngebayangin jangan-jangan ntar mengalami gitu juga yaaa... SEdih ya kayaknya kalau anak udah sibuk sendiri dan udah ga mau didekati ibunya lagi hiks...

    Me time saat ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana aja sih. Asalkan cukup waktu sebentar aja buat menghirup kopi atau menikmati udara segar di kebun udah bisa jadi healing tuh.

    BalasHapus
  21. Aku quality time for my self-nya kebablasan gak yaa...?
    Sejak kenalan sama OVO, jadi ketagihan. Mau makan enak tanpa rempong, pesen aja...
    Hehehe...banyak promo menggiurkan.

    BalasHapus
  22. Time for Mama ini salah satu yang aku usahakan juga untuk temen-temenku yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Banyak momen di mana mereka ngerasa suntuk, tapi suami nggak ikut ambil bagian dalam ngurus anak. Aku ikut bantu mereka buat meyakinkan diri bahwa nggak papa ninggalin anak bentar untuk me time supaya sama-sama happy. Alhamdulillah mereka mengerti dan berusaha meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri :))

    BalasHapus
  23. Iya ya, Mba.. jadi ibu itu perasaan kerjaan ga kelar2. Apalagi masa pandemi gini dimana seluuh member ada di rumah. Kayaknya waktu rebahan 5 menit itu berharga banget. Kadang me time saya itu ya nonton drakor, sama belanja online. Ga peduli itu rumah kayak kapal pecah yg penting bahagia dulu sesaat... xixixi.. bener banget kalau ibu bahagia, maka bahagia seisi rumah.

    BalasHapus
  24. Me time dan quality time dengan anak menurutku penting banget, Mbak. Apalagi introvert mom kaya aku gini perlu banget me time untuk merecharge energi yang terkuras karena sejak pandemi ini bisa dibilang 24 jam bersama anak-anak. Me time-ku cukup dengan sendirian di kamar kok, baca buku atau webtoon, atau tidur setengah jam aja udah bahagia hehehe.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut