Perbaiki Nilai Anak Dengan Bimbel di Ruangguru

Semester 1 sudah berakhir, gimana nih hasilnya? Alhamdulillah yah kalau hasilnya bagus. Kalau hasilnya kurang bagus pun jangan patah semangat dan jangan emosi yah bu ibu. Tenang masih ada semester depan yang bisa diperbaiki. 

Ngomong - ngomong nih memperbaiki raport atau nilai belajar anak itu awalnya harus dari mana dulu yah? 



Apa yang perlu kita lakukan sebagai orang tua untuk mengatasi situasi seperti ini? Memarahi anak bukanlah jalan terbaik, yang ada malah tambah down, iya kan? 

Terus gimana dong cara atasi dan perbaiki nilai - nilai anak yang kurang bagus? 

Tunjukkan empati terhadap anak

Nilai yang diraih dalam pelajaran oleh anak itu dipengaruhi beberapa hal loh. Diantaranya tuh dipengaruhi oleh minat anak, kemampuan anak dalam memahami materi pelajaran dan juga peranan orang tua di rumah. 

Jadi, jika nilai anak kurang bagus, maka bukan semata kesalahan anak saja. Mungkin ada kesalahan kita juga loh. Jadi, disaat seperti ini saya sebagai orang tua harus menunjukkan rasa empati pada anak. 

Menyalahkan anak dengan berlebihan justru anak makin tertekan dan makin sulit memperbaiki diri. 

Berikan apresiasi 

Berikan apresiasi pada anak, pun ketika anak menerima nilai yang kurang bagus. Ya, memang sih nilainya enggak sesuai dengan harapan dan keinginan kita namun gak ada salahnya tetap memberikan apresiasi untuk anak yang sudah berusaha mengerjakannya. 

Beritahu bahwa nilai buruk bukan masalah, namun harus lebih berusaha lagi supaya bisa mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. 



Selalu dorong anak supaya selalu semangat

Ajarkan pada anak untuk selalu bersemangat, meskipun mendapatkan nilai kurang baik. Memang sih rasa kecewa pasti ada, namun sebagai orang tua harusnya terus memberikan semangat sampai anak merasakan percaya diri lagi. 

Dengan rasa percaya diri dan semangat yang tinggi, anak bisa bangkit dan memperbaiki nilai - nilai nya lagi. 

Ajak anak untuk mengeluarkan perasaannya 

Buat saya pribadi, nilai kurang memuaskan bukanlah akhir dari segalanya. Saya perlahan mulai belajar memahami. Ketika anak mendapati nilai kurang baik, mari kita telaah dan coba pahami apa yang menjadi kesulitan anak. 

Ajak anak untuk bercerita, curhat mengeluarkan perasaannya. Mendengarkan anak curhat tentang kesulitan - kesulitan yang tengah ia hadapi. 

Dampingi anak ketika belajar & berikan fasilitas belajar pada anak 

Anak sudah mau bercerita tentang masalahnya, kesulitan yang ia hadapi ketika belajar. Nah ini saatnya orang tua untuk mendampingi anak ketika belajar. Bersama anak bahas kembali soal - soalnya. 

Jika kesulitan, berikan fasilitas belajar pada anak supaya anak bisa belajar dengan baik. 

Salah satu persiapan yang harusnya dilakukan adalah dengan memberikan bimbel pada anak. Betul? 

Untuk evaluasi nilai raport anak yang lebih baik lagi dan juga untuk persiapan semester baru, saya sarankan nih untuk langganan di ruangguru. 

Dengan melakukan langganan ruangguru, belajar menjadi mudah! 

Langganan ruangguru, akses belajar di ruangbelajar menjadi lebih nyaman loh. Bisa dilakukan di laptop atau PC, jadi lebih luas yah dan tentunya lebih semangat belajarnya. 



Di ruangbelajar ini ada apa saja? 

Video belajar

Ada banyak sekali ribuan video belajar yang dilengkapi dengan animasi loh, jadi anak belajar gak bosen. Pembahasan soalnya lengkap untuk anak SD sampai SMA dengan panduan master Teacher yang profesional dengan durasi waktu 10 - 15 menit. 

Latihan soal & pembahasan 

Untuk menambah dan mempertajam wawasan anak, ada latihan soal lengkap dengan pembahasan nih, latihannya tersedia dari soal mudah sampai yang sulit. Nilainya langsung bisa keluar loh. Dan langsung dibahas jika ada soal yang sulit. 

Rangkuman / Infografis modul bimbel 

Ada rangkuman modul bimbel nya yang bisa didownload dan dipelajari kapan saja loh. Jadi ketika lupa lagi tentang materi bisa dibuka dan dibaca kembali supaya ingat. 



Yuk, jangan ragu dan bimbang langsung saja langganan di ruangguru. Download dulu aplikasinya yah gengs. 




With Love,


Tian lustiana 



Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon