Pentingnya Gut-Brain Axis Untuk Menumbuhkan Anak Hebat

Pentingnya Gut-Brain Axis Untuk Menumbuhkan Anak Hebat. Gut-Brain Axis? Saya kok baru denger ya istilah ini, temen - temen gimana? ada yang pernah mendengar istilah ini sebelumnya? 



Apa itu Gut-Brain Axis

Gut-Brain Axis ini tuh adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sih saluran pencernaan anak dan otak anak itu bisa saling mempengaruhi. 

Anak - anak itu makin bertumbuh makin banyak ia menghadapi tantang, betul? 

Tantangannya pun variatif, ada tantangan tentang kesehatan, lingkungan dan juga sosial yang akan anak - anak hadapi setiap harinya. Makanya, anak perlu banget dibekali dengan kesehatan tubuh, kemampuan berpikir dan hati yang baik supaya anak bisa menyebarkan banyak kebaikan pada lingkungannya dan anak tumbuh menjadi anak yang hebat. 

Beruntung sekali saya mendapatkan kesempatan mengikuti webinar yang diadakan oleh Bebelac yang temanya juga oke banget, yaitu " Pentingnya Gut-Brain Axis Untuk Menumbuhkan Anak Hebat ". 

Dalam webinar ini dijelaskan bahwa kita sebagai orang tua itu wajib mengenal konsep happy tummy, happy brain and happy heart yang ternyata ada kaitannya loh. Ya, ada keterkaitan khusus antara sistem pencernaan anak, otak dan juga hati nya. 



Saya baru tahu nih, saya selama ini tuh hanya memikirkan nutrisi itu untuk happy brain nya anak. Ternyata ada kaitannya yah sistem pencernaan anak dengan otak dan hatinya. 

Dijelaskan oleh Ye Vian Quah, yang merupakan Head of Bebelac. Menjelaskan tentang Bebelac yang memiliki komitmen untuk memberikan pendamingan pada orang tua dalam membesarkan anak - anak hebat yang berempati, berkemampuan untuk sosialisasi, berani hadapi masa depan dan juga anak yang selalu membawa kebaikan pada lingkungan sekitarnya. 



Karena, Bebelac itu percaya bahwa anak yang hebat itu adalah berawal dari happy tummy, yaitu pencernaannya yang sehat, happy brain : kemampuan berpikir yang baik dan juga happy heart : dengan hati yang baik. 

Kenapa yah kok bisa seperti itu? 

Karena happy tummy & happy brain itu akan saling mempengaruhi pada happy heart yang mana menjadi penggerak anak untuk melakukan kebaikan pada lingkungan sekitarnya. 

Karena alasan itulah, Bebelac menghadirkan produk yang berkualitas dan juga memberikan edukasi untuk para orang tua tentang gimana sih ketiga organ (brain, tummy & heart) ini bisa saling terhubung dengan baik.

Temen - temen semuanya sudah tau dan paham ya bahwa pencernaan itu sering dibilang sebagai otak kedua untuk anak? Ya, soalnya pencernaan yang sehat itu bisa mempengaruhi perkembangan otak dan kebalikannya. 

Happy tummy, happy brain & happy heart 

Dr Rita Ramayulis DCN,M.Kes, Ahli Gizi dalam webinar ini menjelaskan bahwa pada umumnya nih,saluran cerna itu mempengaruhi otak, dalam hal mengatur perilaku, emosi dan juga logika anak. Sedangkan otak, memengaruhi saluran cerna itu dalam hal menyerap nutrisi yang diberikan. Nah keterkaitan antara keduanya ini yang disebut dengan istilah gut-brain axis



Hmm, begitu yah. Saya beneran mendapatkan pencerahan nih tentang keterkaitan antara tummy, brain & heart. Selama ini saya hanya mikir asupan nutrisi saja untuk otak anak, ternyata pencernaan anak pun engga kalah penting yah. 

Dijelaskan juga ketika webinar kemarin itu, bahwa melalui gut-brain axis, saluran cerna itu akan memberikan pengaruh otak untuk memproduksi neurotransmitter yang berkaitan erat dengan emosional anak. Nah salah satunya tuh hormon serotonin yang akan menghasilkan perasaan senang dan nyaman pada anak. 

Dari webinar ini saya jadi paham deh, bahwa interaksi sehat antara sistem pencernaan dan otak anak itu tergolong krusial dalam mendukung kebaikan harti anak. Seperti pada kecerdasan intelektual anak dan juga pada emosional anak. 



Menurut Dr. Rita, apa yang anak makan/konsumsi itu bisa memperkuat kesehatan pencernaan, otak dan kebesaran hati anak. Jadinya bisa memberikan dampak positif untuk anak. salah satu nutrisi yang baik dikonsumsi anak adalah prebiotik atau makanan untuk si bakteri baik. 

Prebiotik? Duh langsung bingung saya gimana nih cara memberikan prebiotik pada anak, bingung juga ga bu ibu? 

Ternyata, prebiotik ini bisa ditemukan pada sayur, buah atau susu pertumbuhan anak yang diperkaya prebiotik. Prebiotik ini adalah salah satu nutrisi utama untuk memungkinkan proses gut-brain axis . Yang mana berperan memberikan makanan pada mikrobiota di saluran cerna, seperti bifidobacterial yang bertugas menstimulasi pertumbuhan spesies Bifidobacterium dan lactobacillus, serta mengurangi bakteri patogen. 



Mikrobiota ini tuh memiliki tugas berkomunikasi dengan otak, termasuk meminta otak untuk mengatur emosi dan juga perilaku anak. Seperti itu pemaparan yang disampaikan Dr. Rita. Masya Allah langsung terbuka deh pemikiran saya. 

Dijelaskan juga nih oleh Dr Rita bahwa prebiotik, seperti FOS : GOS itu perbandingannya 1:9, punya manfaat juga loh untuk kesehatan, diantaranya itu membantu menjaga daya tahan tubuh anak dan juga bisa mengurangi risiko infeksi pada anak. 

Kehebatan anak dimulai dari makanan & minuman yang dikonsumsinya 

Ya, kehebatan anak itu dimulai apa yang ia makan dan minum loh. Jadi untuk anak jangan memberikan makanan dan minuman yang asal - asalan, harus tau kandungan nutrisinya. 



Bebelac, yang merupakan salah satu produk bernutrisi dari Danona Specialized Nutrition (SN) Indonesia, berkomitmen untuk selalu mendampingi orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak hebat. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan produk yang berkualitas dan juga mengedukasi orang tua untuk memahami pentingnya hubungan antara happy tummy, happy brain & happy heart

Produk yang bisa mendukung gut-brain axis itu yang seperti apa?

Produk yang berkualitas yang mendukung prosesnya gut-brain axis itu adalah produk yang mengandung FOS GOS 1:9, Omega 3, Omega 6, vitamin dan mineral yang mendukung pencernaan serta pertumbuhan anak. Semua itu adalah dalam produk Bebelac. Itu yang dijelasan oleh Ye Vian Quah. 


Pola asuh orang tua turut mendukung anak menjadi anak hebat

Bukan hanya nutrisi, untuk membesarkan anak yang hebat dan anak yang bisa menyebarkan kebaikan pada lingkungannya juga butuh pola asuh yang baik dari orang tuanya. Setuju ga? Saya sih setuju banget. Selain nutrisi, memang pola asuh orang tua sangat mempengaruhi. 

Ini juga dirasakan oleh seorang selebriti yang sudah memiliki dua orang anak, Putri Titian yang akrab dipanggil Tian. Dalam webinar ini, Tian membagikan pengalamannya dalam mengasuh anak - anaknya. 

Putri Titian, menyadari bahwa perkembangan dunia zaman now itu sangat dinamis sekali, apa yang jadi tantangannya buat beliau tuh belum tentu sama dengan tantangan yang dihadapi anak dimasa mendatang. Salah satu yang menjadi perhatiannya itu adalah gimana sih anak bisa tumbuh menjadi anak hebat yang bisa membawa dan menyebarkan kebaikan untuk lingkungannya. 



Putri Titian mulai tanamkan nilai kebaikan, perilaku positif dan growth mindset pada anaknya sejak usia dini, ini dilakukan untuk mendukung perkembangan sosial emosional anak. 

Sekarang jadi paham deh tentang pentingnya gut-brain axis untuk kesehatan, daya pikir dan juga suasana hati anak. Orang tua pun menjadi paham apa saja sih kebutuhan nutrisi anak untuk menyiapkan mereka menjadi anak hebat yang memiliki hati baik. 

Seneng sekali bisa mendapatkan ilmu ini loh, thanks a bunch untuk Bebelac yang selalu berkomitmen memberikan edukasi pada orang tua tentang happy tummy, happy brain & happy heart

Webinar ini tuh bisa diikuti secara free alias gratis loh di akun facebook @bebeclubIndonesia, temen - temen semua yuk follow supaya nanti ketika ada webinar lagi bisa langsung ikutan juga menerima ilmu bermanfaat ini. 



With Love,


Happy mom







Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon