FunTalk Bersama HomeCredit, Dompet Aman Keluarga Nyaman

September 04, 2020

 Bismillah,


Masa - masa pandemi gini banyak sekali yang merasakan kacau dalam pengurusan keuangan. Banyak yang kena pemutusan hubungan kerja dan banyak yang usahanya harus gulung tikar . Makanya untuk urusan keuangan dan pengaturannya harus dilakukan sebaik mungkin jangan sampai malah besar pasak daripada tiang. 


Gak mau kalau pengeluaran lebih besar daripada pemasukan? 

Gak mau juga kan kalau keuangan carut marut gak karuan kan? 

Emang sih ngurusin keuangan ini agak sulit.








Bersyukur sekali nih saya bisa mantengin Live Instagram dari Home Credit (Fun Talk) yang bertajuk "Dompet Aman, Keluarga Nyaman" yang mana membahas seputar pengelolaan keuangan ketika masa pandemi seperti ini. Narasumbernya pun seorang financial planner yang ngehits, Dipa Andika. 

Banyak hal yang bisa saya pahami dari live instagram #AyoMajuBersama ini supaya dompet tetap aman supaya keluarga nyaman. Dari mulai pencatatan keuangan sampai masalah dana darurat semuanya dibahas. 

Pencatatan Keuangan 
Penting untuk selalu mencatat keuangan, karena masalah mencatat keuangan ini adalah hal yang paling dasar dan jujur ini yang paling sering saya lupakan karena males, hihi. Tujuan dari pencatatan keuangan ini adalah untuk mengetahui tentang berapa banyak pengeluaran setiap bulannya, bisa terdetect juga mana yang beneran menjadi kebutuhan dan yang hanya keinginan.

Usahakan Jangan Ada Hutang 
Ini yang harus dihindari, jangan ada hutang atau tidak ada hutang. Pokoknya semua masalah hutang jangan ada, mau dari kartu kredit atau dari pinjaman lain. Hutang akan jadi beban apalagi jika keuangan sedang tidak baik. Jadi usahakan jangan ada hutang kecuali memang ada kebutuhan urgent. Belajar membiasakan hidup dengan apa adanya dan insya allah semuanya tercukupi. 


Siapkan Dana Darurat 
Memang sih, semua inginkan baik - baik saja. Namun menyiapkan dana darurat ini perlu banget disiapkan sejak dini. Jadi setiap gajian harus inget menyisihkan uang, dana darurat ini dihitung dari seberapa banyak pengeluaran yang kita keluarkan setiap bulan. Saya sih menyisihkan dana darurat ini wajib setiap bulan, karena kan kita gak tahu kapan masa - masa darurat akan datang, betul? Untuk dana darurat ini baiknya simpan dalam rekening terpisah, biar gak keambil terus. 


Tentukan Tujuan Masa Depan 
Semua orang punya tujuan masa depan dong, tujuannya ada yang jangka pendek dan ada juga yang jangka panjang. Kalau dalam hitungan tahun tuh ada yang lima tahun, sepuluh tahun bahkan ada yang sampai dua puluh tahun juga loh. Tujuan masa depan ini harus diimbangi dengan dana yang mumpuni. Punya tujuan masa depan gini jadinya nambah semangat menambah tabungan dan investasi, soalnya kan ada tujuan yang harus diwujudkan. 

Dan yang paling penting adalah harus konsisten dan disiplin. Ah, thanks a bunch ya HomeCredit yang sudah menyelenggarakan live Instagram ini, beneran membuka pikiran nih tentang keuangan, apalagi dimasa pandemi gini beneran harus diperketat nih masalah pengeluaran dan pemasukan, jadi meski bijak banget ya. 


Saya berdoa semoga masa pandemi ini segera berakhir agak bisa beraktivitas seperti sediakala, semoga ekonomi Indonesia makin membaik, aamiin. 








With love,




Tian lustiana 

















You Might Also Like

45 Comments

  1. Bener banget. Pencatatan cash flow tiap hari penting. Kita jadi tau kebocorannya ada di mana dan bisa mengerem belanja impulsif. 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebanyakan belanja impulsif bikin kantong bolong huhuhuh

      Hapus
  2. Fan talk nya seru ya dan memang benar sih kita harus memikirkan masa depan dengan Ber investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa harus sejak dini dipersiapkan investasinya.

      Hapus
  3. Wah, saya pun termasuk yang malas mencatat pendapatan dan pengeluaran, nih. Terima kasih sudah mengingatkan kembali pentingnya masalah catatan ini. Acaranya bermanfaat sekali, ya. Masalah investasi ini juga masih jadi PR besar buat saya. Jadi, pengen ikutan acara ini kalau ada lagi, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang malas memang, tapi harus hempaskan rasa malas yah biar terdetect kebocoran yang terjadi

      Hapus
  4. Memang dibutuhkan kedisiplinan tingkat tinggi untuk financial planning.
    Juga KESADARAN bahwa hal ini urgent, untuk masa kini dan masa depan yg lebih baik.
    Semangaaatt semuanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disiplin dan kesadaran sendiri yah, penting

      Hapus
  5. Masa pandemi gini keuangan sungguh babak belur, wajib lebih semangat mengatur keuangan nih, kudu lebih disiplin lagi, minimal jangan ada hutang sih ya.
    Sambil terus usaha biar kembali stabil.

    memang saat gini, dana darurat sangatlah penting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus disiplin dan sadar ya, betul jangan ada hutang.,Bismillah ya mbak

      Hapus
  6. Olga Lidya, sosok tajir karena usahanya (bukan dari ortu) pernah buka kunci suksesnya yaitu fokus ngumpulin duit bukan ngabisin duit 😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang kita suka tergiur ngabisini duit ya hehhe

      Hapus
  7. Sependapat terutama soal dana darurat. Menyiapkan dana darurat ini perlu banget disiapkan sejak dini. Kita enggak pernah tahu kapan perlu, contohnya saat pandemi begini. Funtalk yang beneran fun dengan ilmu yang penting ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ilmu yang diserap penting banget kan yah tapi penyampaiannya fun, jadi seneng nyimaknya

      Hapus
  8. salah satu yang mesti kita hindari adalah berhutang, jadi amankan finacial keuangan anda untuk pengatur pengeuaran jangan sampe keblabasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hutang. APalagi hutang impulsive yah

      Hapus
  9. wah asik nih ada Dipa yang ngisi materi tentang keuangan, dulu aku pernah ikut forumnya blio juga mba. Btw PRku sampe sekarang tidak pernah bikin catatan pengeluaran, padahal penting banget yak, hiks. Untuk berhutang sementara belum berminat, sesimple takut gak bs bobok nyenyak hehe. Pandemi mengajarkan kita lebih bijak atur keuangan agar dompet aman ya mba. Makasih sudah sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga kita semua makin bijak dalam menggunakan uang yah, aamiin

      Hapus
  10. Mencatat arus yang keluar alias si pengeluaran yang belum saya terapkan. Ternyata itu adalah hal yang penting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus rajin dan tak boleh malas mencatat

      Hapus
  11. Penting banget loh sosialisasi financial planning or strategy seperti ini loh. Supaya skill kita dalam mengatur keuangan jadi lebih baik.

    Saya setuju dengan statement yang menyebutkan soal kredit/hutang. Banyak bukti yang memperlihatkan bagaimana orang akhirnya terlilit hutang. Apalagi dimasa pandemi seperti ini dimana banyak orang terjebak dengan pinjaman demi melanjutkan hidup.

    BalasHapus
  12. Wah benar ya, klo di catat jadi tahu buat apa saja uangnya..
    Bisa lebih terkontrol

    BalasHapus
  13. pada akhirnya manusia akan beradaptasi dengan keadaan yang ada, seperti saat pandemi ini, semuanya susah, tapi bisa bertahan dengan segalanya termasuk dalam keuangan. pengelolaan keuangan pun akhirnya beradaptasi dengan keadaan

    BalasHapus
  14. LATTE FACTOR, ini yg aku ingat banget dari petuah mas Dipa.
    Semogaaaa kondisi finansial kita semua aman jaya sentosa ya Mba
    Aamiin aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus
  15. Hiks, aku tuh sebelum pandemi agak gak peduli dengan pencatatan keuangan, kini jadi ada hikmahnya. beneran penting untuk selalu mencatat keuangan, karena masalah mencatat keuangan ini adalah hal yang paling dasar dalam keuangan.

    BalasHapus
  16. Aamiin.
    Kalo untuk personal mungkin masih bisa mengatasi hal2 diatas, setuju kalo dana darurat harus ada, dan alahamdulillah menipis euy. Hahhaaa.
    Cuss ahh ngumpulin lagii, Tiaan!!

    BalasHapus
  17. Aku termasuk yang nggak pernah punya perencanaan keuangan dan dana darurat. Padahal penting banget ya ternyata. Setelah ini mau lebih terkontrol dan punya catatan ah

    BalasHapus
  18. Harus pintar-pintar mengatur keuangan ya, agar dompet aman, keluarga nyaman. Fauntalk begini menjadi pencerahan.

    BalasHapus
  19. Mencatat keuangan, jd inget sebulan ini males nyatat. Gegara kan rumah kami perbaikan, nah suami sering yg beli2 buat kebutuhan bangunan. Tp beliau sering gak minta nota, saya jg jd males nanya2 dan nyatat. Duh kelabakan deh pas tau sisa uang

    BalasHapus
  20. Saya juga masih sering males nih urusan catat mencatat keuangan, Klo pas pengen berhemat aja rajin, tapi paling juga cuma bertahan sebulan, abis itu nggak pernah catat-catat lagi

    BalasHapus
  21. Masa pandemi ini memang warbiyasa, saatnya perketat keluaran, nambah pos pemasukan. Catat-catat lagi pengeluaran sebulan biar aman cashflow nya

    BalasHapus
  22. Penting banget ini dompet nyaman untuk keluarga, apalagi semenjak pandemi ada perubahan gaya hidup juga. Otomatis ada biaya hidup yang memang aku alokasikan untuk dana darurat juga.

    BalasHapus
  23. Terasa banget ya dampak financial selama masa pandemi ini ya teh, semoga kita bisa mengatur keuangan rumah tangga dan semoga selalu Allah cukupkan

    BalasHapus
  24. Iya usahakan ngga ada hutang ya, aku sedang berusaha melunasi pinjaman nih dan memang ngos-ngosan di masa sulit begini..semangat!

    BalasHapus
  25. Semangat menabung ya Mak, aku juga nih buat motivasi diri aku termasuk yang gak konsisten menabung suka diambil haha

    BalasHapus
  26. Di saat pandemi seperti ini mengetatkan pos-pos belanja sangat berarti banget. Sepertinya ke depan kita akan semakin banyak tantangan sehingga kemandirian secara finansial amat diperlukan.

    BalasHapus
  27. Disiplin ini yang penting banget. Sekarang harus bijaksana belanja konsumtif karena nggak tahu pandemi kapan berakhir dan harus pinter atur uang supaya tetap aman sampai pandemi selesai.

    BalasHapus
  28. aku sempat ikutan juga nih fun talknya dan memang seru yaa mba. Lucu tapi tetap dapat ilmunyaa

    BalasHapus
  29. Masa sulit begini maka patuh dalam menjalankan rencana anggaran adalah keharusan ya mba... butuh perencanaan yang tepat...

    BalasHapus
  30. pas pandemi ini jadi makin aware dengan keadaan keuangan sendiri,,, tentang dana darurat yang ternyata penting dan mulai menyiapkan tujuan masa depan yang lebih real lagi ,,, nice sharing mba tian... semangat

    BalasHapus
  31. Saya rajin mbak catat pengeluaran harian setiap harinya. Karena ini yang bikin bocor alus. Nggak terasa abis aja uang. Ternyata memang karena setiap hari kalau dicatat pengeluaran jajan dan belanja harian banyak juga

    BalasHapus
  32. Habit pencatatan keuangan nih saya yang belum rapi mba. Harus belajar banyak nih dari mas Dipa Andika agar makin memahami pentingnya mengatur keuangan di masa sulit gini.

    BalasHapus
  33. strategi ngatur uang kayaknya emang beda ya untuk kondisi sekarang ini. Selain harus ketatin pengeluaran juga harus perbesar pendapatan sementara kondisi diluar tidak terlalu mendukung untuk itu ya...

    BalasHapus
  34. Org yang beruntung di masa skrg sepertinya yg gak ada utang dan ada dana darurat sejak awal ya mbak?
    Meski demikian blm terlambat kalau mulai skrng yg penting jgn nambah utang dan kalu bisa ya ada usaha nambah2 penghasilan plus pakai utk hal yg bener2 perlu :D

    BalasHapus
  35. Wah, this thema up date. We need more information about that. Thanks for you sharing

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut