Tips Memulai Online Shop Agar Sukses & Efektif

Agustus 21, 2020

Bismillah,
Alhamdulillah yah dari tahun ke tahun, teknologi makin maju pesat. Jujur, untuk saya ini sangat mendukung terutama untuk jualan online saya. Saya mulai jualan online dari tahun 2009, pada masa itu internet belum sekenceng sekarang loh. Tapi alhamdulilah saya masih bisa jualan, waktu itu saya jualan masih menggunakan facebook dan BBM (Blackberry Messenger). Masih inget banget dulu tuh yah pas jualan online saya packing sendiri, anter sendiri paketnya ke agen JNE.


Kebetulan banget dulu ada agen JNE yang deket rumah. Alhamdulillah sampai sekarang masih langganan anter paket jualan yang mau dikirim ke konsumen lewat JNE. Jadi inget dulu saya tuh rajin kumpulin resi JNE hehe, kalau sekarang kan enak yah resi JNE nya ga gede kayak dulu, lebih simple. Dulu tuh saya simpenin resi JNE buat jaga – jaga aja soalnya kadang ada konsumen yang agak rewel jadi saya harus pantau terus nih sudah sampai dimana paketnya.


Jualan online atau online shop  yang saya jalani sejak 2009 itu Alhamdulillah sampai sekarang masih saya jalani. Dulu online shop saya tuh cuman menjadi reseller, Alhamdulillah sekarang sudah produksi sendiri. Seneng banget rasanya. Meskipun memang kadang naik turun penjualannya namun masih tetap stabil.

Ada beberapa temen yang nanyain gimana sih supaya online shop tetap bisa eksis dan efektif juga plus sukses menghasilkan keuntungan. Memang sih keliatannya bisnis online shop itu keliatan gampang tapi sebenernya susah, eh dibilang susah juga sebenernya gampang. Dalam bisnis online shop ini tuh yang penting jaringan internet oke supaya bisa promosi online.

Ada beberapa tips sederhana dari saya nih yang bisa diimplementasikan dalam menjalani bisnis online shop atau yang akan memulai bisnis online shop,  diantaranya adalah :

Siapkan dulu, barang atau produk yang akan dijual dan tentukan jasa pengirimannya.
Sebelum memutuskan membuat online shop, fokuskan dulu barang apa yang akan dijual. Bukan cuman jualan online, jualan offline juga kan harus dipastikan produk apa yang akan dijual.

Online shop saya : Marwahstyle 

Kenapa harus memastikan produk apa yang dijual? Soalnya ini juga erat kaitannya sama jasa pengiriman yang akan digunakan nanti. Misalnya kan saya jualan pakaian nih, jadi nanti sudah saya rencanakan bakalan menggunakan jasa pengiriman JNE.

Soalnya untuk masalah pengiriman ini harus dikuasai banget sama seller. Misalnya ketika saya jualan pakaian, saya bisa menggunakan JNE yang regular, namun jika saya jualan makanan maka saya akan memilih menggunakan JNE YES yang Yakin Esok Sampai. Jadi sebagai seller pun kita yang bertanggung jawab supaya barang jualan kita tuh sampai dengan selamat di tangan pembeli. 


Tentukan juga platform online shop

Dulu saya jualan cuman via BBM & Facebook. Namun sekarang banyak sekali platform jualan. Banyak ecommerce yang bisa dijadikan lapak untuk berjualan. Jadi tentukan mau jualan dimana. Menentukan platform untuk jualan ini tuh penting loh soalnya nanti ada kaitannya dengan strategi jangka panjang supaya bisnis online shop tetap berjalan lancar dan gak mogok tengah jalan. Tentukan platform yang sesuai dengan bisnis yang kita jalani. 

Lakukan promosi
Ini kunci utamanya, harus rajin melakukan promosi. Baik offline dan juga online. Tujuan dari promosi ini kan supaya orang – orang tahu ya bahwa kita tuh punya bisnis, buatlah promosi yang membuat para pembeli tertarik untuk membeli produk.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi, misalnya memberikan gratis ongkos kirim, atau buy one get one free. Biasanya itu cukup membuat konsumen tertarik. 


Perhatikan kualitas produk
Ini penting sekali, memperhatikan kualitas produk yang akan kita jual. Jangan sampai konsumen merasa tidak puas dengan produk yang kita jual. Harus banget memeriksa produk yang akan dijual, ini untuk menjaga kepercayaan pembeli atau konsumen. Saya malah biasanya melakukan quality control sendiri loh, jadi Alhamdulillah sampai sekarang konsumen saya bakalan terus menjadi langganan. Dan biasanya dari satu langganan ini bakalan nambah, temennya jadi langganan juga. Karena kan biasanya kalau produk jualan kita bagus maka akan dipromosikan secara sukarela dari mulut ke mulut.

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan jika akan terjun bisnis online. Lumayan loh memiliki bisnis online shop itu bisa menambah tabungan juga, hehe. Yang perlu diperhatikan tuh kualitas barangnya, dan juga pemilihan jasa pengiriman jangan sampai salah. Salah pilih jasa pengiriman, akan mengurangi kepuasan pelanggan juga.


Gimana? Temen - temen yang punya online shop bisa berbagi tipsnya dong, biar kita saling support juga.



With love,

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut