Manfaat Menulis Catatan Keuangan Harian Untuk Keuangan Keluarga

Agustus 20, 2020

Bismillah, 

Salah satu jabatan seorang ibu dalam rumah tangga itu biasanya merangkap juga sebagai manajer keuangan, adakah yang memiliki jabatan serupa dalam rumah tangga nya? 
Saya yakin, 9 dari 10 menjadi manajer keuangan sekaligus akunting dalam mengatur keuangan keluarga. Melakukan manajemen keuangan ini bukan hanya di perusahaan loh, dalam rumah tangga pun saya rasa perlu dan penting sekali. Salah satu yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan keluarga adalah membuat catatan keuangan harian. 


Jangan sampai ketika laporan / catatan keuangan harian dilihat, lah iya pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Bahaya kan jika terjadi setiap bulan, nah dengan konsisten mencatat keuangan harian ini bisa mengetahui dan mencegah "kebocoran" yang terjadi. 

Apalagi jika punya bisnis sampingan, bahaya kalau bocor disana dan disini serta bocor dimana  - mana, lama - lama tenggelam deh. Hiks. 

Dalam postingan kali ini saya bakalan sharing nih beberapa manfaat yang dirasakan jika melakukan pencatatan keuangan secara rutin dan konsisten, check this out!! 



❤Pola pengeluaran menjadi lebih stabil 
Kondisi keuangan yang sehat itu bisa muncul karena terbiasa alias kebiasaan kita loh dalam mengelolanya. Jadi secara gak langsung, kalau melakukan pencatatan itu bisa membantu dalam mengontrol keuangan yang bisa dicek berdasarkan rincian catatan pada periode yang sebelumnya. 

Catatan keuangan pada saat ini bisa menjadi refleksi untuk membuat anggaran keuangan di periode selanjutnya. Jika kebiasaan ini diterapkan terus menerus dan secara disiplin, maka pola pengeluaran rumah tangga akan konsisten dan juga sehat. 

❤Bisa mengetahui detailnya pemasukan & pengeluaran 

Melakukan pencatatan pengeluaran bisa introspeksi juga loh, bisa meninjau kembali besar kecilnya pemasukan dan pengeluaran sebelumnya. Jika pencatatan dilakukan secara detail jadinya kita bisa tahu alokasi uang yang besar itu kemana. Bisa tau juga uang yang sudah digunakan itu apakah benar - benar dibutuhkan apa sekedar keinginan. 
❤Bisa membantu menentukan skala prioritas 
Beda sih sama yang masih lajang, jika sudah berkeluarga tuh bakalan banyak kebutuhan yang akan dikeluarkan. Kebutuhan itu baik yang sudah direncanakan atau yang tidak terencana alias mendesak. Dengan memiliki catatan keuangan bisa membantu untuk menentukan skala prioritas ditengah banyaknya kebuthuan keluarga. Jadi ketika melihat besarnya pengeluaran bisa menjadi gambaran untuk pengeluaran bulan depannya. 
❤Bisa mencapai tujuan keuangan 
Saya yakin, setiap keluarga tuh memiliki keingian dan tujuan keuangan supaya bisa hidup ideal dan nyaman, betul? 
Nyaman dalam artian aspek materil terpenuhi.Jika pencatatan keuangan dilakukan rutin, bisa banget membantu dalam merencanakan tujuan keuangan yang lebih efisien. Pencatatan keuangan itu memberikan gambaran mengenai detail pengeluaran, pemasukan dan besarnya uang akan ditabung atau diinvestasikan. 


Jika dibiasakan dan disiplin melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran secara rutin maka akan bisa mengetahui kemampuan finansial kita. Secara objektifnya tuh catatan pengeluaran akan menunjukkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari, baru deh sesudah itu bisa memenuhi keinginan dalam standar yang tertentu. 
Nah gimana nih temen - temen, sudah terbiasa melakukan pencatatan keuangan harian? Sharing yuk. 



With Love,

Tian lustiana 


You Might Also Like

1 Comments

  1. saya sudah terbiasa membuat catatan pengeluaran, dari situ bisa tau juga kemana larinya uang, kadang kalau mengandalkan ingatan ga nutut soalnya.
    tau tau kok tinggal segini ya, jadi mending ditulis aja

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut