Menjaga Kesehatan Jasmani & Mental Selama Pandemi

Agustus 19, 2020

Bismillah, 

Pandemi masih belum berakhir, namun tetap kita harus menjalankan aktivitas seperti biasanya. Bismillah saja, semoga kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga virus, aamiin. Meskipun sudah berdoa namun tetap kita sebagai manusia harus berikhtiar, betul gaes? Salah satu ikhtiar yang harus dilakukan adalah melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. 


Pola hidup bersih harus selalu diterapkan yah, jangan sampai males cuci tangan. Selalu bawa hand sanitizer ya jika akan bepergian. 

Lantas, pola hidup sehat & bersih yang seperti apa sih yang wajib kita pertahankan? Gimana nih caranya menjaga kesehatan pada masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) ini? 

JAGA KEBERSIHAN
Poin yang paling utama, menjaga kebersihan. Yang paling utama adalah menjaga kebersihan diri, keluarga dan juga kebersihan lingkungan. Cukup mulai dengan rajin cuci tangan dengan cara yang baik dan juga benar, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan menggunakan sabun. Jangan sampai mengabaikan, dan harus dilakukan secara teratur. Terutama ketika mau makan atau setelah melakukan aktivitas. 

Untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya tuh harus rajin menggunakan disinfektan dan cairan pembersih supaya tetap terjaga kebersihan & kesehatannya. 

Pokoknya kemanapun harus bawa "bekal" seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, alat makan & minum sendiri. 

OLAHRAGA 
Selama pandemi memang kita tuh disarankan untuk tetap di rumah. Kecuali yang memiliki kepentingan keluar rumah, seperti ngantor. Sesibuk apapun aktivitas wajib banget untuk meluangkan waktu untuk berolahraga, gak usah lama - lama deh cukup 15 - 20 menit saja sehari untuk melakukan olahraga ringan. Banyak aplikasi yang bisa memandu untuk melakukan olahraga ringan kok. Melakukan olahraga ringan secara rutin tuh bisa menjaga kesehatan jasmani & rohani juga loh, jadi kalau sedang stress pun bisa banget mengusirnya dengan melakukan olahraga, cobain deh!

PERHATIKAN ASUPAN MAKANAN 
Dimasa Pandemi seperti ini, asupan makanan harus yang bergizi dan seimbang. Terapkan pola makan sehat, dengan konsumsi makanan yang bernutrisi. Sayuran dan buah - buahan usahakan konsumsi setiap hari. Hindari makanan junk food atau jangan terlalu sering, memang sih agak susah menghindari makanan junk food, hehe. Kebutuhan air mineral juga harus diperhatikan yah, rajin minum biar terhindar dari dehidrasi. 

Dan juga jangan lupa untuk selalu konsumsi multivitamin seperti vitamin C dan B kompleks. Multivitamin bisa dibeli di Kimia Farma Sunter atau di Kimia Farma lainnya juga bisa. Pokoknya rutin konsumsi multivitamin supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. 


Selain menjaga kesehatan tubuh, kesehatan mental pun harus banget dijaga loh. Jujur, kita tuh perhatiannya sama kesehatan dan daya tahan tubuh saja, sedangkan kesehatan mental diabaikan. 

Fokus
Fokus sama hal yang bisa kita kontrol, diluar itu abaikan jangan dipikirkan. Memang sih bukan hal yang mudah untuk tidak fokus sama pikiran yang tidak bisa kita kontrol, namun jika dipaksakan fokus maka lama - lama bisa kok mengendalikan diri untuk tetap fokus sama yang bisa kontrol. Mari fokuskan saja gimana caranya supaya tetap sehat dan juga siap menjalani Adaptasi Kebiasaan Baru ini. 

Jaga komunikasi 
Banyak sekali hal yang berubah dimasa Pandemi ini yah, tenang saja gengs kita gak sendirian. Hampir semua manusia di dunia ini mengalami hal serupa. Komunikasikan dengan orang terdekat untuk saling memberikan support dan berjuang bersama. Ngobrol sama saudara atau sahabat buat saya tuh merupakan salah satu cara menghindari rasa khawatir. Jadi luangkan waktu ya gengs, biar bisa tetap menjaga komunikasi. Gak harus bertatap muka kok, bisa video call atau chit chat. 


Bijaklah ketika memilih informasi 
Kecanggihan teknologi dan internet ini membuat kita sangat mudah untuk memperoleh infomasi, namun ingat banyak sekali orang yang dengan entengnya share berita yang belum jelas kebenarannya, hoax. Makanya dalam masa Pandemi ini kita harus hati - hati jangan asal menerima informasi. Kadang kalau ada informasi yang kurang benar suka kepikiran kan? Imun turun kalau kita stress loh. Hindari dulu deh pemberitaan, mendingan banyakin berdoa saja. Betul? 

Saya pribadi memang mengurangi menerima informasi yang belum jelas kebenarannya. Biasanya suka saya skip aja, males bacanya. Daripada baca informasi yang gak jelas, mendingan membaca informasi tentang kesehatan saja, yang sudah jelas banget valid nya. 


Saya biasanya baca informasi kesehatan itu di Halodoc. Halodoc itu beneran menjadi solusi kesehatan yang terlengkap di Indonesia. BUkan hanya bisa akses informasi kesehatan doang loh, bisa juga kalau mau cek Covid-19, tanya dokter juga bisa loh, langsung chat sama dokternya. Beli obat juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc langsung diantar ke rumah, asik kan jadinya gak usah keluar rumah deh. Kunjungan ke Rumah Sakit pun menjadi lebih mudah. Alhamdulillah beneran merasa tertolong deh dengan adanya halodoc ini. 



Mari menikmati me time 
Jangan egois, sayangi juga diri sendiri dengan menghabiskan waktu dan menenangkan diri sendiri. Ga salah loh memanjakan diri sendiri untuk menjaga kewarasan. Me time ini sungguh banyak manfaatnya loh untuk membuat kembali fresh. 


Gimana? menurut temen - temen apakah perlu menjaga kesehatan jasmani dan juga mental dimasa Pandemi ini? sharing yuk tipsnya.




With love,



You Might Also Like

2 Comments

  1. Jaga kesehatan di masa pandemi sekarang ini jadi hal utama dong mbak. Apalagi jumlah korban meningkat terus, kalo nggak jaga kesehatan bisa gawat. Tapi jangan sampai bikin stres juga. Jangan terlalu dipikirin, yang penting kita ikuti protokol kesehatan.

    Makasih untuk infonya mbak Tian, salam kenal :)

    BalasHapus
  2. mantap nih artikelnya, emang di tengah-tengah masa pandemi ini, kita harusnya tidak hanya memperhatikan kesehatan jasmani tapi juga mental , bagaimanapun walau sudah sedikit bebas di era New Normal ini, tetap saja ada rasa was-was... dan kalau sudah terlalu banyak was-was bisa-bisa jadi stress sendiri

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut