Begini Nih Cara Memaksimalkan Teknologi Informasi Ala Ibu - Ibu Digital Life di Tengah Pandemi Covid-19

Juni 11, 2020

Bismillah, 
Begini Nih Cara Memaksimalkan Teknologi Informasi Ala Ibu - Ibu Digital Life di Tengah Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 ini bukan hanya merenggut nyawa, namun juga merenggut pekerjaan dan penghasilan. Yang mati bukan hanya jiwa dan raga namun juga penjualan ikut mati suri. Lihat saja, perusahaan besar pun collaps. Itu perusahaan besar, bagaimana kisah dan nasib nya para pelaku UKM, pebisnis kecil dan para pencari makan harian? Apa kabar mereka? Apa mereka baik - baik saja?


Hampir tiga bulan? lebih? 
Haruskah bertahan? Menyerah? Memerangi atau bahkan berdamai? 

Yang pasti mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap, kita harus bertahan. Memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk meneruskan hidup. Betul? Setuju ga gaes? Yang bekerja, yuk lebih aktif lagi bekerja. Yang usaha hayu lebih kreatif lagi. Yang kena PHK, jangan berkecil hati insya allah masih banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Yang penting DUIT ye kan?


Betul, buat bertahan kita butuh DUIT :  DOA , USAHA, IKHTIAR dan TEKAD. Nah kalau zaman now bisa diganti loh menjadi DOA, USAHA, IKHTIAR dan TEKNOLOGI. Karena TEKAD saja tidak cukup. Butuh fasilitas juga kan? Teknologi zaman sekarang tuh pesat sekali kemajuannya. Jadi memang harus banget dimanfaatkan yah.

"Pandemi Covid-19 Bukan Hanya Merenggut nyawa, namun merenggut penghasilan "

Pandemi ini bukan hanya terjadi di Indonesia, namun dunia. Makanya berdampak sekali. Bukan hanya nyawa, namun kelangsungan usaha juga mengalami guncangan seperti yang sudah saya jelaskan tadi, lantas bagaimana nih cara mempertahankan bisnis atua usaha ditengah pandemi ini?


Apalagi nih semenjak pemerintah mengimbau untuk tetap #DirumahAja dari mulai belajar, ibadah sampai bekerja semua tanpa kecuali wajib dilakukan di rumah. Ya untuk ekonomi menengah ke atas mereka bisa menyiapkan bekal untuk di rumah saja, namun untuk kaum ekonomi bawah yang harus setiap hari mencari nafkah, apa kabar?


Untuk pelaku jualan seperti saya juga apa kabar? Masih harus packing dan kirim barang, ga bisa bertahan di rumah saja, ada perut yang harus diisi.

Yang pasti tetaplah optimis, betul? badai pasti berlalu. And here's tips dari saya untuk tetap bertahan di tengah Pandemi Covid-19 ini dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada.


✔️Periksa dulu kondisi keuangan usaha nya dan persiapkan diri jika hal buruk terjadi
Ini paling penting. Cek dulu kesehatan keuangan usaha kita. Pandemi ini belum terlihat jelas kapan berakhir, selama belum berakhir kondisi ekonomi belum akan kembali normal, makanya ini akan mempengaruhi kondisi keuangan usaha loh. Jadi lakukan pengecekan dengan detail pada keuangan. cek kondisi likuiditas dan cash on hand dulu. LIkuiditas itu ibarat darah dalam tubuh kita, penting kan? Nah kalau dalam keuangan rumah tangga itu biasanya disebut dengan dana darurat. Jika likuiditas goncang alias ga aman maka percayalah masa depan usaha pun sudah yakin tergoncang alias ga aman.



Hitung dulu berapa besarnya tingkat likuiditas usaha nya, sampai berapa lama bisa menghidupi usaha dalam beberapa bulan ke depan. Yang paling ideal sih kalau cash on hand bisa untuk operasional selama setahun ke depan. Nah jika kurang dari itu harusnya pengamanan likuiditas harus dipikirkan supaya bisnis masih bisa dipertahankan.

Jangan lupa juga untuk membuat bussines plan yang isinya proyeksi / forecast untuk keberlanjutan usaha, minimal sampai 6 - 12 bulan ke depan. Proyeksinya tuh dari sisi pendapatan, tingkat pengeluaran, permodalan dan lainnya. 

✔️ Hemat
Hematlah demi usaha yang bernafas lebih lama. Tekan pengeluaran sekuat tenaga. saya sih biasanya menekan biaya antar, biasanya saya pakai jasa kurir ambil ke rumah paket, nah sekarang saya berangkat sendiri deh lumayan kan bisa hemat hehe. Kalau saya kan online nih jadi sebisa mungkin biaya internet harus ikutan ditekan juga hehe.

✔️Lakukan promosi seperti diskon dan promo lainnya, pokoknya lakukan penjualan dengan cara yang paling murah
Pokoknya semua harus low budget, tekan semua biaya dan naikkan penjualan. Iyalah semua juga inginnya begitu keleus, Tian. Hehe. Masa Pandemi Covid-19 ini memang kan gak boleh berkerumun guna menekan penyebaran virus, ya kan? Makanya menurut saya ini strategi oke nih buat mencapai penjualan dengan menekan biaya alias menggunakan biaya paling murah. Gini nih misalnya kan buat yang jualan makanan nih, biasanya kan konsumen datang langsung ya ? Nah sekarang kan bisa andalkan layanan antar alias delivery, nah gencarkan aja promo secara online tuh. Misalnya beli 3 box atau porsi ada antar gratis. Atau kayak saya yang jualan pakaian nih, saya pakai special price buat yang beli 2 atau beli diantara jeda waktu yang sudah saya tentukan, jadi kan menarik minat pembeli tuh dan alhamdulillah jualan laku dengan  biaya promosi rendah, senangnya.



Jadi nilai lebih kan? Iya dong apalagi sekarang tuh lagi musim #dirumahaja jadi layanan online memang tengah menjadi primadona, apalagi kalau diiming - imingin dengan free ongkir, bahagia deh.

✔️Manfaatkan dan optimalkan teknologi 
Teknologi berkembang pesat sekali, ini bisa kita manfaatkan gaes agar kegiatan bisnis tetap stabil. Misalnya nih buat meeting, sekarang orang banyak pakai aplikasi zoom buat komunikasi sama klien atau pelanggannya. Dan banyak aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Jualan online sekarang tuh jadi andalan banget. Bener ga? Maka berterimakasih lah pada teknologi dan internet yang berkembang pesat banget. Jualan di instagram aja bisa closing, apalagi kalau jualan di blog atau website, kebayang kan?


Makanya saya tuh andalkan banget website / blog buat detail produknya, jadi orang - orang bisa cek detail produk / jasa yang saya jual lewat website jualan saya. Sungguh yah teknologi sekarang tuh ngebantu banget, ketika saya males jelasin kelebihan produk yang saya jual saya tinggal kasi aja link website jualannya, beres kan? Tambah oke lagi kalau langsung closing, alhamdulilah banget.

Apalagi sekarang tuh ada Hosting Murah dari Qwords yang bisa diandalkan banget tuh. saya langganan Qwords tuh udah lama, jadi saya rekomendasiin juga buat temen - temen. Selama saya pakai domain dari Qwords tuh aman sejahtera belum pernah ada kendala, alhamduillah. Kalau temen - temen mau nyari nama domain yang cocok buat nama website / blog jualannya langsung aja Cek Domain ya dan langsung deh beli jangan sampai nama domain website / blog yang diincar sudah di keep orang lain, nyesel loh. 


Kalau menurut temen - temen gimana nih cara memaksimalkan teknologi informasi di tengah Pandemi ini? sharing Yuk !



With Love,


Tian lustiana 


You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut