Mengenal Lebih Jauh Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik di Indonesia

Juni 25, 2020

Bismillah, 

Indonesia Sudah menjadi negara yang mewajibkan warga negaranya untuk bersekolah 12 tahun. Tapi gimana yah kalau mereka yang tidak mampu secara financial? Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mungkin saja sudah kewalahan, bagaimana dengan kebutuhan sekolah? 
Tentu saja pemerintah memberikan himbauan wajib belajar 12 tahun tanpa sebuah perhitungan. Mengingat banyaknya rakyat Indonesia yang berkebutuhan menengah ke bawah. Banyaknya program beasiswa di setiap sekolah, diharapkan dapat membantu para siswa untuk meringankan biaya sekolah. Selain beasiswa terdapat pula Bantuan operasional Sekolah untuk para siswa. Diharapkan pula bantuan ini bisa menyeluruh sampai ke pelosok Indonesia agar teman kita yang lain dapat merasakan pula bangku sekolah.

Jika wajib belajar 12 tahun sudah terpenuhi, langkah selanjutnya tergantung dari setiap individu apakah ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi atau tidak. Kita tidak bisa memaksa orang untuk melanjutkan pendidikan mereka sesuai dengan apa yang kita inginkan. Banyaknya faktor yang harus diperhatikan membuat kita harus berfikir matang untuk mengambil keputusan yang tepat guna menempuh pendidikan di bangku kuliah. Untuk Universitas sendiri kredibilitas sangatlah penting,ini faktor yang menenukan apakah akan cocok dengan diri kita atau tidak. Semakin banyak nya universitas di Indonesia, membuktikan bahwa bangsa kita sudah mulai peduli dengan dunia pendidikan. Salah satunya dengan semakin banyak nya perguruan tinggi swasta di Indonesia, salah satu yang terbaik saat ini adalah Universitas Gunadarma. 


Jika kita membahas Universitas Gunadarma mungkin akan membutuhkan waktu yang panjang, mengingat usia Universitas ini sudah hampir 25 tahun. Maka dari itu artikel ini akan membantu kalian untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Gunadarma yang memiliki moto “Masa Depan Diraih Saat Ini”. Ringkasan ini akan memberikan gambaran kenapa Universitas Gunadarma menjadi PTS terbaik

 Sejarah Singkat Universitas Gunadarma 

Universitas Gunadarma memiliki sejarah yang panjang dimana mereka didirikan pada tanggal 7 Agustus 1981 di Jakarta . Universitas Gunadarma bukanlah nama awal saat terbentuk, dahulu namanya adalah “Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK)”. Pada bulan Agustus tahun 1981 terciptalah akademi komputer di Jakarta yaitu : 

1. Akademi Teknik Komputer (ATK) 

2. Akademi Komputer Gunadarma (AKG) 

3. Akademi Komputer Budi Luhur (AKBL) 

4. Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer (STIK) 

Seiringnya berjalan waktu pada tanggal 10 juli 1984 melalui surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama “Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) diganti menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). Perubahan nama masih terus berlansung sampai pada setahun setelahnya, melalui keputusan mentri pendididikan dan kebudayaan No. 0424/0/1985 sekolah ini terdaftar dengan nama baru “Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). Program pendidikan terus berjalan sampai pada tanggal 13 Januari 1990 Gunadarma mendirikan “Sekolah Tinggi Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Dan akhirnya sampailah pada keputusan terakhir, setelah pada tanggal 3 April 1996 melalui surat keputusan Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/KEP/DIKTI/1996 lembaga pendidikan Gunadarma berhasil dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma.Fakultasnya hanya terdiri dari enam yaitu : 

1. Fakultas Ilmu Komputer 

2. Fakultas Teknologi Industri 

3. Fakultas Ekonomi 

4. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan 

5. Fakultas Psikologi 

6. Fakultas Sastra 

Dan pada tanggal 25 September 2000 untuk pertamakalinya, Universitas Gunadarma membuka program S3 atau program Doktor. Demikian juga dengan program jenjang Pendidikan Diploma III, Sarjana, dan Magister. 


Memiliki kampus yang tersebar di Jabodetabek 

Universitas Gunadarma memiliki 8 kampus yang tersebar di Jakarta, Depok, Bekasi . Berikut rincian kampusnya : 

- Kampus A 

Jl. Kenari Nomor 13 Jakarta Pusat, 104 30 

- Kampus B 

Jl. Salemba Raya Nomor 53 Jakarta Pusat 

- Kampus C 

Jl. Salemba Raya Nomor 53 Jakarta Pusat 

- Kampus D 

Jl. Margonda Raya Pondok Cina , Depok 

- Kampus E 

Jl. Akses kelapa dua Kelapa Dua,, Cimanggis 

- Kampus G 

Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis 

- Kampus H 

Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis 

- Kampus J 

Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang Bekasi 

Banyaknya kampus di jabodetabek ini membuktikan Universitas Gunadarma mampu mempertahankan kredibilitasnya dengan baik. Kampus utama dan terbesarnya terletak di kampus D, dialamat Jl. Margonda. Keuntungan memiliki banyak kampus tentunya membuat para mahasiswanya merasa lebih menyenangkan. Bisa berpindah dari satu kampus ke yang lainnya bisa menumbuhkan rasa cepat beradaptasi bagi para mahasiswa nya. 


Program Akademik unggulan di Universitas Gunadarma 

Universitas Gunadarma sendiri memiliki program akademik yang terdiri menjadi 4, program Diploma III yang terdiri dari 6 Jurusan, Sarjana dengan 20 jurusan, Magister dengan 9 penjurusan dan Doktor dengan 3 penjurusan. Dan pastinya tidak perlu ditanyakan lagi karena Universitas Gunadarma terkenal dengan PTS yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi nya. Untuk sampai saat ini, fakultas yang selalu memiliki banyak peminatnya adalah Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi . Hampir semua Program Akademik di Universitas Gunadarma juga sudah banyak yang terakreditas A. Hal ini membuat Universitas Gunadarma menjadi PTS yang berkembang setiap waktunya. 


Biaya Pendidikan Terjangkau dilengkapi dengan fasilitas yang memuaskan 

Mengingat gelar terbaik yang diberikan, membuat Universitas Gunadarma tidak serta merta langsung mematok biaya yang tinggi. Mereka menawarkan biaya yang terjangkau untuk para mahasiswanya. Biaya pendidikan di Universitas Gunadarma dibagi menjadi uang gedung, spp dan juga biaya pengembangan pendidikan. Dimana untuk uang gedungnya sendiri dibagi menjadi tiga kategori yaitu grade A, grade AA, dan juga grade B yang masing-masingnya memiliki kisaran yang berbeda-beda. Meskipun biaya di Universitas Gunadarma tergolong terjangkau dan ramah dikantong, tetapi untuk fasilitias jangan diragukan lagi. Mereka menyediakan berbagai fasilitas yang berkualitas seperti perpustakaan, laboratorium untuk praktikum, Internet lounge, sampai Stadiun olahraga di kampus H. 

Beasiswa 

Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan adalah saat menjadi mahasiswa di universitas Gunadarma bisa mendapatkan potongan biaya pendidikan. Potongan biaya pendidikan diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi . Hal ini menjadi pacuan untuk mahasiswa agar lebih berprestasi lagi. Potongan yang diberikan tergolong besar yaitu kisaran 7-14 juta. Potongan biaya pendidikan ini bisa digunakan oleh mahasiswa untuk uang gedung. Tentu hal ini akan sangat membantu para mahasiswa. Bukan hanya itu saja, program beasiswa juga berlaku untuk mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi berprestasi. Besarnya Potongan pendidikan akan diberikan sesuai dengan prestasi setiap mahasiswa. 

Tentunya poin-poin diatas dapat meringkas tentang sepak terjang universitas Gunadrama di bidang Pendidikan. Tidak terbantahkan jika ada yang menyebut Universitas Gunadrma sebagai PTS terbaik di Indonesia. Karena dilihat dari beberapa aspek di atas hal itu patut untuk disandang oleh Gunadarma. Untuk mengenal lebih lanjut tentang universitas Gunadarma kalian bisa mengunjungi website resmi mereka di https://www.gunadarma.ac.id/. Semoga info diatas dapat memberikan manfaat untuk temen - temen semuanya yah. 



With love,




You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut