Digibank Obligasi, Kemudahan Membeli Obligasi Negara dalam Genggaman

Mei 09, 2020


Bismillah, 

Teknologi sekarang tuh terus berkembang pesat ya gaes, tentu saja ini memudahkan kita untuk melakukan segala aktivitas, meskipun ditengah wabah Corona / Covid-19 kayak gini yah.  Setiap kegiatan seperti bekerja dan sekolah yang awalnya diluar rumah sekarang bias dilakukan secara online. Sayangnya, pemasukan jadi menipis karena hal ini. 

Untungnya ada alternatif tambahan dana yang bias diambil dan hal ini merupakan dampak positif dari perkembangan teknologi, kemudahan tersebut bisa didapatkan dalam aspek investasi atau penanaman modal, terutama pada instrumen obligasi negara.



Investasi obligasi negara merupakan sebuah aktivitas penanaman modal di mana pihak investor selaku pemberi modal memberikan pinjaman atau membeli surat hutang yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan maupun pihak pemerintahan. Investasi obligasi ini merupakan salah satu investasi yang rendah risiko dan dapat dilakukan secara online.

Dalam obligasi negara sendiri terdapat istilah yang disebut sebagai tanggal jatuh tempo pembayaran hutang. Biasanya berkisar antara 1 hingga 10 tahun lamanya. Artinya, uang yang kamu tanamkan menjadi investasi obligasi baru bisa ditarik sepenuhnya saat tanggal jatuh tempo itu tiba.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena dalam obligasi negara tiap bulannya kamu bisa mendapatkan bunga yang berbentuk kupon dan bisa dicairkan sewaktu-waktu. Umumnya, bunga yang ditawarkan berkisar mulai dari 6 hingga 8 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga investasi pada deposito bank.

Kini Lebih Mudah Berinvestasi Obligasi

Dulu untuk berinvestasi obligasi, kamu harus melakukannya secara manual yakni lewat broker atau perusahaan pialang resmi dengan banyak persyaratan yang dibutuhkan. Namun, sekarang semua dapat dengan mudah dilakukan hanya dalam genggaman.

Aplikasi digibank by DBS menjadi solusi dari setiap permasalahan para investor yang ingin mulai berinvestasi terutama pada instrumen obligasi negara. Terdapat berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi buatan DBS Indonesia yang satu ini.

Salah satunya adalah pendaftaran serta pembelian obligasi negara yang bisa dilakukan secara online 24 jam dalam 7 harikapan pun dan di mana pun. Dengan aplikasi digibank by DBS, kamu pun bisa mendapatkan imbal hasil rutin setiap bulannya.

Kemudian, jika dulu berinvestasi dengan obligasi negara harus dimulai dengan nominal Rp 1 milyar, kini di aplikasi digibank by DBS kamu bisa memulainya dengan hanya Rp 1 jutaan. Menarik, bukan?


DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik dengan pelayanan yang maksimal. Kini dengan keberadaan aplikasi digibank by DBS, semua orang bisa mulai berinvestasi dan merencanakan masa depannya!

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membeli produk obligasi negara pemerintahan dalam aplikasi digibank by DBS berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Cara Investasi Obligasi Negara di Aplikasi digibank by DBS

Pertama-tama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi digibank by DBS pada smartphone-mu. Kemudian lengkapi seluruh data diri yang diminta untuk membuat tabungan digibank obligasi.

Setelah berhasil mendaftar dan melakukan login pada akun tabungan digibank obligasi-mu. Selanjutnya, pada tampilan awal klik menu “Obligasi” yang tertera pada bar bagian bawah di layar ponselmu. Cek ketersediaan produk yang ada.

Jika tersedia, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembuatan nomor SID (Single Investor Identification) dengan mengisi kelengkapan data guna mengetahui tujuan investasi serta profil risikomu. Pembuatan nomor SID ini biasanya hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja dan akan dikirim lewat email-mu.

Langkah selanjutnya, kamu bisa mendaftar e-SBN sesaat setelah menerima email berisi nomor SID tersebut. Kemudian kamu akan diarahkan pada halaman konfirmasi data. Pastikan seluruh data yang dibutuhkan sudah diisi dengan tepat.



Kamu bisa melanjutkan proses pemesanan dan melakukan pembayaran sesuai yang diminta. Pastikan kamu sudah memiliki dana dalam akun digibank obligasi savings-mu, ya!

Jika seluruh langkah di atas sudah kamu lakukan, maka kamu tinggal melakukan konfirmasi pembayaran dan kamu bisa melihat transaksi pembayaranmu berhasil. Produk obligasi negara yang kamu beli akan tersedia setelah tanggal settlement.

Mengenai tanggal pencairan kupon bisa dilihat dalam portofolio obligasimu dan akan dicairkan secara tepat waktu dalam rekening tabungan digibank obligasi-mu.

Adakah temen - temen yang punya pengalaman serupa juga? sharing yuk!




With Love, 





You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut