#PakaiMasker , Supaya Kita Saling Menjaga

April 07, 2020

Bismillah, 

#PakaiMasker, Supaya Saling Menjaga. Sudah hampir mau sebulan ya, kita harus #Dirumahaja. Kasus Covid - 19 ini masih belum ada penyelesaiannya, malah makin banyak yang terinfeksi, hiks. Sedih, sedih sekali. Tak hentinya berdoa semoga secepatnya ini semua berlalu, dan kadang saya berharap ini tuh mimpi buruk. Namun ketika bangun, ini nyata. Duh. 

Namun sebagai seorang muslimah, saya harus yakin bahwa ini semua dari Allah, Allah memberikan semua ini pasti ada hikmahnya, akan ada pelangi selepas badai, saya percaya. Allah memberikan ujian ini demi keimanan kita semua, semoga semua ini menjadi ajang penambah pahala dan pelebur dosa untuk kita semua, aamiin allahummaamiin. 
#Pakaimasker

Sebagai salah satu ikhtiar yang harus kita lakukan adalah, berdoa, hidup sehat, menjaga pola makan yang sehat juga, jauhi kerumunan dan bener - bener harus menjaga kebersihan. Plus kemanapun sekarang tuh harus menggunakan masker, alias wajib #pakaimasker kemanapun juga. Ini bertujuan untuk mencegah penularan dan juga penyebaran si Covid - 19 yang semakin merajalela, kan kurang ajar tuh si Covid-19 ini menyebar tanpa arah gini, semaunya saja. Kezeeeel akutu. Penggunaan masker ketika beraktivitas ini adalah rekomendasi dari WHO juga. Penggunaan masker kain dinilai efektif untuk melakukan pencegahan, sedangkan masker bedah dan masker jenis N95 itu adalah masker yang diperuntukkan khusus untuk para petugas kesehatan. 

#pakaimasker

Jadi, sekarang tuh temen - temen ketika beraktivitas keluar rumah wajib menggunakan masker, tanpa pengecualian. Gunakan masker jenis kain yang berlapis dan bisa digunakan kembali atau bisa dicuci. Cuci masker kain setiap hari. Jangan menggunakan masker medis, soalnya sekarang kan sedang sulit ya dan yang paling membutuhkan masker medis adalah para petugas kesehatan. Selain menggunakan masker, tetap ya gengs kita harus menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan selalu ingat etika - etika ketika batuk atau bersin. 

Kenapa harus #PakaiMasker ? 

Ada sebuah studi nih gengs yang menyatakan dan mengarahkan bahwa kita semua harus menggunakan masker dikondisi yang sedang terjadi ini. Bukan yang sakit saja yang wajib menggunakan masker, yang sehat pun demikian. Ini tujuannya untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid - 19. Karena bisa saja virus ini menular lewat obrolan / percakapan dan pernapasan normal. Jadi untuk mencegah ya pakai masker. Supaya tidak saling menulari virus, supaya saling menjaga juga. Jadi ketika berinteraksi dengan orang lain, jika menggunakan masker kan saling menjaga. Saya pakai masker buat jaga kamu, kamu pakai masker buat jaga saya. Gitu kan simple nya? 

Beberapa waktu lalu saya sempat nonton video tuh yang mengatakan bahwa menggunakan masker ini juga ada kaitannya dengan percikan air liur atau dikenal dengan droplet. Jadi ada penelitian baru juga yang menunjukkan batuk dan bersin itu bisa bikin percikan air liur ini trelontar jauh, bisa saja masuk ke mulut kita atau ke hidung kita, ya kan? 


courtesy : Youtube

Dalam video yang saya liat itu, pake kamera dengan kecepatan tinggi dan sensor lainnya yang bisa melihat sebaran droplet diudara dari orang yang batuk atau bersin, ternyata gengs ga cuman semeter loh sebelum akhirnya jauh ke permukaan. 

courtesy : Youtube

partikel yang dihembuskan lewat batuk atau bersin itu adalah gas yang punya momentum tinggi dan bisa terbawa sangat jauh, termasuk bisa masuk kedalam ruangan. Jadi dalam kondisi tertentu,apalagi ruangan yang ventilasinya kurang bagus, pake masker itu udah sangat tepat sekali buat mengurangi risiko tertular penyakit yang menyerang pernapasan. Ketika kita berhadapan dengan orang yang terinfeksi, maka masker bisa membantu mengalihkan aliran napas mereka dan juga menjauhkan virus - virus itu dari mulut kita. Namun masalahnya, jangan asal pakai masker juga. Masker kain tipis percuma ga akan melindungi kita dari menghirup partikel kecil di udara soalnya kan ga bisa menyaring, jadi kalau maskernya tipis pakaikan tissue. Carilah masker kain yang berlapis. 


Jangan lupa buat selalu menjaga kebersihan masker kain nya ya gengs. Cuci masker kain setiap habis menggunakannya, jadi memang harus punya stok yah. Cuci dengan bersih menggunakan deterjen dan dengan menggunakan air hangat biar virus - virus pada mati gaes. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan jauhi kerumunan atau keramaian , kalau gak perlu - perlu banget mendingan #DirumahAja jangan kemana - mana yah. Agar semua ini cepat berakhir dan kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala, aamiin. 


With Love,













You Might Also Like

4 Comments

  1. ayo Pakai Masker, kita cukup pakai masker kain aja yang bisa dicuci biar masker medis digunakan oleh tenaga kesehatan ya Teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cukup masker kain aja, dan rajin ganti. Sehat - sehat kita semua yah.

      Hapus
  2. Iya bener, udah mau sebulan ya kita #dirumahaja, gak kerasa.
    Iya emang penting banget nih, selain kita kudu jaga kesehatan diri, harus jaga kebersihan baju dan masker juga nih ya. harus rajin2 dicuci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu cepat sekali berlalu yah. Betul harus pandai menjaga kesehatan dirii dan sekitar yah. Sehat - sehat ya mbak Oline sekeluarga.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Pengikut