Perlukah Perusahaan Logistik Menggunakan Software ERP?

Januari 21, 2020

Bismillah, 


Revolusi industri 4.0 sepertinya bukan jargon belaka, melainkan sebuah gerakan yang semua orang harus mengikutinya apabila ingin dapat bersaing dan tidak tergerus olehnya. Banyaknya usaha rintisan atau startup membuktikan bahwa teknologi memiliki peranan penting dalam menjalankan suatu bisnis, sebut saja startup asal Indonesia yang telah menyandang Unicorn seperti Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia, bahkan Gojek kini sudah selangkah lebih maju dengan menyandang gelar Decacorn. Sebagai informasi, istiah Unicorn merujuk kepada nilai valuasi suatu usaha rintisan dengan nilai lebih dari 1 miliar USD dan Decacorn dengan nilai lebih dari 10 miliar USD.



Begitu pentingnya peran teknologi bagi dunia usaha membuat kini berbagai pelaku usaha harus mulai berinvestasi di bidang teknologi bukan hanya untuk mengikuti tren melainkan untuk memajukan usahanya. Mulai dari usaha minimarket, restoran hingga distribusi kini telah menggunakan teknologi sebagai alat bantu, contoh sederhana adalah sistem Point of Sales yang mampu menyimpan kegiatan transaksi di sebuah kasir toko.

Namun bagaimana bila perusahaan tersebut berskala lebih besar dibandingkan toko seperti minimarket? Teknologi sejatinya hadir karena kebutuhan manusia yang semakin beragam, seperti halnya perusahaan logistik yang memiliki cakupan pasar yang luas, maka diperlukan sebuah software logistik yang mampu untuk menghandle kegiatan usahanya seperti software ERP (Enterprise Resource Planning). 


Dengan banderol yang tidak main-main berkisar antara 1 miliar Rupiah hingga 10,5 miliar Rupiah per tahun untuk menyewa salah satu merk ERP ternama dunia, software ERP memang didesain khusus untuk menangani perusahaan yang sudah berkembang sangat pesat dan memiliki cakupan pasar yang luas seperti perusahaan logistik. Bayangkan bagaimana mengatur seluruh kegiatan bisnis mulai dari proses penerimaan barang dari konsumen, mengirimakannya ke gudang, proses sortir hingga kepada proses pengantaran barang kepada alamat tujuan.

3 Manfaat Software ERP Bagi Perusahaan Logistik


1.   Mengontrol Kondisi Infratruktur Pendukung

Perusahaan logistic tentu sangat bergantung kepada infrastruktur penunjang seperti kendaraan operasional yang dinilai sebagai aset perusahaan, dengan demikian kondisi kendaraan pun harus dipastikan sehat sehingga tidak mengganggu jalannya bisnis. Dengan ERP, proses penjadwalan untuk maintenance dapat dilakukan sehingga dapat menghindari kerusakan pada kendaraan operasional.


2.   Memaksimalkan Kontrol Terhadap Inventori

Selain kendaraan operasional, sebuah perusahaan logistik juga sangat bertumpu pada manajemen inventori yang mana memiliki peran vital, diperlukan sebuah software logistik yang dapat dipercaya serta diandalkan untuk mengatur arus inventori.software ERP memungkinkan perusahaan memegang kontrol atas pergerakan barang hingga sales, karena ERP mengusung konsep centralization. Dengan demikian, waktu pengiriman pun dapat diprediksi tepat waktu.



3.   Sebagai Sarana Untuk Manajemen Karyawan

Software ERP juga menyediakan platform untuk para karyawan sehingga kinerja mereka dapat dipantau secara objektif oleh perusahaan. Selain itu, karyawan juga dapat menggunakan software ERP sebagai sarana penghubung menuju perusahaan apabila ingin menginformasikan sesuatu katakanlah seperti untuk mengajukan cuti dan sebagainya.




With love, 




You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.