Memulai Gaya Hidup Minimalis

Januari 10, 2020

Bismillah, 

Lagi ngehits nih sekarang, gaya hidup minimalis. Hampir disetiap timeline sosial media saya mendapati tips dan beberapa artikel seputar gaya hidup minimalis. Memang sih, masalah gaya hidup ini pengaruhnya kuat terhadap kehidupan, terutama pada pengeluaran, haha. Bener gak? 


Gini, kalau dipikir secara logika, kenapa gaya hidup mempengaruhi pengeluaran. Kan gaya hidup itu butuh biaya, bener? Nah kalau gaya hidupnya mewah dan glamour, otomatis uang yang dikeluarkan akan semakin besar juga. Beda lagi jika kita bergaya hidup sederhana, atau bahasa kerennya minimalis, maka pengeluaran pun tidak akan sebesar jika gaya hidup nya mewah. 

Buat saya sih gaya hidup minimalis kayaknya paling cocok saya jalankan sehari - hari, soalnya lumayan jadi lebih hemat loh. Memang sih, awalnya susah menjalani gaya hidup minimalis ini, apalagi jika kebiasaan boros dan bermewah - mewahan, tapi gak ada salahnya kan jika dicobain. Yee kan? 

And here's gaya hidup minimalis yang sudah dilakukan dan lumayan menghemat pengeluaran. 

Cintai, sayangi dan rawat barang yang sudah dimiliki 
Saya pernah bilang gini sama temen, katanya suka males kalau merawat barang yang sudah ada. Kecuali barang - barang mevvah dan mahal. Padahal barang apapun yang sudah dimiliki, harusnya disyukuri dan dirawat biar masa pakai barangnya jadi lebih panjang, jadinya ga boros buat beli barang serupa lagi. ya kan? 

Dulu saya cuek sama barang, tapi setelah paham bahwa menyayangi dan merawat barang bisa memperpanjang usia barang jadilah sekarang rutin banget merawatnya. 


Beli barang berkualitas tinggi 
Buat saya, mendingan beli barang berkualitas meskipun mahal tapi awet, dibandingkan beli barang murah tapi harus beli berulang kali karena tidak awet. Buat saya ini jadinya lebih hemat loh, soalnya bisa dipakai dalam jangka waktu panjang. 

Cara pandang minimalis Karena gaya hidup minimalis itu kan ga berlebihan dan buat saya gaya hidup minimalis tuh adalah punya barang yang memang benar dibutuhkan,bukan diinginkan. Jadi sekuat tenaga saya hilangkan semua keinginan, pokoknya apa yang saya beli harus yang saya butuhkan. Susah? Banget!, haha. Tapi harus terus berusaha, jangan ikuti hasrat keinginan, sesungguhnya bikin bangkrut, haha. 

Dengan bertekad seperti ini, pengeluaran mulai terkendali, alhamdulillah. 

Beli makanan secukupnya 
Dulu, saya paling seneng stok cemilan di kulkas. Mulai dari makanan sampai minuman, semuanya ada. Lama - lama makanan dan minuman itu kalau ga abis jadinya busuk atau malah kadaluarsa, ga dimakan atau diminum deh, mubadzir akhirnya. Sejak sadar, saya udah gak pernah lagi tuh stok. 

Jadi saya beli kalau memang saya butuhkan saja, soalnya males juga jadinya makanan banyak yang terbuang. Gapapa deh capek dikit bulak - balik ke pasar atau supermarket yang penting makanan / minuman ga ada yang kebuang lagi. 

Memulai gaya hidup minimalis tuh susah, tapi gampang. Dibilang gampang, tapi susah. Ya gitulah. Yang penting niat kuat dan selalu semangat yah. Kalau temen - temen apa nih gaya hidup minimalis yang sudah dilakukan sejauh ini? Sharing yuk.


With Love, 



You Might Also Like

16 Comments

  1. Saya juga lagi belajar nih hidup minimalis. Pelan-pelan aja kayak nyortir baju yang sudah nggak dipakai lagi tapi masih layak untuk didonasikan. Buku-buku yang juga sudah bosan dibaca. Daripada numpuk lebih baik diberi. Rumah jadi agak lega tuh senang aja ngelihatnya ^^

    BalasHapus
  2. udah lama mau nerapin marie kondo ala2 di rumah aku tuh teh tapi kok tiap2 ada aja tumpukan barang ya walau sudah aku hibah2kan :)

    BalasHapus
  3. Wahh tips yg berguna sekali untuk aku si messy girl haha

    BalasHapus
  4. ini yang sedang aku lakukan Mba, biar ga sering beli sesuatu, jadi belinya harus yang bagus sekalian biar awet dan ga sering beli

    BalasHapus
  5. ini aku setuju banget lho mba, apalagi mengenai beli barang yang kualitas nya tinggim beneran awet dan malah juga jadinya gak lebih boros. dibanding beli barang - barang yang kualitas nya rendah, malah jadi bikin kita boros karena terus menerus ganti ;)

    BalasHapus
  6. berguna banget sih tipsnya mbak utk aku yg suka malesan bersihin rumah tp kepingin hdup bersih dan nyaman hehe

    BalasHapus
  7. Aku tuh beraaat Bangeet ujiannya untuk gaya hidup minimalis. Soalnya godaannya ngga berhenti- henti. Tapi harus semangat!

    BalasHapus
  8. Bener banget! Sebelum 2020 aku decluttering banyak barang banget dan skrg milih mending beli yang mahal awet dan kepake teruss dari pada banyak asal murah murah hihihi tp cepet rusak!

    BalasHapus
  9. Nuhun, teteh..
    Iya..yang paling sering koleksi barang yang harganya gak mahal tapi pilihan warnanya banyak.
    Duduudu..jadi gak awet deeh...

    Memulai hidup minimalis dengan cerdas dan efektif.

    BalasHapus
  10. Hidup minimalis memang paling pas dan ideal ya mba.. semoga kita kuat dari godaan konsumerisme yang luar biasaa

    BalasHapus
  11. Aku juga menjalankan gaya hidup minimalis dan berusaha beli barang yang berkualitas yang bener-bener dibutuhkan.

    BalasHapus
  12. Makasih mba untuk insidenya. Emang sebaiknya kita membeli barang tidak berlebihan yaaa... Misal belanjaan tuh. Beli banyak-banyak taruh di kulkas, eeeh ga kemasak. Malah jadinya mubazir ya.

    BalasHapus
  13. beli makanan seadanya. yap sekarang saya udah gak jajan2lg. kalau pas keluar rumah dan tergiur beli makanan, diemepet... ditahan2 dan bikin sendiri di rumah

    BalasHapus
  14. Aku pertama-tama hidup dengan minimalis waktu itu berawal dari membuang semua waste yang ada dalam kehidupan ini teh wkwk. Dimulai dari bebersih dompet sampe k gudang, baru deh menata minimalism lifestyle ini dengan pake lemari yg ga besar jd ga lapar mata kalo nemu gamis lucu wkwk

    BalasHapus
  15. Hidup minimalis tuh impian banget buatku. Tapi perintilan alat foto, baking dan buku ini mau dikemanakan deh. Hahaha.

    Selain itu mah ya udah bisa sih meminimalisir barang-barang yang nggak butuh banget.

    BalasHapus
  16. Wah aku punya nih mba bukunya tentang gaya hidup orang minimalis dari Jepang, cuma belum selesai aku baca. Tapi pelan-pelan emang merasa hidupnya lebih minimalis sih, ga ada camilan di kulkas, semuanya bahan makanan semuanya, hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut