Rahasia Jualan Online Agar Laris

Desember 21, 2019

Bismillah, 

Siapa sih yang tidak mau jualan online nya laris manis, saya yakin semua orang juga mau. Saya apalagi, mau banget gengs. Membangun online shopping itu gampang - gampang susah, ya gimana yah mau dibilang gampang tapi susah, mau dibilang susah ya alhamdulillah kadang gampang. Hehe. Begitulah gengs. 



Saya jualan online tuh sejak tahun 2009, yang mana pada saat itu saya hanya berjualan di facebook dan belum banyak marketplace, saya pun belum kenal sama website atau blog yang ternyata sangat efisien digunakan sebagai media jualan online. Tahun itu saya hanya mengandalkan kepercayaan saja dan facebook. Alhamdulillah penjualan saya ada saja setiap hari, pengiriman pun ke berbagai kota, hingga saya lelah dan bosan hehe. Ya, saya soalnya mulai dari nyari Suplier, packing, pembukuan dan pengiriman dilakukan sendiri dan suami, jadi kerasa banget capeknya, sampe akhirnya tahun 2011 saya bekerja kembali ke kantor dan jualan online saya keteter, huhuhu. 

Kemudian tahun, 2012 saya mencoba kembali berjualan online dan alhamdulillah sampai sekarang masih dengan penjualan yang alhamdulillah sekali, reseller pun mulai tumbuh dan berkembang, saya seneng kalau jualan saling menguntungkan, Dulu saya nyari suplier kalau mau jualan, alhamdulillah sekarang saya menjadi suplier dan produksi sendiri. 


Buat temen - temen yang suka nanya apa rahasia nya supaya jualan online laris dan gimana cara memulainya? 

Baiklah akan saya jelaskan disini, bismillah semoga memberikan manfaat dan pencerahan ya. 

Upload produk secara bertahap di sosial media atau website 

Temen - temen pernah ga liat instagam atau website online shopping yang sekali posting foto produknya banyak, sampe puluhan misalnya. Males ga liatnya? males yah. Ya, makanya pas mau upload produk jualan sebaiknya bertahap saja, jangan sekaligus. Dan ingat jangan sampai deksripsi produk itu copy paste, so buat lah deskripsi produk yang menarik dan kesannya ga hard selling. 

Akun instagram jualan online milik saya : @MarwahStyle , follow yaaaa. 

Jadi yang harus dilakukan adalah upload produk secara bertahap saja, misalnya sehari cukupnya 2 atau 3 produk saja. Detail deskripsinya dibuat semenarik mungkin dan harus belajar tentang SEO juga loh, bukan sebagai blogger saja yang harus belajar SEO, sebagai pebisnis online pun saya harus belajar SEO supaya maksimal dan kena target, ya kalau ga bisa sih bisa nyari jasa SEO , banyak kok. Atau bisa juga sih ke jasa web traffic , itu loh jasa menaikkan traffic website

Ongkos kirim gratis

Jangan pelit kasi free ongkir, ini soalnya jadi promo yang sangat menarik dan banyak konsumen yang kadang ingin beli jualan kita hanya karena free ongkir loh, seriusan. 


Sesekali adakan giveaway 

Pernahkan liat online shop mengadakan giveaway? Ya ini lumayan efektif menambah follower loh. Nambah like dan komen juga jadi kan engagement online shop jadi lumayan dan meyakinkan, ya kan? hadiahnya ya barang yang kita jual saja, jadi kan kalau pemenang giveaway cocok sama barang jualan kita maka itu akan menjadi langganan, bener? 

Interaksi dengan pelanggan

Sekesal apapun sama pelanggan jangan judes, gapapa misuh - misuh asalkan pelanggan ga tau, wkwkw. Kadang emang suka kesel menghadapi pelanggan yang bawel, tapi inget Pelanggan adalah raja. Usahakan jawab setiap pertanyaan via chat atau sosial media, ini juga bikin orang mikir mau beli apa engga, kalau dijawab selalu setiap pertanyaan dengan ramah, otomatis yang tadinya ga mau beli jadi mau beli.


Gimana? Mudah bukan? Iya sih bacanya mah mudah, tapi prakteknya yang susah, hehe. Coba aja dulu dan jangan pernah menyerah dalam bisnis mah yaaa, semangat gengs!!!!!



With Love, 


You Might Also Like

2 Comments

  1. Bermanfaat tipsnya mbak. Dan saya setuju banget sama poin kesatu. Mereka mikir gak sih kalau org bakalan malas lihathya kalau di sodorkan puluhan bahkan ratusan poto sekaligus di story ig, wa afau fb. Kalau saya sih biasanya langsung saya skip yang begituan

    BalasHapus
  2. Waahh tips menarik nih dan bisa dicoba atau jadi bahan pedoman bagi yang sedang mau menjalankan bisnis online.

    Thanks info menariknya.😄😄

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Total Tayangan Halaman

Pengikut