Inilah 8 Cara Mengatasi Kecanduan Membeli Barang di Online Shop, Sederhana Tapi Efektif!

November 21, 2019


Bismillah, 

Di era yang serba praktis ini, teknologi memang sangat membantu manusia untuk memudahkan suatu kegiatan. Salah satunya adalah berbelanja online. Siapa sih yang gak suka dengan belanja online? Pastinya setiap orang sangat menyukai berbelanja, apalagi berbelanja hanya dengan smartphone akan sangat praktis dan efisien. 


Dibalik kepraktisan atau hal positifnya, berbelanja online juga mempunyai dampak negatif, loh. Dampak negatif tersebut adalah membuat kamu menjadi lebih konsumtif serta akan mempengaruhi finansialmu. Well, pastinya akan membuat rugi bukan?
Nah, berikut ini 8 cara efektif dan sederhana untuk kamu agar terhindar dari sikap konsumtif berbelanja online.

  1. Melacak Aktifitas Penggunaan
Mungkin banyak diantara kamu yang tidak sadar akan waktu yang dihabiskan dalam berbelanja online. Dan untuk mengatasi itu semua, kamu perlu aplikasi yang berguna sebagai pelacak aktivitas penggunaan sehari-hari kamu dalam belanja online atau lainnya, seperti aplikasi Rescue Time. 
Source : Idntimes

Aplikasi Rescue Time akan mengirimkan laporan data tentang aktivitas yang kamu lakukan seperti membuka aplikasi atau situs.

  1. Hapus Situs E-commerce yang Sering Kamu Kunjung
Langkah pertama untuk mencegah kamu agar tidak boros adalah dengan menghapus aplikasi online. Kenapa harus sampai meng-uninstall aplikasi online? Karena dengan memblokirnya, kamu jadi tidak perlu bolak balik memeriksa situs berbelanja online yang seringkali membuat kamu lupa akan kebutuhan lainnya, apalagi sedang banyak promo menarik seperti promo akhir tahun. 

source : pantau.com

  1. Membuat Dua Akun (Khusus Pribadi dan Berbelanja
Terlihat ribet memang sampai harus membuat dua akun, tetapi trik ini sangat efektif untuk membuat kamu agar tidak terlalu “kalap” dalam berbelanja online di sosial media. Akun pribadi digunakan untuk berinteraksi dengan keluarga, teman maupun orang terdekat, sedangkan akun khusus belanja digunakan untuk memfollow akun-akun olshop. 

source : alona.co.id

  1. Jangan Agresif Dalam Check-out Barang
Banyak sebagian orang tanpa berpikir panjang langsung checkout barang belanjaannya. Dari sekedar melihat-lihat lalu tergiur diskon yang menarik dan pada akhirnya membeli juga. Sebaiknya untuk mencegah itu, kamu bisa mengontrolnya dengan memberi jeda waktu sehari atau lebih lama lagi. Ini berguna untuk menyadarkan kamu agar berpikir lebih jernih lagi. 

source : wpastra.com

  1. Matikan Notifikasi Serta Stop Berlangganan
Dengan menyalakan notifikasi pada aplikasi online kamu, kamu pasti akan mendapatkan info promo lebih awal. Tapi tahukah kamu? Dengan penawaran yang masuk dalam notifikasi smartphone mu akan membuat tergiur untuk membeli barang di aplikasi online. 

source : help.shopee.co.id


  1. Catat Pengeluaran Biaya Untuk Berbelanja Online
Cara sederhana agar kamu tidak terobsesi dalam berbelanja online adalah dengan cara melihat history transaksi belanja online yang sudah kamu lakukan. Kemudian catat pengeluaran semuanya, ya. Hal ini membuat kamu lebih berfikir untuk mengurangi dalam belanja online. 

id.techinasia.com

  1. Buat Target Maksimal Dalam Berbelanja
Tidak ada yang melarang jika kamu sudah terbiasa berbelanja online, tetapi jika kamu ingin membeli sesuatu pastikan sesuai dengan budget dan kebutuhan yang sedang diperlukan. Misalnya, sebulan 2-3 kali berbelanja online. 

source : Mncupdate.com

  1. Ubah Mindset Bahwa Shopping Secara Langsung Lebih Baik Dari Berbelanja Online 
Tekankan pada dirimu bahwa belanja online juga dapat mengecewakan, misalnya ukuran baju berbeda, warna tidak sama seperti di gambar, ada bagian robek di baju. Sedangkan belanja langsung kamu dapat menyentuh barang favoritmu, mencoba pakaian, mengecek kondisi pakaian. Dengan menekankan prinsip ini diharapkan akan membuat kamu mengurangi sikap boros saat berbelanja online. 

Source : kompasiana.com

Berbelanja online memang tidak salah, guys. Asalkan kamu dapat mengontrol pengeluaran dan berbelanja hanya sesuai dengan kebutuhanmu saja. Jangan membuat dirimu mempunyai sikap konsumtif, karena yang berlebihan itu tidak baik, loh !




With love, 





You Might Also Like

7 Comments

  1. Memang nih ya Mbak, kalau sudah suka berbelanja online ini seperti susah mau menghentikannya

    BalasHapus
  2. Kalau saya sendiri sudah pernah nih Mbak menghapus aplikasi online shop tapi saya install lagi hehe

    BalasHapus
  3. Wah iya juga nih ya Mbak, lebih baik langsung shopping dari pada berbelanja satu persatu

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya. Perlu dicoba nih Mbak hehe

    BalasHapus
  5. Banyak banget nih ya Mbak cara untuk mengatasi kecantuan beli barang di online shop. Terima kasih atas tipsnya

    BalasHapus
  6. Praktis dan banyaknya promo jadi semakin membuat khilaf waktu belanja online. Kalau tidak di rem bisa bikin kantong bolong :D

    BalasHapus
  7. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
    I don't know who you are but certainly you are going to
    a famous blogger if you are not already ;) Cheers!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Instagram

Follower

Total Tayangan Halaman

Blogger Perempuan