Pentingnya Peranan Transportasi Dalam Mendukung Perekonomian

November 12, 2019

Bismillah, 

Macet dimana - mana, apalagi nih sejak ada pembangunan flyover di jalan jakarta - supratman, widih jangan tanya deh macetnya segimana. Kalau macet seperti ini tentunya jadi males kemana - mana ka gaes, libur jadinya tuh mager aja di rumah, keluar juga macet males jadinya. Kebayang kan kalau kita lagi liburan ke suatu kota atau tempat terus macet - macetan, huhu abis dijalan deh waktunya. 


Padahal ya gengs, peran transportasi itu peranannya penting sekali apalagi dalam perekonomian. Makanya pemerintah tuh seharusnya lebih meningkatkan lagi pembangunan infrastruktur transportasinya, dan baiknya sih merata jadi ga hanya fokus di ibu kota saja. Padahal kan orang - orang kota yang jauh dari ibu kota pun ingin merasakan pemerataan transportasi. Apalagi nih yah pas di Jakarta sudah ada MRT, saya iri dong huhu kenapa Bandung engga hehe. Tapi kan memang pasti bertahap. Tapi good news nih, semenjak ada MRT saya liat beberapa teman di ibu kota yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi ke kantornya, sekarang mereka lebih nyaman menggunakan MRT. Artinya memang transportasi itu sangat dibutuhkan, terlebih transportasi yang nyaman dan aman. 

Salah satu yang bisa mendatangkan nilai ekonomis dari transportasi adalah para wisatawan atau pelancong yang senang berdatangan ke Indonesia. Biasanya nih kalau para wisatawan itu paling seneng menggunakan transportasi umum kalau berada disuatu negara atau kota. Betul tidak?

Transportasi yang mudah, aman dan nyaman itu akan memaksimalkan potensi destinasi wisata yang sudah ada. Jadi, transportasi yang baik itu bukan cuma akan meningkatkan perkembangan pada sektor wisata saja namun juga akan berimbas pada sektor ekonominya. 

Kenapa transportasi bisa menunjang pertumbuhan ekonomi? 

Transportasi itu memudahkan 
Transportasi itu harusnya memudahkan perpindahan kita dari suatu tempat ke tempat lain. Misalnya nih kita ga usah lagi jalan kaki ketika akan menuju ke suatu tempat yang jauh. Kalau zaman dulu kan kemanapun juga harus berjalan kaki. Nah dengan adanya transportasi maka semua dimudahkan, secara waktu lebih singkat juga kan jadinya.

Transportasi bukan hanya mempermudah memindahkan orang, namun juga memindahkan barang. Sekarang tuh karena kemajuan transportasi tuh jadi kalau mau makanan dari Jawa Timur, alhamdulillah dengan mudahnya bisa saya nikmati meskipun saya berada di Jawa Barat. Biaya kirimnya pun tidak mahal, itu artinya memang transportasi Indonesia semakin maju.

Akan menjaga stabilitas harga barang
Kan dengan transportasi proses pendistribusian barang jadi lebih mudah. Misalnya kalau saja tempatnya jauh dan ga didukung transportasi yakin deh harga penjualan akan naik dan lebih mahal. Ini lama - lama akan menimbulkan kesenjangan dong. 

Dan masih banyak lagi alasan kenapa transportasi erat kaitannya dengan ekonomi.

Terimakasih untuk Kementrian Perhubungan yang selama lima tahun ini sudah banyak bekerja dengan baik dan pencapaiannya yang cemerlang.


Jujur, sekarang tuh transportasi Indonesia memang better dibandingkan dulu. Dulu kereta api ekonomi ke Jogja itu umpel - umpelan dan gak nyaman. Tapi sekarang? Nyaman banget meskipun menggunakan kelas ekonomi. Banyak pembangunan bandara dan jalan tol yang tentu saja ini memudahkan pemerataan transportasi.

Terlihat nyata ya sinergi antar Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dengan Kementrian lainnya guna meningkatkan transportasi supaya makin maju Indonesia kita ini terutama dalam bidang ekonomi & pariwisatanya. Tapi bener - bener sudah terlihat hasilnya yah. 2014 - 2019 ini sudah ada 18 rute tol laut yang tujuannya menekan disparitas harga di Indonesia Timur, ada 891 trayek angkutan perintis (angkutan jalan, SDP, KA, laut dan juga udara), pembangunan & pengembangan 131 bandara ada didaerah rawan bencana, perbatasan dan terisolir.
Sumber: Instagram/@kemenhub151

Temen - temen sudah tau tentang program Indonesia Sentris yang sudah dicanangkan buat ngebangun insfrastruktur transportasi supaya terbuka keterisoliran suatu wilayah. Adalah memberikan dukungan aksesbilitas pada daerah 3TP atau daerah terluar, terdepan, tertinggal dan perbatasan.

Betapa pentingnya transportasi ini dan memiliki pengaruh penting juga terhadap perekonomian Indonesia. Maka penting sekali diperhatikan oleh pemerintah.

Kalau menurut temen - temen gimana? Pentingkah kemajuan Transportasi demi mendukung perekonomian Indonesia? Sharing yuk.




With love, 























You Might Also Like

26 Comments

  1. teman aku yang orang jatim selalu membangga2kan tol ini teh, katanya waktu mudik jadi lebih singkat hahahaa aku bilang ya inilah bukti kita taat bayar pajak, hasilnya kita juga yg menikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, sekarang tuh waktu dalam perjalanan gak selama dulu yah. Jadi semuanya senang.

      Hapus
  2. Can't agree more...negara yang terhubung dengan baik dan lancer akan menjadi lebih makmur insya Allah. Kereen ya program pemerintah kita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mudah2an makin bagus ya Indonesia tercinta ini.

      Hapus
  3. Teteh, aku ayeuna mending di rumah daripada ke Bandung jiga mudik wkwkwk waktu ke BEC dong 3 jam astagfirullah meni hoyong ambek tapi kasaha? :p

    memang dengan adanya transportasi yang keren makin memudahkan smeoga next Bandung selesai dah macetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa kan jadinya marah - marah sendiri deh huhuh kesel. Mudah2an makin oke yah dan Bandung juga mudah2an bebas macet

      Hapus
  4. Jalur transportasi yang semakin berkembang seperti sekarang ini emang sangat memudahkan ya buat kita

    BalasHapus
  5. kalo transportasi lancar, perekonomian otomatis lancar jaya ya mba, karena buat antar produk apapun gak makan waktu terlalu lama, biaya perjalanan pun jadi gak begitu mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget jadi bisa jajan kuliner khas kota lain ya dengan mudahnya, hehe.

      Hapus
  6. Jalur transportasi emang suatu hal yg penting banget karena bisa memudahkan semua urusan kita apalagi yg sering keluar kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, buat yang sering keluar kota kerasa banget yah kemudahan menggunakan transportasi ini

      Hapus
  7. Semoga jalur transportasi Indonesia semakin baik ya, jadi bisa bantu menghidupkan perekonomian di daerah2 terpencil juga. Biar merata dan kesenjangan sosial bisa diminimalisir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semoga merata ke daerah - daerah terpencil juga yah

      Hapus
  8. Penting banget mba. Karena dengan adanya jalur transportasi baru di beberapa titik ditunjang dengan alat trasnportasi nya yang memadai maka dari itu ketika kedua ini sudah diperbaiki akan ada perputaran bisnis di dalam nya. Para produsen mengantar produk nya ke konsumen lancar dan bisnis berjalan dengan lancar pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masalah bisnis pun menjadi lancar yah, alhamdulillah.

      Hapus
  9. yap stabilitas harga barang pasti akan terjadi kalau sarana transportasi sudah oke dan mudah. jadi inget alasan kenapa cabe mahal, alasannya tempat panennya jauh dan susah ditempuh pakai kendaraan bermotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, cabe mahal karena ongkos transportasinya pun mahal karena jauh

      Hapus
  10. Salut nih sama perkembangan kemajuan transportasi di Indonesia, mudah2an kedepannya bisa menyadarkan masyarakta menggunakan angkutan umum biar ga macet2 banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah yah, mudah2an naik kendaraan umum lebih nyaman yah

      Hapus
  11. Berharap semakin membaik transportasi di Indonesia, bisa merata ke pelosok negeri. Biar yang di desa2 juga bisa menikmati fasilitas dengan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa me too berharap bisa merata masalah transportasi ini sampai ke desa - desa terpencil, aamiin.

      Hapus
  12. Kalau di Jkt, KRL dan MRT alhamdulillah dah jd pilihan walau ya kdng penuh2 gtu hehe. Sbnrnya mungkin bisa lbh baik lg kalau pemilikan kendaraan pribadi dibatasin dan armada transportasi umum dibanyakin ini.imho aja sih hehe. Trus ngarep juga ada transportasi massal di daerah yg ok ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa saya juga ngarep di daerah ada transportasi massal yang nyaman hehe

      Hapus
  13. Teteeh...
    Aku ngerasain banget tiap hari harus anter anak-anak sekolah dengan posisi di Arcamanik yang mau gak mau lewat Jalan Jakarta.
    Huuhu...
    Tapi aku tetep bersyukur, kalau tahu jam-jamnya, sebenernya macet di sini pun gak masalah. Karena masih tergolong lancar, gak bener-bener berenti gak bergerak.

    Departemen Perhubungan selalu gercep mengatasi keresahan rakyat Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jalan Jakarta edun banget maccetnya sampai ku suka kesel setiap hari lewat situ huhuhuhu. Mudah2an ccepet selesai bikin flyover ini.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Instagram

Follower

Total Tayangan Halaman

Blogger Perempuan