Reaching To The Worlds With The Word

Senin, 29 Juli 2019

Siapkah Kita Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ?

Bismillah,

Siapkan kita menghadapi Revolusi Industri 4.0 ?

Eh, sebelumnya temen - temen udah paham kan apa yang dimaksud dengan Revolusi Industri 4.0? Jadi, gini Revolusi Industri 4.0 itu adalah trend di dunia industri yang menggabungkan antara teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber.




Pada tren Revolusi Industri 4.0 ini tuh banyak sekali bidang kehidupan manusia yang berubah loh, termasuk bidang ekonomi, dunia kerja bahkan lifestyle manusia. Jadi simple nya sih Revolusi 4.0 itu menanamkan teknologi cerdas yang bisa terhubung ke berbagai aspek kehidupan manusia. Jadi gimana nih gaes, sudah siapkah kita menghadapi Revolusi Industri 4.0 ?

Perubahan yang dibawa ini tentu saja sudah ada konsekuensinya, kan? Industri pun akan semakin kompak dan efisien. Tapi jangan seneng dulu, akan ada juga berbagai risiko yang kemungkinan besar akan muncul, misalnya saja tenaga kerja atau Sumber Daya Manusia (SDM) akan tergantikan oleh mesin atau robot. Banyak peluangnya namun banyak juga tantangannya, bener ga?


Perubahan yang snagat memberikan pengaruh dalam kehidupan yah dibandingkan era revolusi industri sebelumnya. Tenaga manusia digantikan sama mesin - mesin dan robot - robot, bahkan ingat ga gengs mesin uap pada abad ke - 18 itu merupakan salah satu pencapaian paling oke tuh, revolusi industri 1.0 saja mampu meningkatkan perekonomian dengan sangat luar biasa, apalagi sekarang yah, saya yakin peningkatan teknologi dan ekonomi akan semakin pesat. Revolusi Industri 4.0 ini berkembang pesat, salah satu tandanya adalah dengan berkembangnya internet yang sangat berkembang dengan cepat. 

Perkembangan dunia internet zaman now ga bisa ditahan, meroket sekali. Banyak sekali inovasi baru yang juga membuka peluang bisnis dan usaha yang lumayan besar loh. Contoh nyatanya adalah moda transportasi yang berbasis online, seperti Gojek dan Grab. Temen - temen merasakan kemudahannya dengan transportasi berbasis online kan? 

Sekarang, informasi dengan mudahnya diserap kapan saja dan dimana saja, asalkan koneksi internet kenceng, ye kan? Saya pun ngeblog makin mudah karena koneksi internet. Mau beli Hosting Indonesia atau Cloud Hosting  pun zaman now mah tinggal klik klik dan transfer, selesai.  Gak usah ribet - ribet transfer ke Bank, cukup via mobile or internet banking, selesai urusan. 

Contoh simplenya aja nih kalau misalnya saya mau order Cloud Hosting nih ke Qwords sekarang tuh enak banget ga ribet, tinggal kunjungi aja websitenya https://www.qwords.com , langsung aja order gak pake lama. Urusan transfernya pun ga ribet, dan auto cek pula. Jadi ga perlu deh kirim2 bukti pembayarannya, so simple banget. Temen - temen udah kenal kan sama Qwords? Jadi, saya tuh udah lama banget langganan di Qwords, bisa nanya - nanya ke ke CS nya kalau mengalami kendala loh dan itu 24 jam bisa chit chat nanya - nanya, dan selama saya berlangganan sama Qwords sih alhamdulillah belum pernah mengalami kendala apa - apa, alhamdulillah. Makanya sampai sekarang masih langganan terus.


Semudah itu saja kan. Sekarang tuh semuanya memang serba mudah, chatting, twitteran, email - email an bahkan video call an pu bisa dilakukan dengan mudah. 

Kemudahan ini semuanya ngaruh sama bisnis? 

Tentu saja. Teknologi ini sudah berevolusi, tentu ini membawa angin segar untuk para pengusaha loh, penjualan bukan hanya offline namun bisa melalui berbagai e-commerce juga loh bahkan melalui instagram dan whats app pun penjualan bisa dilakukan. Apalagi ya konsumennya itu adalah para generasi milenial yang tumbuh dan berkembang di teknologi digital, yang sangat senang dengan berbagai macam kemudahan.


Sekarang tuh banyak sekali orang - orang yang melek internet, setiap saat berbagi data baik itu dalam bentuk foto, video dan hal lainnya. Bahkan ada yang bilang data adalah mata uang baru, hmm. 

Selain kemudahan itu, harus waspada juga loh. Karena kemajuan teknologi sampe tenaga manusia pun bisa digantikan dengan mesin, artinya akan banyak jenis pekerjaan yang hilang dan digantikan oleh robot dan mesin atau artificial intelligence. Jangan khawatir gengs, biar gak jadi pengangguran, tentu saja harus bisa mengembangkan skill supaya lebih bermanfaat dan mumpuni untuk masa depan. Nah skill apa nih yang dibutuhkan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 ? 

Complex Problem Solving, kemampuan ini harus dimiliki karena ini merupakan kemampuan penyelesaian masalah kompleks dengan mulai dari identifikasi kemudian menentukan masalah utamanya, dan kemudian belajar melihat berbagai kemungkinan untuk solusi dan melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalahnya. Setelah itu nyari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.  


Critical thinking, ini adalah skill untuk berpikir secara kritis untuk berpikir hal - hal yang masuk akal, koginitiff dan juga skill untuk membentuk strategi yang bakalan meningkatkan kemungkinan hasil yang nantinya diharapkan. Berpikir kritis ini biasanya juga disebut dengan cara berpikir yang punya tujuan jelas, alasan jelas dan orientasi tepat pada sasaran.

Creativity, ini adalah skill yang didalamnya ada kemampuan serta kemauan untuk terus melakukan inovasi. Skill yang terus menerus menemukan sesuatu yang dikira unik dan memiliki manfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Emotion intelligence, kecerdasan emosional adalah skill seseorang buat ngatur, nilai,

Judgement dan decision making, skill atau kemampuan menarik kesimpulan atas situasi yang sedang dihadapi, selain itu ditambah dengan kemampuan buat ngambil keputusan dalam kondisi apapun, bahkan termasuk dalam kondisi ketika sedang berada dalam tekanan. 

People management, skill yang dimiliki untuk mengatur, memimpin dan juga memanfaatkan sumber daya manusia dengan tepat sasaran dan juga efektif. 

Dan masih banyak lagi sih skill yang harus dimiliki untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.





20 komentar:

  1. Iya, sih. Di mana2 udah pada menyesuaikan diri dengan revolusi industri 4.0, ya

    BalasHapus
  2. bos aku udah bicara tentang revolusi industri 4.0 ini sejak tahun kemarin teh, dan perlahan ucapannya benar mulai terasa di tahun ini

    BalasHapus
  3. Perkembqngan teknologi makin kesini emang makin luar biasa maju ya.. apa apa skrg bisa mengandalkan teknologi tnpa hrs manual pengerjaan nya

    BalasHapus
  4. Yg sdh mulai banyak sdm digantikan mesin krn revolusi industri 40 ini aq perhatikan yah penjaga tiket parkir jd menghadapinya pun kita hrs punya pendidikan yang lebih tinggi yah agat bs mengikuti perkembangannya

    BalasHapus
  5. Kalau tidak punya skill khusus dan dimana skil kita ini tdk bisa di aplikasikan atau tdk mau memanfaatkan digital, akan sulit bersaing di pasar era Revolusi industri 4.0. Walau offline pun terkadang memang perlu kita gerakkan

    BalasHapus
  6. iya mbak sekarang kalo di jepang apalagi mau mesen makanan tinggal klik mesin manusianya cuma masak aja

    BalasHapus
  7. Wahhh, Qwords ini recommended ya ternyata, mbak. Temenku banyak yang pake layanan Qwords juga tiap perpanjang domain dan hosting.

    BalasHapus
  8. siap dong pastinya.. walau masih perlu belajar untuk memanfaatkan teknologi digital dan juga sosial media, tapi pelahan mulai "berpindah" haluan yaa XD

    BalasHapus
  9. Kudu lebih kreatif ya mba kita nya, nggak bosen belajar dan ngikuti perkembangan teknologi biar nggak ketinggalan

    BalasHapus
  10. Perkembangan tekhnologi emang terasa banget deh. Harus tetep mengasah skill agar bisa bersaing di era revolusi industri ini

    BalasHapus
  11. Penggunaan berbagai piranti dan pemanfaat internet memang udah jamak sekali harus dikuasai oleh kita yang mau tak mau kudu siap menghadapi revolusi industri ini. Siapa yang menguasai teknologi bakalan terbantu sekali memperlancar kinerjanya.

    BalasHapus
  12. Bener yaa...
    Ini yang akan dihadapai anak-anak kita ke depannya.
    Dunia tanpa batas.

    Semoga industri 4.0 dapat di sikapi dengan baik dan skill yang benar.

    BalasHapus
  13. Mau gak mau harus siap ya mbak, wajib banget melek internet. Apalagi dunia bisnis kalau mau pemasarannya lbh luas lagi wajib tu yang namanya memanfatkan media sosial apalagi website.

    BalasHapus
  14. Bagaimanapun kondisi itu akan menghampiri kita dan ya kita harus meningkatkan skill yg mumpuni untuk berjalan d revin 4.0 nanti ya teh

    BalasHapus
  15. Iya sekarang udah banyak yg mulai pakai mesin ya, yang paling simpel tuh parkiran motor udah bisa bayar pakai flazz / ovo, which is gak butuh orang buat jaga di gate nya lagi. Tapi tetep aja masih ada orang yg gak ngerti sama hal se simpel itu. Mesti banyak ngadain sosialisasi biar orang2 pada paham juga sih

    BalasHapus
  16. Hal utama yang menjadi modal dalam persaingan di era revolusi indutrsi 4.0 ini adalah skill

    BalasHapus
  17. Semangat menuju revin 4.0 ya teh, dengan meningkatkan kemampuan skill dalam bidang yg support pada revin 4.0 itu sendiri

    BalasHapus
  18. Yappsss memang kita mau nggak mau harus siap menghadapi revolusi 4.0. Pendidikan harus lebih tinggi juga.

    BalasHapus
  19. qwords ini csnya cepat tanggap ga mba? trs 24 jam engga? soalnya agak trauma sama cs yg ga cepet tanggap huhu

    BalasHapus
  20. Setuju banget sama skills yang harus dikembangkan kalau kita mau survive nanti menghadapi revolusi industri 4.0. Kalau nggak yang ada kita bakalan ketinggalan jauh ya kak.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.