Reaching To The Worlds With The Word

Senin, 15 Juli 2019

Jangan Ragu Tunjukkan Kemampuan Ketika Interview Kerja

Bismillah, 

"Gimana caranya lolos interview pas kerja?"
"Ajarin dong gimana caranya biar cepet dapat kerjaan."

Pernah gak gengs ada yang nanyain kayak gitu?

Kalau kita ditanya gitu, alhamdulillah dong yah berarti dimata mereka kita termasuk sukses, iya kan? Aamiin.

Memang, pas melakukan interview kerja itu kita seakan sedang "menjual diri". Jadi apa yang dimiliki harus ditonjolkan harus ditunjukkan dengan sebaik - baiknya. Pokoknya semua yang terbaik, keluarin aja demi diterima kerja. Tapi jangan sampai gugup ya apalagi salah ngomong, bisa berabe urusannya.


Makanya, kita sebagai pelamar kerja harus bisa menarik perhatian biar goal interviewnya.  Nih saya ada beberapa tips sederhana yang bisa temen - temen pelajari ketika menceritakan diri dan menjelaskan kemampuan yang dimiliki saat interview, diantaranya adalah:

BAHASA YANG DIGUNAKAN 
Ini penting gengs, perhatikan bahasa yang digunakan saat interview, perhatikan juga pemilihan kata - katanya. Udah paham kan mana kata - kata dan bahasa yang semestinya digunakan ketika interview. Jangan sampai bahasa atau perkataan yang kita gunakan itu kasar dan engga sopan.

JELASKAN SIAPA DIRI KITA DAN APA KEMAMPUAN YANG DIMILIKI
Ceritakan dengan detail dan runut siapa diri kita ini dihadapan HRD. Menjelaskan tentang diri itu biasanya dari keluarga, hobi, lingkungan, pendidikan dan hal mendasar lainnya. Ceritakan secara perlahan dan detail yah.


Ceritakan juga tentang kemampuan yang dimiliki namun jangan terkesan sombong. Ceritakan tentang pencapaian apa saja yang dimiliki, ini biasanya sudah dituliskan juga sih dalam curricculum vitae jadi harus sesuai apa yang diceritakan dan yang tercantum.

RESPON DAN TANGGAPAN
Respon dan tanggapan dari setiap pertanyaan dan pernyataan rekrutmen itu menentukan kualitas diri kita. Jadi temen - temen harus jawab pertanyaan rekrutmen atau pewawancara dengan benar dan jangan ragu - ragu, jadi jangan sampai ada kesan berdusta atau mengada - ngada. Tunjukkan bawa setiap respon dan jawaban kita itu berkualitas.

Pokoknya semua yang baik - baik jangan sampai lolos buat diceritakan sama pewawancara gaes, dan jangan lupa banyak berdoa aja supaya apa yang kita bicarakan dipahami. Dan segera dipanggil untuk bekerja, aamiin.



With love,

TIAN LUSTIANA



2 komentar:

  1. Salah satu yang nggak kalah penting agar bisa lolos interview kerja adalah kepercayaan diri dan konsistensi terhadap jawaban yang diberikan hehehe dan setuju dengan tips dari mba untuk pemilihan kata yang digunakan juga bagaimana cara kita memberikan tanggapan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener sekali, percaya diri dan konsisten menjawab juga salah satu poin, terimakasih.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.