Bismillah, 

"Sekarang hijrah yah? Bajunya udah gamis - gamis, kerudung panjang dan pake kaos kaki? Gak takut keliatan makin gendut?"

Jleb banget ga gaes?

Bukan seorang saja yang bilang gitu kesaya gaes, beberapa orang. Katanya saya pake gamis tuh keliatan gendut banget, katanya kerudung panjang itu kayak emak - emak jadinya saya terlihat tua. Subhanallah sekali yah, baru segini aja udah merasa berat banget hijrah, padahal saya kan masih secuil banget nih. 




Saya ke pengajian, pada komentar "tumben banget sih" . Saya udah ga dengerin musik dan datang ke konser musik dibilangin " Ah gak asik lo sekarang, udah kayak nenek gw". Saya dengerin ceramah ustadz dibilang "pencitraan banget sih, biasanya juga dengerin musik". Atau komentar " udah lah masih muda ini, ga usah ekstrim gitu, tar aja kalau sudah tua barulah kita hijrah," Hmmm apakah ada yang menjamin saya bisa hidup sampai tua? sampai punya cucu? Ada? 

Dan banyak komentar julid lainnya yang saya terima. 



Saya hanya jawab " iya ini saya sekarang! "  Yang lalu biarlah berlalu, saya yakin semua manusia pasti pernah membuat dosa, namun jika ingin berubah / berhijrah ya ga usah dikomentari lah. Karena taubat itu bakalan membawa kita pada perubahan ke arah yang lebih baik, karena memang itulah tandanya. 




Sedih dong sudah pasti. Nangis? Iya saya nangis. Ingin marah? tentu saja, rasanya emosi saya sudah meledak dan ingin menjambaknya gaes, namun saya langsung ingat perkataan ustadz Syafiq, jika ditentang ketika berhijrah, tak apa karena memang banyak manusia - manusia yang membenci sunnah, kenapa? karena mereka belum paham saja. Nanti kalau mereka sudah paham, insya Allah ga akan lagi mengomentari.

Itulah alasan saya semakin kuat untuk terus hijrah, insya Allah. Biarin ga keren karena ga pakai jeans lagi, biarin saya dibilang ga asik karena udah ga mau nonton konser musik lagi, biarin dibilangin gendut karena pakaian longgar, biarin saya dibilang kayak neneknya juga, saya insya allah akan terus berhijrah. Semoga Allah Subhanahuwata'ala memberikan kemudahan saya dalam berhijrah, aamiin ya Rabb. 



Saya meyakinkan dan memantabkan hati bahwa menuju kebaikan itu banyak sekali cobaannya. Apa yang saya alami ini belum ada apa - apa nya, jadi saya gak usah terpengaruh sama perkataan mereka. Biarin saja, toh perkataan mereka kan hanya sepanjang lidah mereka saja, ya kan? 

Hijrah itu bukan hanya pakaian yang saya kenakan, namun hati saya harus turut serta berhijrah. Saya mulai banyak belajar, mengikuti kajian dan sering mendengarkan ceramah - ceramah para ustadz, ustadz favorite saya tuh ustadz khalid basalamah dan ustad Syafiq Riza, semoga Allah subhanahuwata'ala senantiasa memberikan berkah dan barokahnya pada mereka berdua, aamiin. 




Saya yakin, perjalanan hijrah setiap manusia itu gak semulus yang dibayangkan, kendala dan perkataan kurang menyenangkan pasti ada. Namun insya Allah selama kita yakin, Allah Subhanhuwata'ala akan senantiasa membantu dan menolong kita untuk tetap yakin pada hijrahnya kita, aamiin. 

Eh bentar, memangnya Hijrah itu apaan sih? Dari tadi bahas hijrah aja nih Tian. 

HIJRAH itu adalah proses yang dilakukan secara terus menerus untuk memperbaiki diri, memperbaiki cara berpikir, berucap dan bersikap. Terutama dalam melaksanakan ibadah yang sesuai dengan syariat dan sunnah. 

HIJRAH dalam konteks lain nih, yang artinya memutuskan untuk meninggalkan apa yang Allah benci untuk menuju apa yang dicintai Allah. 

Dan banyak pengertian lainnya, yang pasti kita membuang hal buruk dan menggantinya dengan yang baik - baik yang tentu saja dicintai Allah Subhanahuwata'ala dan Rasul-NYA.


Buat saya Hijrah tuh jangan setengah - setengah namun juga ga bisa juga langsung berubah 180 derajat namun step by step, selain masalah ibadah untuk hal duniawi juga saya mulai hijrah perlahan nih gaes, salah satunya tuh dengan mencari Bank yang sesuai syariat islam. Saya pun langsung searching by Google dan nanya ke yang lebih paham masalah ini. Ternyata gaes ada salah satu Bank nih yang sudah mengkampanyekan #AyoHijrah sejak Oktober 2018 lalu loh. Jadi Bank ini tuh aktif banget mengajak masyarakat untuk hijrah, khususnya dalam hal pelayanan perbankan, penasaran gak sama Bank itu?


#AyoHijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia 


Ya, Bank Muamalat Indonesia tuh yang mengkampanyekan Ayo Hijrah untuk menuju ke arah yang lebih baik dalam hal layanan perbankan. 

Bank Muamalat Indonesia ini kan sebagai Bank pertama yang murni syariah di Indonesia dan kini mencoba memperluas fungsinya. Dari yang hanya menyediakan layanan syariah kemudian menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus meningkatkan diri ke arah ajaran agama islam yang lebih baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah). Jadi bukan hanya hijrah dalam hal ibadah namun juga dalam hal mengelola keuangan. 





#AyoHijrah tuh apa yah? 
Dilihat dari arti Hijrah itu sendiri kan menuju ke yang lebih baik (seperti yang tadi sudah saya jelaskan di paragraf atas), maka #AyoHijrah ini tuh adalah gerakan mengajak seluruh masyarakat Indonesia yang beragama Islam untuk bersama - sama  meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal.



Seperti yang sudah kita tau ya gaes bahwa Islam tuh bukan semata agama yang mengatur hubungan kita sama Allah Subhanahuwata'ala namun juga merupakan jalan hidup, jadi #AyoHijrah ini tuh ngajakin kita untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan penuh dengan keberkahan, aamiin. 

#AyoHijrah ini tuh tujuannya untuk apa sih? 

#AyoHijrah ini tuh memiliki tujuan mulia sih kalau saya bilang mah, karena berharap peningkatan kualitas diri , baik itu individu maupun organisasi untuk semakin kaffah dalam menjalan syariat Islam. Ini pastinya dalam konteks layanan perbankan syariah ya. Bank Muamalat Indonesia tuh memiliki cita - cita atau harapan, yakni ingin menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah supaya setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mana mayoritasnya kan muslim. Barakallah ya semoga Allah Subhanahuwataala memberikan kemudahan pada Bank Muamalat Indonesia ini, aamiin. 


Bentuk gerakan #AyoHijrah dari Bank Muamalat Indonesia 

Gerakan #AyoHijrah ini tuh dikemas dalam kegiatan yang melibatkan dan mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya sih mulai pindah menggunakan layanan Bank syariah supaya hidup lebih tenang dan berkah, nah ini sih yang menjadi alasan saya ingin pindah ke Bank yang berbasis syariah, biar berkah gaes dan tentunya saya pun menjadi lebih tenang. 


Kegiatan - kegiatannya tuh antara lain sebagai berikut:
⧭ Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah
⧭ Open booth di pusat - pusat kegiatan masyarakat
⧭ Kajian Islami yang narasumber nya dari kalangan ulama 
⧭ Pemberdayaan masjid - masjid, sebagai salah satu agen perbankan Syariah.

Masya Allah tabarakallah ya kegiatan - kegiatannya sangat berfaedah sekali, mudah - mudahan semakin banyak Masyarakat yang ikut serta ya biar hijrah bersama - sama.

Setelah mempelajari program - program dan kegiatan - kegiatan dari #AyoHijrah nya Bank Muamalat Indonesia, saya jadi sangat tertarik untuk pindah Bank.



kenapa saya tertarik dan merasa terpanggil untuk Hijrah ke Bank Muamalat?
Selain alasan saya ingin hijrah ada banyak alasan lain yang menjadi pertimbangan saya, diantaranya adalah : 


  1. Bank Muamalat Indonesia itu adalah Bank yang mengusung murni syariah pertama di Indonesia, sudah ada sejak tahun 1992. Artinya? Sudah terpercaya kan? Insya Allah. 
  2. Bank Muamalat Indonesia itu ga menginduk kepada Bank lain atau dari Bank lain, jadi Insya Allah kemurniannya syariahnya terjaga. 
  3. Pengelolaan dana yang dilakukan di Bank Muamalat Indonesia itu berasaskan kepada prinsip - prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. 
  4. Bank Muamalat Indonesia memiliki produk dan layanan keuangan yang sangat lengkap dan ditunjang oleh berbagai fasilitas yang memudahkan saya untuk bertransaksi, ga kalah sama Bank konvensional lainnya. Ada fasilitas Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan kantor cabangnya tuh banyak bahkan sampai ke luar negeri pun ada. So, kalau lagi travelling ke luar negeri ga usah khawatir kalau mau tarik tunai ya. 

Semenjak digaungkannya #AyoHijrah ini, produk - produk dari Bank Muamalat ini juga berubah dong, ya tentunya menyesuaikan. Insya Allah ini semua untuk memberikan layanan yang jauh lebih berkah untuk nasabah nya dan untuk masyarakat. Dan inilah nama - nama baru produk Bank Muamalat Indonesia : 


  • Tabungan iB Hijrah, ini tuh adalah tabungan yang insya Allah nyaman digunakan untuk kebutuhan transaksi dan juga belanja dengan menggunakan kartu Shar-E Debit yang ada logo Visa Plus nya. Manfaatnya sih banyak, berbagai macam program subsidi belanja di merchant lokal dan luar negeri. Layanan lainnya yang bisa dinikmati itu adalah realtime transfer, isi ulang prabayar, bayar - bayar tagihan listrik, kartu pasca bayar, beli tiket sampai pembayaran  Zakat, Infaq dan shadaqah bisa melalui mobile banking atau internet banking, tentu ini sangat memudahkan kita ya ukhti?
  • Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah. Kenapa sih harus menggunakan Bank Muamalat untuk Haji / Umrah? Karena Bank Muamalat ini tuh  salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang sudah terdaftar di SISKOHAT kementerian Agama RI. Insya Allah ibadah Haji dan Umrah pun menjadi lebih nyaman dan penuh barokah, aamiin. 
  • Tabungan iB Hijrah Rencana, solusi banget nih untuk yang ingin melakukan perencanaan keuangan syariah. Jadi nih ya untuk yang memiliki rencana dan impian masa depan seperti perencanaan pendidikan anak, perencanaan pernikahan dan lainnya bisa menggunakan tabungan IB Hijrah Rencana ini. Setoran bulanannya pun mulai dari 100ribu saja. 
  • Tabungan iB Hijrah Prima. Tabungan untuk yang menginginkan transaksi bisnis sekaligus sekalian investasi yang insya allah aman dan menguntungkan. Dilengkapi dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif .
  • Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
  • Deposito iB Hijrah. Deposito dengan sistem syariah dalam mata uang RP atau USD yang fleksibel dan memberikan hasil investasi yang optimal untuk nasabah. 
  • Giro iB Hijrah. Produk giro yang basisnya akad wadiah, memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan. Sarana paling tepat untuk memenuhi transaksi bisnis nasabah non perorangan yang didukung oleh fasilitas cash management. 
  • Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix ( ini tuh masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK), semoga diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah Subhanahuwataala, aamiin. 



Bank Muamalat Indonesia memiliki cita - cita menjadi pusat dari Ekosistem Ekonomi Syariah dan juga ikut mendukung serta membangun industri halal di Indonesia tentunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. 



Untuk temen - temen yang tertarik mempelajari gerakan #AyoHijrah , produk dan program Bank Muamalat Indonesia, temen - temen bisa langsung saja stalking ke sosial media resmi Bank Muamalat Indonesia, nih saya kasi tau alamat sosial media nya yah. 




Saya juga insya Allah nih mau langsung bergegas ke Bank Muamalat Indonesia ah, mau buka rekening disana, bismillah hijrah perbankan juga. Doain saya bisa istiqomah hijrah dalam segala hal nya ya temen - temen, aamiin. 



With Love,




69 Komentar

  1. Aamiin ya rabbal alaamiin Mbak. Semoga istiqomah ya hijrahnya

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ada bank yan mengajak kita hijrah untuk ke arah yang lebih baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada, jadi insya allah lebih berkah juga ya dalamhal layanan perbankan

      Hapus
  3. Wah sudah lama sekali ya bank ini berdiri. Sepertinya memang terpecaya

    BalasHapus
  4. Wah bener banget tuh. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Hmm yang sabar ya Mbak memang itulah cobaan kalau kita masih awal berhijrah

    BalasHapus
  6. Whehehehe mau berubah ke hal yg baik malah dikomenin ga enak :D serba salah heuheu.

    Berarti udah tobat dengan segala the moffatsnya nih? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gitulah Lu, iya nih insya Allah semoga Allah memudahkan supaya saya maksimal tobat sama The MOffatts juga

      Hapus
  7. Masih maju mundur kalau buat hijrah bank soalnya keburu banyak yg tahu rek lama. Kayaknya buka rekening baru khusus aja ya disini mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rekening baru aja biar tabungannya banyak

      Hapus
  8. Moga bank Muamalat bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik yah

    BalasHapus
  9. Baru tahu dengan progam Ayo Hijrah ini. Keren banget ya acara-acaranya. Dan ini ada lomba blognya, ya? Mau cari tahu ah....

    BalasHapus
  10. Aku pakai BMI udah 16 tahun, ngikutin banget perkembangannya. Yuk ah semangat berhijrah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah udah lama ya teh, iya nih saya juga mau ah

      Hapus
  11. Umur memang gak ada yang tau ya, Teh. Belum tentu kita berumur panjang. Kapan lagi untuk bisa berubah lebih baik lagi, kalau bukan dari sekarang.
    Saya juga berusaha sedikit-demi sedikit untuk bisa lebih baik lagi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget teh, kita2 sama - sama memperbaiki diri ya

      Hapus
  12. Teteh nggak usah dengerin apa kata orang. Yang penting Teteh nyaman. Program Bank Muamalatnya bagus ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya inginnya sih ga dengerin kata orang tapi kedenger wkwkwkw

      Hapus
  13. aaaamiiin yarabball alamin udah biasa ya mbak dipanggil ibu-ibu eheh. Saya juga mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gapapa lah yang kan semua perempuan insya allah akan menjadi ibu

      Hapus
  14. Semoga tetap istiqomah dalam hijrahnya ya teh. Abaikan saja yang nyinyir dan julid, yang penting Allah maha tahu niat terbaik kita :D

    BalasHapus
  15. Masyaallah banyak banget cobaannya untuk berhijrah ya?

    Semoga tetap istiqomah karena hidup kan cuma numpang minum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah bu, seseorang jika ingin berhijrah pasti akan selalu banyak cobaan yah hehe, aamiin

      Hapus
  16. Yang berat ketika hijarahnya itu adalah Istiqomahnya ya teh godaan dan nyinyiran selalu datang yang bikin kadang goyah tapi kalau sudah niat hijrah insyaAlloh :)

    wah muamalat mantab ini programnya jadi pengen buka, padahal dari zaman gadis aku udah dijakin teman buka di muamalat tapi ga :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali ketika istiqomah dan suka kadang tergoda sama nyinyiran huhuhuhu,berat

      Hapus
  17. Coba petugas bank bank ke instansi/lembaga/sekolah supaya pegawai juga bisa menabung seperti tabungan hijrah ini bagus nih. Soalnya kalau harus antri di bank kadang gak ada waktunya

    BalasHapus
  18. Seneng deh lihat bank syariah mengikuti kebutuhan konsumen jadi semoga banyak yang hijrah ke bank syariah biar bebas riba ya Mb :)

    BalasHapus
  19. Pokoke kalau semua lini kehidupan sudah berbasis syariah, hidup jauuuhh lebih tenang ya Mak.
    Thanks for sharing
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  20. Insha Allah semoga bisa berhijrah dan menjadi manusia yang terus memperbaiki diri, tapi Bank Muamalat sebenarnya sudah enggak asing bagi saya karena ibu saya dulu nasabah setianya bahkan tabungan hajinya di simpan di Bank Muamalat dan dulu tugas saya setor dan print buku tabungan...jadi ingat Bank Muamalat jadi ingat Almarhumah Ibu.

    BalasHapus
  21. Aamiin.. Semoga kita bisa istiqomah dalam berhijrah..


    Bank Muamalat ternyata udah lama juga ya. Udah sejak tahun 1992, duh ke mana aja saya nih.

    Semoga makin sukses dan impian mulianya terkabulkan oleh Allah SWT. Aamiin..

    Iya, saya ingin banget ada pusat perbankan syariah sebagai pusat transaksi perekonomian di negara kita.

    BalasHapus
  22. Iya hijrah, melaksanakan perintah Allah.. pasti awalnya gimana gtu. Ngapain sih ribet amat 😅 yaudahsih kan kita yg make bajunya. Terus melangkah, smangat 😊 karena Allah..

    BalasHapus
  23. Bank muamalat ini bener2 bank yang memahami kita sebagai umat islam

    BalasHapus
  24. Mashaa Allah ceritanya sangat menginspirasi, good luck juga ya teh :)

    BalasHapus
  25. Setiap niat baik selalu mengandung dan mengundang tantangan maka kuatkan hati untuk bisa melewati setiap tantangan dan rintangan

    BalasHapus
  26. Hijrah dalam keuangan memang penting banget ya mbk, soalnya kan semua lini kehidupan itu tidak luput dari transaksi dengan uang. Harus pintar-pintar kita mengelolah secara syariahnya. Biar dak terlalu banyak dosa ya mbk

    BalasHapus
  27. Salah satu godaan saat hijrah itu komentar miring orang lain. Makanya dikatakan untuk istiqomah dalam hijrah itu tak mudah. Untungnya ada Bank Muamalat Indonesia yang siap mendukung hijrah kita dalam pengelolaan keuangan.

    BalasHapus
  28. Sempat dengar Bank Muamalat mau bangkrut, sekarang ternyata malah maju ya mbak. Layanannya juga makin lengkap. Keren nih, buat alternatif pilihan perbankan di Indonesia.

    BalasHapus
  29. Mudah-mudahan kita selalu ingin berubah untuk jadi lebih baik terus yaa..

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah yah teh ada bank syariah yang murni syariah kayak bank muamalat gini untuk mendukung proses hijrah kita. Semoga yah kita ga hanya hijrah ibadah tapi hijrah juga dalam mengelola keuangan

    BalasHapus
  31. Jleb banget deh, kata-kata: Hijrah itu Ikhlas.
    Cukup berat juga yaaaaa

    BalasHapus
  32. Bicara tentang hijrah, pasti langkahnya gak mudah.
    Selalu ada ujian di masing-masing fasenya.
    Dan makin besar langkah hijrahnya, makin berat pula ujiannya.

    Barakallahu fiik, teh..untuk langkah hijrahnya yang gak pernah berhenti.
    In syaa Allah membawa ke dalam ketenangan hati.

    BalasHapus
  33. Aku pun lagi tahap belajar untuk berhijrah nih Teh
    Semoga tetap istiqomah yaa Teh! So inspiring ceritanya!

    BalasHapus
  34. teh, aku juga dibilang ibu-ibu pas udah pake gamis dan ada teman yg menyayangkan kalo keputusan aku pakai gamis kemana-mana itu bikin aku terlihat tidak sesuai dengan umurku. Tapi aku justru makin semangat untuk terus #ayohijrah ini. Semangat terus ya teh Tian :)

    BalasHapus
  35. Masya Allah tabarakallahu. Semangat hijrahnya luar biasa.
    Semoga kita semua dimudahkan untuk istiqomah hijrah. Terutama istiqomah hijrah meninggalkan riba. Untung ada Bank Muamalat yang selalu mengajak nasabahnya untuk istiqomah bersama dalam hijrah.

    BalasHapus
  36. Hijrah itu ikhlas. Masha allah menusuk hati :) semoga bisa mencapai ilmu tersulit itu teh

    BalasHapus
  37. Semoga dimampukan oleh Allah untukku hijrah sepenuhnya ya, Teh. Dari awal hijrah hingga sekarang msih belajar terus untuk lebih baik

    BalasHapus
  38. Awal hijrah memang terasa berat yaa, ini aku juga mulai merubah penampilan dari yang jeans belel jadi kulot or gamis, moga bisa konsisten

    BalasHapus
  39. Pasti yang bilang kayak ibu-ibu eta geus ibu-ibu oge kan? 🤣
    Semoga dimudahkan selalu hijrahnya, karena memang manusia mah bakalan diuji terus ya teh. Tetap sabar dan semangat!

    BalasHapus
  40. Aminn ya robbal alaminn
    smoga proses hijrahnya kian berkah yah mbak
    Jadi mupeng buka tabungan di bank Muamalat akuu mbak hehehee
    Good Luck yahh mbak ^_^

    BalasHapus
  41. Hijrah itu masyaallah yaa perjuangan ya. Semoga selalu smangat yaa 😄

    BalasHapus
  42. Kepengen banget deh bisa hidjrah total. Salah satunya dengan tabungan syariah. Biar tabungan konvensional buat pintu masuk penghasilan saja. Setelah itu ditabungnya di tabungan syariah.

    BalasHapus
  43. pengen banget hijrah ke bank syariah hihi.. cuma sedikit demi sedikit harus mengerti dulu

    BalasHapus
  44. Kok nyebelin ya yang komentar-komentar negatif itu Teh. Kalau sama saya nggak berani deh teman² bilang begitu soalnya saya galak wkwkwk. Punya seribu satu argumen buat debat yang paling ujung²nya mereka terdiam.

    BalasHapus
  45. Huhuhuu, ku masih naik turun nih hijrahnya 😭😭😭 mdh2an Ramadhan ini bisa menguatkan lg, Aamiinnn..

    BalasHapus
  46. Yah, perspektif hijrah kalau cuma dilihat dari pakaian, berarti saya nggak hijrah dong..saya pecinta celana jeans..hahaha.
    Kalau saya sih, nggak pernah lihat orang dari casingnya...yang penting habluminallah dan habluminannas
    wah asyik ya mbak bisa beli qurban via bank muamalah juga ya

    BalasHapus
  47. Perjuangan tak ada yang mudah ya Mbak, semoga Allah mampukan untuk istiqomah.

    BalasHapus
  48. Untuk hijrah memang gk semudah yg kita bayangkn mba pasti Ada rintanganny akupun dulu gitu awsl Pertama pakai jilbab akhirnya dijalanin aja

    BalasHapus
  49. Kalau fasilitasnya memang sudah lengkap dan servisnya oke pasti banyak penggunanya yaa

    BalasHapus
  50. justru saat ku pake gamis ga kelihatan bahwa tubuh makin menggendut. hahaha. Dibilangnya kok kurusan sih padahal ini pipi udah melimpah.

    BalasHapus
  51. barakallahu teh, semoga diberikan keistiqomahan dalam hijrah teh. aamiin, makasih juga teh sharingnya :)

    BalasHapus
  52. Berubah menjadi lebih baik memang kadang mendatangkan pro dan kontra dari sekeliling kita ya, Mbak. Tetap semangat ya. Toh kita yang menjalaninya. Ngomong-ngomong, cukup sering saya baca tentang Bank Muamalat ini, mau kepoin lebih lanjut ah tentang fasilitas untuk nasabah yang tersedia. Makasi ya infonya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.