Mengatasi Vertigo

16.51.00

Bismillah, 
Ada yang pernah merasakan vertigo? 
Duh, jangan sampai deh kambuh lagi vertigonya. Karena pusing vertigo itu bener - bener pusing dan sampe mual gitu. Seisi dunia tuh kayak berputar, padahal orang - orang pada diam tapi rasanya kaya yang berputar - putar. Banyak yang beranggapan, pusing vertigo itu hal biasa, sepele dan kurang cepat ditangani. Padahal ya gaes, kalau vertigo harus langsung ditangani. Jangan dibiarkan.

Mengatasi Vertigo

Vertigo itu apa sih? 
Vertigo itu tuh adalah pusing nya kaya dunia tuh berputar. Bisa saja dipengaruhi oleh telinga bagian dalam, di mana bagian dari telinga inilah yang bertanggung jawab atas keseimbangan yang Anda rasakan dan juga perasaan posisi Anda di suatu tempat. Nah, gangguan pada telinga bagian dalam ini bisa bikin hilang keseimbangan dan timbul gejala vertigo, seperti mual, muntah dan pusing. 
Apa penyebab vertigo?

Vertigo tuh pada umumnya disebabkan karena ada gangguan pada telinga bagian dalam. Hal ini memicu masalah mekanisme keseimbangan pada tubuh. Namun, gangguan pada telinga bagian dalam ini bukanlah penyebab utama, masih banyak penyebab vertigo lainnya seperti :

Jika tiba - tiba merubah posisi kepala. Misalnya lagi tidur terus tiba - tiba bantalnya diambil paksa, kalau saya sih suka langsung kambuh vertigo nya.
Sedang dilanda migrain atau sakit kepala yang gak tertahankan.
Vestibular neuroniti, adalah inflamasi saraf vestibular yang berada pada telinga bagian dalam.
Terjadi gangguan pada otak, seperti tumor, dll.
Konsumsi obat - obatan yang bisa menyebabkan kerusakan pada telinga.
Telah terjadi trauma pada kepala dan sekitar leher.


Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi vertigo?

Biasanya ya, vertigo itu datang tanpa diundang. Suka tiba - tiba gitu. Apalagi kalau pas merubah posisi mendadak, misalnya dari jongkok langsung berdiri tiba - tiba. Penyebab vertigo memang ga bisa diketahui pasti kecuali memang sudah diperiksa detail sama dokter. Jadi kalau vertigo kambuh tuh pusing, dan malahan sampai mual dan muntah. 

kalau pas vertigo kambung, langsung saja tinggalkan semua aktivitas yang lagi dilakukan. Bersandar secara perlahan supaya vertigo cepat hilang. Usahakan mencari tempat yang engga terlalu terang untuk istirahat. Baiknya sih dalam ruangan gelap /  remang sambil berbaring dan memejamkan mata. Ini bisa cepat mengurangi rasa mual dan sensasi pusing yang berputar - putar ketika vertigo kambuh. 


Kalau vertigo lagi kambuh, usahaka rileks jangan mikir keras dan jangan sampai stress. Stress itu bisa membuat gejala vertigo makin buruk. Kalau vertigo ga sembuh - sembuh langsung saja hubungi dokter. 

Mengatasi Vertigo


Gimana sih caranya mencegah vertigo kambuh lagi? 
Ingat, stress bisa memicu vertigo. Jadi supaya vertigo gak kambuh, kurang stress. Temen - temen bisa juga mengikuti latihan teknik napas dalam atau ikutan yoga. Biar bisa melakukan stress management, dan paham gimana cara mengatasi stress nya. 

Selain stress, dehidrasi juga bisa memicu datangnya vertigo loh. So, temen - temen yang punya vertigo harus banyakin minum air putih, mengurangi asupan garam dan jangan konsumsi alkohol. Dan yang paling penting itu adalah, tidur yang cukup. Karena kurang tidur juga bisa mempengaruhi kambuhnya vertigo. Usahakan untuk bisa tidur siang singkat bentar saja biar rileks. 
Hindari gerakan yang tiba - tiba supaya gak jatuh. Pokoknya temen - temen harus segera duduk kalau pas vertigo menyerang, takutnya jatuh. Gerakkan kepala perlahan, jangan dipaksakan karena kalau dipaksakan kepalanya gerak malah makin pusing.

Kalau masih berkelanjutan vertigo dalam 3 hari, langsung konsultasi ke dokter. Supaya mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi dan cepat pulih.





With Love,




You Might Also Like

42 komentar

  1. Saya pernah 2 kali kena vertigo, yang pertama memang karena stress. Kejadiannya hampir 20 tahun yang lalu. Ngga lama setelah itu masuk RS kena stroke ringan, hadeuhh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah teh, mudah2an sekarang sehat terus yah

      Hapus
  2. Alhamdulillah aku sih blm pernah ngerasain vertigo, semoga tidak. Paling pusing2 ringan aja, habis jongkok trus berdiri, akibat krn kekurangan darah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai mbak, kena vertigo nyiksa banget hiks

      Hapus
  3. Alhamdulillah ngga pernah ngerasain vertigo, tapi tadi banget temen bilang dia kena vertigo dan nyusahin karena nunduk dikit aja bikin pusing, kebanyakan minum kafein ngaruh ngga sih bikin si vertigo dateng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah ya teh , saya kalau minum kopi alhamdulillah aman asalkan jangan berlebihan kali yah

      Hapus
  4. bener banget, pas vertigoku kambuh, yang paling sering kulakukan adalah mencoba tidur dengan nyaman tanpa ada gangguan. Jadi, pas vertigo kambuh ada suami, kuminta suami ambil alih semua pekerjaanku. Tapi pas suami blm pulang kerja, ya kudu meringis meringis nahan sakit kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus gitu yah biar cepet sembuh vertigonya

      Hapus
  5. udah 2x kumerasakan vertigo tiba-tiba. sumpah deh itu gak enak banget, rasanya ya allah. pusing keliyengan bukan main sampe mual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan, sampai mual dan muntah ya mbak hiks

      Hapus
  6. Duh jangan sampai deh saya terkena vsrtigo. Saya lihat bapak mertua yg langganan vertigo, ketika datang menyerang mertua saya tersiksa banget sampai harus dibawa ke rumah sakit utk mendapatkan perawatan secepatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang harus mendapatkan perawatan secepatnya soalnya pusing banget

      Hapus
  7. Tetangga ada yg vertigo, kasian nggak bisa aktivitas.. aku dulu pernah migrain itu aja rasanya pusing minta ampun. Alhamdulillah udah nggak lagi.
    Jadi yoga juga bisa ngatasin vertigo yaa. Noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yoga juga bisa ngatasin vertigo kalau rutin dilakukan

      Hapus
  8. meski sering dengar kata vertigo tapi aslinya belum ngerti bener gimana itu vertigo. rupanya sampai dunia terlihat berputar gitu ya mbak. kalau aku kadang sih pusiiiing yg banget tp ga sampai berputar gitu. tp itu pun rasanya udah tersiksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus periksa ke dokter teh biar tau hehehe

      Hapus
  9. Saya belum pernah kena vertigo. Pusing ringan biasanya karena saya memqng tensinya cenderung rendah. Biasa cepet duduk, bikin minuman manis...
    Terima kasih sudah mengulas ini, mbak Tian

    BalasHapus
  10. Pusing sih sering. Tapi semoga bukan vertigo. Soalnya vertigo kan kudu ada penanganann khusus ya

    BalasHapus
  11. Wah alhamdulillah kayanya Saya blm Dan jangan sampai kena vertigo

    BalasHapus
  12. Oh, salah satu penyebabnya dari telinga bagian dalam. Tapi banyak hal juga ya yang menyebabkan vertigo. Saya sering tiba-tiba sakit kepala yang sangat sakit, semoga bukan karena vertigo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak sih penyebab vertigo dan kadang setiap orang beda2

      Hapus
  13. Ibu mertuaku punya sakit vertigo teh, jadi setiap dia kecapean banget. Pasti kambuh vertigonya, jadi nggak boleh terlalu capek

    BalasHapus
  14. Aku pernah batal puasa ramadan gara-gara vertigo, bangun-bangun semua muter kayak naik kuda korsel haha, ternyata stress sama kurang tidur bisa jadi penyebabnya ya teh. Akhirnya tau deh cara buat cegahnya :)

    BalasHapus
  15. Saya sering pusing...moga-moga ga kategori vertigo, vestibular sih OK.. Tapi ya kalo berasa pusing biasanya saya langsung duduk...Thanks ulasannya mbak, interesting!

    BalasHapus
  16. Aku termasuk yang suka pusing kalau pas kurang tidur, kurang air minum. Kayak ada rasa berayun gitu, kayak hanyut sesaat. Kalah deh hanyut cinta, bahahaha.

    Alhamdullillah belum termasuk ciri-ciri vertigo di atas.

    Sejak gadis tekanan darah aku memang cenderung rendah (hypotension), jadi 100/80, sudah termasuk normal, kata dokter.

    BalasHapus
  17. Bundaku pernah kena vertigo, tapi karena gak tau itu vertigo dan gak kuat langsung masuk UGD waktu itu mba tian. Aku udah deg degan aja waktu itu katanya kepalanya skait dan badannya dingin. Btw aku jadi salfok sama ikon yang kepentok palu wkwkwk

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah aku udah bebas dari vertigo, gak enak banget deh kalo kambuh. Bener sih kalo stres itu bikin vertigo kambuh, dulu waktu sibuk nguli aku sering kambuh. Jadi salah satu cara memang harus bisa memanage stress agar tidak muncul, hihiii

    BalasHapus
  19. Bude aku pernah nih kena vertigo. Ampun deh rasanya. Sampe tiduran pun nggak nyaman berasa berputar putar kenceng gitu. Sampe kasihan aku liatnya kalo vertigo nya kambuh.

    BalasHapus
  20. pusing biasa ajah udah gak enak, apalagi kalau vertigo. duh! btw teman mama saya kena vertigo. sampai izin gak masuk kerja sebulanan. dan walau udah istirahat di rumah tetap ajah rasanya belum berkurang

    BalasHapus
  21. Aku juga vertigo tapi gak sampai parah banget, waktu pertama kali tau ya ampun in irasanya bumi berputar terus ya.
    Penyebabnya banyak ya ternyata. Katanya kalo bangun tidur gak boleh lgs berdiri ya bisa kambuh juga vertigonya, tapi harus pelan-pelan, duduk dulu sebelum berdiri.
    Pokoknya harus istirahat dulu kalau lagi kambuh vertigonya ya.

    BalasHapus
  22. Saya pernah ngerasa pusing banget, muter-muter gitu, Teh...waktu itu lagi jongkok langsung tiba-tiba berdiri. Kirain itu gara-gara tekanan darah rendah. Ternyata bisa kemungkinan fertigo ya...

    BalasHapus
  23. Buat beberapa teman yang kena vertigo ini suka curhat kalau pas kumat sakitnya bukan main dan mereka lebih senang tidur padahal misal mau ngapa-ngapain jadi agak sulit.

    BalasHapus
  24. Kurang tidur iya banget, kadang aku begitu mba tapi aku nggak tahu nih kena vertigo apa nggak. Seringnya ngeraasain yang puyeng sungguh gitu. Semoga dengan tips dari mba Tian aku lebih bisa menjaga badan terutama memperbanyak minum air putih

    BalasHapus
  25. Aku dulu pengidap vertigo, mbak. Bahkan pernah dibopong bapak dari asrama ke RS hanya karena udah mau muntah ajah setiap dipakai jalan. Alhamdulillah, skrg udah ngga kumat2 lagi.

    BalasHapus
  26. Ibuku dulu kerap vertigo, teh...
    Lalu di terapi air hangat.
    Jadi kalau mandi, pakai air hangat. Kalau mulai kambuh, dikompres air hangat.

    Alhamdulillah~
    3 bulan terapi, sampai sekarang mudah-mudahan gak kambuh lagi.

    BalasHapus
  27. Duh, ingat waktu saya hamil suami tiba-tiba terkena vertigo padahal sebelumnya belum pernah Efek habis mendongak lama ngecat rumah waktu itu dan jadi rest seminggu. Gerakan tidak boleh mengasal, kalau gak mutar-mutar gitu. Mengganggu banget ya mb, vertigo tuh

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah banget pas kaapan acara bloggerday ada stress management yang buat hati jadi lapang. Lebih melakukan dengan penerimaan diri kita. Memang tidak boleh kita mempush diri.

    BalasHapus
  29. Mbaa, aku pengidap vertigo sejak sembilan tahun lalu :( Pas kambuh, ampun bangeet sakitnyaaaa :(

    BalasHapus
  30. jangan sampailah kena vertigo ini, harus menerapkan pola hidup sehat nih.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive