Cari Tahu Yuk Seperti Apa Ciri - Ciri Orang Yang Mengidap Bipolar Disorder

11.48.00

Bismillah, 

Memang harus kita semua akui, bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum terlalu familiar dengan istilah bipolar disorder. Penyakit bipolar disorder ini adalah sebuah kondisi gangguan mental yang bisa menyebabkan adanya perubahan mood yang sangat ekstrim. Penyakit bipolar disorder itu sendiri terbagi kedalam dua episode, yakni episode mania (bahagia) dan juga episode depresi (sedih). Meski kerap mengalami perubahan pada kedua episode mood tersebut, namun mereka masih tetap merasakan kondisi mood yang normal.



Saat si penderita bipolar memasuki episode depresi, ada beberapa kondisi mood yang akan mereka rasakan seperti kesedihan yang mendalam, merasakan tekanan hebat, kehilangan harapan, putus asa, hilangnya semangat untuk melakukan rutinitas sehari-hari, bahkan hingga ingin melakukan bunuh diri. Namun berbanding terbalik saat si penderita bipolar memasuki episode mania, dimana mereka tampak merasa lebih bersemangat dan penuh dengan gairah. Menurut para psikolog, perubahan mood tersebut bisa terjadi beberapa kali dalam setahun, atau seminggu dalam kasus yang lebih parah lagi. Selain dapat merusak hubungan pribadi, gangguan kejiawaan ini juga akan memicu beberapa kondisi seperti minimnya motivasi, penurunan produktivitas dalam pekerjaan, hingga yang terparahnya ingin bunuh diri.

Pada umumnya, penyakit bipolar disorder ini sering terjadi pada masa akhir remaja atau awal masa dewasa. Dengan kata lain, kebanyakan yang mengalami bipolar disorder itu adalah orang yang berusia 25 tahunan. Meski demikian, ada sebagian dari kalangan anak-anak dan orangtua yang mengalami penyakit bipolar disorder tersebut.


Ketika seorang yang mengidap penyakit bipolar, maka mereka akan memiliki perasaan emosional yang ekstrim serta terjadi pada suatu periode tertentu atau yang lebih disebut dengan kondisi “episode mood”. Dalam setiap episode mood ini biasanya akan menunjukkan perubahan drastis pada mood si penderitanya seperti terlihat sangat bahagia dan penuh semangat. Kondisi mood tersebut merupakan episode mania. Ketika pada episode depresi, maka si penderita bipolar akan menunjukkan suatu ekspresi kesedihan yang begitu mendalam serta kehilangan gairah hidup. Terdapat juga episode campuran, dimana episode mania dan episode depresi yang muncul dalam waktu yang berdekatan.


Ciri-ciri Bipolar Pada Episode Mania :
1. Sangat sensitive dan mudah tersinggung.
2. Susah tidur malam.
3. Nafsu makan yang tinggi.
4. Merasa terlalu bahagia dan penuh semangat.
5. Selalu bersikap gegabah dan kerap melakukan tindakan yang beresiko.
6. Mengalami penurunan dalam kemampuan untuk melakukan penilaian atau pembuatan suatu keputusan.
7. Selalu berbicara cepat dan mengubah topik pembicaraan dari satu pembahasan ke yang lainnya.
8. Sering melihat hal-hal yang aneh, serta sering mendengar suara-suara yang misterius.
Ciri-ciri Bipolar Pada Episode Depresi :
1. Hilangnya keinginan untuk melakukan rutinitas sehari-hari.
2. Merasa sangat bersedih dan kehilangan harapan pada jangka waktu yang panjang.
3. Sering mengantuk dan malas.
4. Merasa terlalu sadar diri dan sering minder.
5. Sulit untuk berkonsentrasi.
6. Rasa ingin mengakhiri hidupnya alias bunuh diri.
7. Nafsu makan yang berkurang.



Itulah beberapa ciri-ciri dari orang yang menderita bipolar disorder, yang tentu saja harus anda ketahui. Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit bipolar disorder, tentunya kita bisa segera berkonsultasi pada dokter atau ke psikater untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Alhasil, hal tersebut pun bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh penderitanya.




With Love ,


You Might Also Like

28 komentar

  1. Semenjak kasus Marshanda yang mengidap bipolar, saya jadi lebih aware lagi sama orang-orang di sekitar. Jangan sampai kita abai dan pengidap merasa depresi hingga bunuh diri. Terimakasih sudah membahas topik ini mbak. Kalau ada teman yang bersedia dituliskan pengalamannya mungkin akan lebih menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang hal ginian dianggap sepela dan lebay, ternyata dampaknya besar yah

      Hapus
  2. agak serem yaaa. td nya aku pikir apa aku mengidap ini, krn kadang2 aku cepet bgt bad mood, tp kemudian bisa dgn cepet happy lg. hanya saja memang ga meledak ledak seperti yg ditulis. kalo kata temenku, 'gemini mah emg suka beubah2 gitu' :p .

    memang yaaa ga bisa disepelein gitu aja bipolar ini paling serem kalo udh masuk ke bagian yg depresi sampe ingun bunuh diri gitu :(

    BalasHapus
  3. wah terimakasih informasinya, pernah denger sebelumnya cuma ga begitu tau secara detail.

    BalasHapus
  4. Kayaknya kalau udah ada tanda2 bipolar, mending langsung dirujuk ke dokter agar dapat ditangani dengan baik deh. Soalnya aku punya temen kayak gini, trus ya itu dicuekin dan dianggep lebay sama keluarganya, eeeh malah semakin parah & sekarang ya jadinya kasian.. informasi ttg bipolar jg harus lebih sering dishare kayak ini, karena banyak orang yg ngga ngerti sebenernya apa sih biploar itu :)

    BalasHapus
  5. Pernah mengalami beberapa gejala yg disebutkan jaman masih remaja dulu. Dan jaman dulu itu belum marak info2 kaya gini jadi ya dibiarin aja smpai sembuh sendiri. Gatau harus gimana lah. Untungnya ya sembuh.

    BalasHapus
  6. Kita semua memang sebaiknya harus mengetahui tanda-tanda ini. Kalau ada orang terdekat ada yang mengalami ini, semoga jadi bisa lekas ditangani

    BalasHapus
  7. Menarik banget nih infonya. Aq jadi makin penasaran, bipolar disorder ini penyebabnya apa? rasanya aq jg pernah mengalami fase2 begitu deh, tp nggak yakin kalau itu bipolar disorder, cara mengenalinya gmn ya? kudu ke dokter?

    BalasHapus
  8. Jadi ingat sama seorang artis ternama yg mengidap bipolar.. Dulu pas SD saya pernah punya teman yg sifatnya kayak orang bipolar. Hanya saja saat itu istilah bipolar blm populer..

    BalasHapus
  9. Duh serem juga ya penyakit bipolar disorder itu, apalagi kalau depresi. Aku baru tau tentang penyakit ini saat ada berita si artis dulu itu. Ternyata ciri-cirinya banyak juga ya, harus waspada dan segera konsul agar dapat segera ditangani secara tepat.

    BalasHapus
  10. Waahhh koq beberapa ciri bipolar itu kualami yaaaa hehehe.. tapi tenang aja, aku tidak depresi kok. Nggak semangat melakukan apapun karena habis sakit aja.

    Terus bantuan dari orang lain apa ya terhadap orang bipolar gini. Kadang kan yang bersangkutan sendiri tidak merasa mba.

    BalasHapus
  11. Setuju tentang informasi bipolar mesti disebarluaskan seperti ini biar orang2 lebih ngeh. Karena ini sepertinya sangat sering terjadi ya tapi ya gitu dianggap berlebihan atau drama deh yang ngalami mood episodenya. Huhu. Good sharing Mak :)

    BalasHapus
  12. Masa-masa remaja ini kadang emosi si anak sedang labil-labilnya ya. Jadi menjadi faktor terbukanya kondisi bipolar mungkin ya. Jadi, sebagai orang tua, saya ada banyak PR menghadapi anak pra remaja sampai remaja, mengenai masalah kejiwaannya.

    BalasHapus
  13. Aku langsung browsing lho mba, "Cara Mengatasi Episode Bipolar Disorder"

    Menurut situs hellosehatdotcom ada 3 cara untuk mengatasinya:

    1. Terapi obat-obatan
    2. Pengobatan psikologis
    3. Mengubah kebiasaan gaya hidup

    Selengkapnya bisa dibrowsing dengan kata kunci di atas ya, mba

    BalasHapus
  14. Waduh, semoga saya bukan termasuk golongan orang yang terkena penyakit bipolar disorder, karena saya susah tidur malam dan makan banyak hahaha.

    Mengerikan juga ya kalau dibiarkan begitu saja, karena udah sampai kayak putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya. Semoga kita jauh dari penyakit yang kayak gini.

    BalasHapus
  15. Tadinya aku nganggep aku ini bipolar mak *serius. Walau ternyata kenyataannya nggak, aku cuma kadang terlalu lelah aja urus rumah.

    Remaja ini ya yang kudu waspada. Semoha anak2 kita aman2 ae

    BalasHapus
  16. makasih sharenya mak tian. taun lalu aku smpe kepikiran apa aku ada bipolarnya. kok sedih berkepanjangan dg alasan yg menurutku sepele. waktu itu aku sampai pengin ke psikolog tp maju mundur dan akhirnya ga jadi.

    BalasHapus
  17. Kalau ngobrolin Bipolar Disorder ibu jadi keingetan sama seorang artis ya. Tapi sebenarnya Bipolar ini harus terus didampingi jangan sampai mereka merasa sendirian.

    BalasHapus
  18. Kadang dikira over reaction fluktuasi emosi penderitanya.Padahal mereka memang mengidap gangguan ya, memang mesti disosialisasikan terus bipolar disorder ini

    BalasHapus
  19. Teteeeh...kok pas banget siih...
    Aku baru aja beres nonton movie lamanya Jang Geun Suk, lalu searching nama doi karena uda lama banget gak liat aktingnya.

    Ternyataaa...
    Doi sedang mengalami bipolar disorder ini...tapi terpaksa ikut wamil juga, hanya bagian Pelayanan Masyarakat.

    Duuh...sedih yaa...

    BalasHapus
  20. Wah... 25 tahun masih termasuk terkena bipolar disorder ini ya mba. Cz kalau cek ciri-cirinya lebih mendekati remaja. Selalu berpikir positif agar tidak menderita ini.

    BalasHapus
  21. Penyakit atau kelainan seperti ini mungkin juga bisa diterapi secara ruhiyah ya Mak. Semisal sering mendengarkan ceramah agama gitu.

    BalasHapus
  22. Ngeri juga itu ya bipolar, dan baru tahu ciri-cirinya. Suka lihat yang aneh gimana teh. Hantu gitu ya

    BalasHapus
  23. Kok aku.ngeri ya baca ini.. Aku jadi.ngerasa bundaku ciri2 yg bipolar.mania.. Aku ga tahu pasti apakah ini atau faktor tekanan darah tinggi karena.mirip cirinya, cuma dulu beliau gak begitu

    BalasHapus
  24. Semenjak melihat yang dialami Marshanda, aku semakin yakin kalau bipolar dissorder ini ga bisa dipandang sepele. Jadi semakin was2 nih, krn anakku udah 9thn sekarang, itu artinya tidak lama lagi dia akan memasuki usia remaja yang emosinya up & down. Sepertinya pembekalan ilmu agama adalah salah satu cara untuk membuat anak terhindar dari BD ini.

    BalasHapus
  25. Terima kasih banget infonya, mbak. Jadi lebih paham sekarang tentang bipolar. Lonjakan emosi yang sering berubah ini ya yang bisa bikin kaget orang-orang sekitarnya.

    BalasHapus
  26. Bipolar ini sebenarnya dekat dengan kita, cuma gak tau istilahnya bipolar. Maka harus hati2 dan terus mengedukasi masyarakat tentang sakit yang tidak terlihat seperti bipolar ini.

    BalasHapus
  27. Informasinya tentang bipolar lengkap mba Tian, setidaknya bisa utk warning diri sendiri, apakah gejala2 tersebut pernah kita alami.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive