Berkunjung ke Pabrik AlQuran di Syaamil Quran Bandung

11.34.00

Assalamualaikum, 

Berkunjung ke pabrik Alquran di Syaamil Quran Bandung. Awalnya saya mupeng banget karena denger cerita neng Marwah yang dari sekolahnya sudah menyambangi pabrik Al Quran di daerah Babakan Sari Bandung. Neng Marwah antusias banget dan bilang ingin balik lagi ke pabrik Alquran. 



Jadi pas selesai seminar parenting academy bareng Abah Ihsan beberapa waktu lalu, saya punya kesempatan deh buat wisata Quran di Syaamil Quran. Setelah seminar selesai, kemudian sholat dan makan saya pun bersiap untuk ikut bersama rombongan lain untuk berkeliling ke percetakan. Saya merasa sangat antusias banget, kebayang ceritanya neng Marwah serunya berkeliling di pabrik Alquran. 

Tour wisata Al Quran dimulai dari ruangan desain grafis. Disini dijelaskan tentang beberapa cara pembuatan tulisan AL Quran, bagaimana layout halaman sampai penjelasan tentang menggambar animasi untuk berbagai keperluan Syaamil Quran melalui sistem komputerisasi. Kemudian dilanjut ke area penjualan Alquran, disini banyak banget Al Quran keren - keren dan didesain dengan keren, ada juga loh Al quran khusus untuk travel dengan cover yang keren banget. Untuk yang girly kayak saya *tsah* ada juga Alquran dengan cover yang cute warna pink. Madina Alquran ini covernya bisa dicuci loh, kalau kotor ya tinggal cuci. 




Oke, lanjut langsung ke area pabrik. Saya lupa siapa ya namanya tour guidenya hihih. Sang tour guide menjelaskan untuk area pabrik ini dibagi menjadi 4 bagian area besar. Pada area pertama disitu dilakukan proses pencetakan kertas dan juga pemotongan kelebihan kertas untuk Al Quran. Dilakukan pada mesin operasional yang dikhususkan untuk itu. Kemudian saya pun lanjut ke area ke dua, di area ini adalah proses pelipatan yang dilakukan oleh mesin secara otomatis, karyawan hanya memantau kinerja sang mesin. Terus lanjut ke bagian penjahitan, ini fungsinya supaya semua bagian atau halaman Al Quran bisa menyatu dengan sempurna dan pada bagian akhir itu adalah bagian penyortiran halaman Al Quran yang mana dilakukan secara manual oleh karyawan Syaamil Quran. Saya takjub juga sama yang cek in Alquran secara manual loh, tanda baca nya harus bener jangan sampai salah dan semua dicek secara manual. 





Lanjut memasuki are ketiga, area yang terdiri dari bagian proses pemasangan skiplat dan press boklem, disini tuh pembatas halaman bangian depan dan bagian belakang Al Quran dipasang plus penambahan tali pembatas. Kemudian disatukan dengan lem, dan semua proses itu dilakukan manual oleh para karyawannya. Semua karyawan yang memasuki area pabrik Al Quran ini harus selalu menjaga wudhunya, keren banget ya gaes. 







Lanjut ke area keempat, pada area ini proses pengecekan akhir atau quality control dan dilanjutkan pada proses pengemasan. Untuk proses packaging itu dilakukan dengan dua tahap, pengemasan awal memasukkan Al quran manual kedalam plastik dan kemudian di press dengan mesin yang panasnya banget loh supaya hasilnya bener - bener nge press banget. Setelah itu Al Quran siap didistribusikan dengan baik. 


Ternyata bener dong, seru banget ber wisata Alquran. karena banyak banget hal yang bikin takjub selama di Pabrik. Banyak sekali quotes motivasi islami yang ditempelkan sejauh mata memandang di setiap area pabrik. 



Alamat Syaamil Quran :
Jl. Babakan Sari No. 71
Kiaracondong – Bandung 40283
Telp : 022-7208298



Wassalam,


Tian lustiana 

You Might Also Like

30 komentar

  1. Subhanallah salut sama karyawan yg cek manual satu per satu, asik juga ya teh berwisata Al-Quran semoga dapet kesempatan juga buat kesana aamiin

    BalasHapus
  2. Waaah subhanallah sekali yaa, gatau kenapa liatnya jd bikin merinding deh..

    BalasHapus
  3. keren2 karyawan disana, harus cek tanda baca Al-Quran secara manual. Ajakin aku kesana kaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener Fir mereka keren banget deh, yuk kapan - kapan kita kesana

      Hapus
  4. MasyaAllah baru tau ternyata Syaamil ada di Bandung... Kukira jauh dimana... Salut sama karyawan karyawannya. Semoga lelahnya lillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di jalan Babakan Sari Kiaracondong, yuk ajakin temen - temennya wisata Quran

      Hapus
  5. Subhanallah ... prosesnya detail sekali, cek tanda baca Al-Qur'an memang harus diprioritaskan karena salah dikit nanti artinya bakalan beda, thanks for sharing teh :)

    BalasHapus
  6. Ini keren ya pabrik nya. Ga disamakan dengan percetakan buku biasa. Kesucian al-Qur'an dijaga dengan wudhu nya para karyawan

    BalasHapus
  7. Subhanalloh pengen banget k sana,... Keren teh

    BalasHapus
  8. Subhanallah teh, aku juga pengen banget ikutan factory visit gini. Salut sama karyawannya yang selalu menjaga wudhunya dan ngecek al-Quran nya secara manual..

    BalasHapus
  9. masya Allah, beruntung yang kerja disana ya teh :" amalnya mengaliir

    BalasHapus
  10. Masya Allah kesempatan emas bisa mengunjungi pabriknya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Ra agendakan wisata Quran bareng BHB

      Hapus
  11. Subhanallah..
    Btw gak kebayang sm yg ngeceknya.. luar biasa matanya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah berikan kekuatan pada matanya biar sehat selalu untuk ngeceknya, Masya Allah

      Hapus
  12. Subhanallah kayaknya seru banget yaa main kesini bisa nambah ilmu juga
    Baru tau kalo Syaamil ada di Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siapa saja bisa kok wisata Alquran ke Syaamil

      Hapus
  13. Produk syamil gk cuma berkah...design cover Al-Qurannya juga manis2. Cucooo buat dijadiin gift :)

    BalasHapus
  14. ini pabriknya deket sama klinik aku whehe

    BalasHapus
  15. Aku punya Al-Qur'an Madina yang aku emang suka bangeeet eh ternyata di produksi sama pabrik kece ini, masya Allah para karyawannya semoga selalu barokah pekerjaannya

    BalasHapus
  16. Aku pun pake Al Quran Madian..
    Insyaallah ladang pahala buat para karyawan

    BalasHapus
  17. iya bener banget bunda sangat seru.

    Malah daoat ilmu berharga lewat pengalaman berkunjung kesana.

    Dua kata buat sharing pengalaman ini bunda: Luar Biasa

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla