Festival Thaipusam di Batu Caves, Kuala Lumpur

Assalamualaikum, 

Ada yang pernah menyaksikan festival Thaipusam?


Festival Thaipusam ini adalah festival tahunan yang selalu dilaksanakan di sekitaran Batu Caves, Kuala Lumpur. Temen - temen kalau mau ke Batu Caves dari Kl Sentral sih tinggal naik komuter aja, gak sampai 30 menit sudah sampai kok.

Festival Thaipusam

Di Batu Caves merupakan gua, gua yang didalamnya itu ada kuil, kuil untuk umay Hindu India Tamil beribadah, seputar Batu caves saya pernah juga nulis diblog ini, temen  - temen bisa baca aja ya kalau memang penasaran sama Batu Caves.

Festival Thaipusam

Back to Thaipusam ya gaes. 

Thaipusam ini adalah festival yang diadakan oleh orang India Tamil sebagai perayaan untuk merayakan kemenangan  Dewa Murugan yang sudah berhasil mengalahkan tentara Iblis. Dewa Murugan itu adalah Dewa Perang, anaknya Dewa Siwa dan Parvati. Jadi ceritanya itu dulu pas banget di hari Thaipusam, Dewa Murugan berhasil mengalahkan tentara iblis Tarakasura menggunakan senjata pusaka yang berbentuk tombak (vel) yang merupakan pemberian Dewi Parvati. 


Festival Thaipusam

Januari 2018 lalu saya berkesempatan untuk menyaksikan festival Thaipusam itu. Batu caves yang biasanya sepi menjadi ramai dengan lautan orang India Tamil dengan menggunakan pakaian kuning, suara lagu - lagu India ikut meramaikan. Pas keluar dari Komuter saja sudah bisa saya cium  bau dupa dan sudah terdengar hingar bingar tabuhan kendang khas India itu. Di Komuter memang terlihat banyak orang India yang sudah rapi dan siap melakukan berbagai ritual keagamaan mereka di Batu caves. Ada banyak orang India yang menggunakan semacam bubuk berwarna putih dijidat dan bubuk berwarna kuning di kepala mereka.

Festival Thaipusam

keluar dari Komuter pun terasa sesak, padahal kata temen saya kalau tidak ada festival tidak seramai ini. Bayangkan saja ada banyak sekali orang India ditambah lagi para turis yang memang penasaran sama festival Thaipusam, kebayang kan penuhnya?

Festival Thaipusam



Festival Thaipusam
Seorang Pria dari India Tamil membawa Kavadi (Cavadi) 



Festival Thaipusam
Wanita India Tamil dengan bejana berisi susu diatas kepalanya 

Sesampainya disana, saya melihat ada yang melakukan ritual seperti guling - guling gitu. Seorang wanita menggulingkan dirinya ditanah, katanya sih itu adalah salah satu penyucian yang dilakukan warga India Tamil untuk menghapus dosa. Ada juga yang pria memanggul Cavadi yang berat dengan beberapa tusukan vel (tombak) kecil pada bagian tubuhnya, pada bagian pipi dan lidah bahkan saya lihat ada juga yang ditusuk bagian punggung dan dada kemudian diberikan kail yang ada bandulnya katanya sih bandul ini diberikan buah - buahan atau bejana kecil yang isinya susu. Mereka menaiki 272 anak tangga Batu caves sambil membawa bejana susu diatas kepalanya, keren yah. Oiya mereka tidak mengenakan alas kaki.

Menusukkan Vel (Tombak) pada bagian tubuhnya 

Selain untuk penghapusan dosa, Thaipusam ini digelar supaya keinginan tercapai dan dikabulkan sang dewa.

Semoga next year saya bisa menyaksikan lagi festival Thaipusam, aamiin.



Wassalam,


Tian lustiana 



50 comments:

  1. Mba, ini festivalnya tiap tahun tanggal berapa? menarik untuk dilihat sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih antara 19 - akhir januari , tapi saya kurang tau detilnya

      Delete
  2. Temen-temen yang di Batam sering banget nunjukin pernah ke sini. Dan lucky you banget ya Mbak, pas ada kegiatan di sana. Seumur-umur baru ini saya lihat foto-fotonya. Btw maaf ni Mbak, itu maksudnya Januari 2018 kah dirimu pernah ke sananya? Di tulisan ini saya bacanya 2019.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa seneng banget pas acara festival gini jadi rame, duh maaf saya typo harusnya 2018 ya, makasih koreksinya mbak Ika

      Delete
  3. Aku belum... Tapi itu kan budaya India tapi di Malaysia, menggambarkan kekompakan negaranya yaaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa itu warga India dari berbagai daerah kumpul semua disitu katanya, jadi rame banget

      Delete
  4. Aku belum pernah liat teh, soalnya belum pernah ke KL hihihi
    Jadi tahu deh dari blognya Teh Tian.

    Kok aku jadi ngilu gini deh liat gambar yang ditusuk besi itu. Apalagi yang dibadan itu bandul buahnya berisi susu. Mana melewati anak tangga yang banyak pula. Luar biasa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya luar biasa banget, akupun ngilu banget lah pokoknya mah

      Delete
  5. Rame banget, kapan aku ke sana ya? :))). Harus tanggal-tanggal khusus ya ke situnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya sih januari akhir rame mah

      Delete
  6. Jadi kapan kita ke sini, Kak? XD

    ReplyDelete
  7. Waah, seru banget bisa menyaksikan festival thaipusan, saya pas ke bau caves sepi, ngagk ada festival hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya festival adanya setiap januari akhir gitu katanya teh

      Delete
  8. penasaran saya kepengen ke sana, tapi harus bikin paspor dulu nih

    ReplyDelete
  9. wah menarik banget ya
    aku selalu penasaran sama perayaannya org India apakah se meriah di film2 india kah?
    apalagi ini di malaysia , ternyata bener meriah bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perayaan orang India itu meriah

      Delete
  10. wih, Batu Caves pas ada Festival Thaipusam jadi semakin ramai ya mbak.
    menarik nih, baru tau soal festival ini, walau ada ngeri2nya liat tombak menancap di wajah :'
    terima kasih sudah sharing, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngeri yah, hehe tapi seru sih liatnya. Hingar bingar khas India

      Delete
  11. seru banget..bisa mengenal tradisi budaya lainnya..tiap tanggal berapa bulan apa ya mbak..soalnya pas ke sana dulu gak pas ada moment ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru banget, kl mau pas momen ini disarankan datang pas januari

      Delete
  12. Wiihh ini Batu chaves yang ngehits itu.. tahun depan mau ikut ya teh kesana 😁

    ReplyDelete
  13. Seru juga ya di malaysia kita bisa menemukan kebudayaan india. Jadi gak perlu jauh jauh ke india nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak disana orang India yang budayanya masih kental banget

      Delete
  14. Itu Batu Caves kayak bukit yang terbelah ya Mba, eh tapi gua ya? Ini festival berapa taun sekali Mba?

    ReplyDelete
  15. Duh, ngilu bgt liat yg ditusuk-tusuk... Tp seru ya...

    ReplyDelete
  16. Aku pernah juga ikutannonton Thaipusam kak. tapi kalau mau yang lebih ekstrim cobain ke Cap Gi Meh. Sama juga sih ada nusuk nusukin gitu tapi lebih ekstrim lagih hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lebih ekstrim? saya jadinya ngilu itu aja

      Delete
  17. Batu Caves, tempat wisata yang terkenal di Malaysia, ya...pasti banyak wisatawan di sana. Apalagi ada Festival Thaipusam, wah tambah ramai pastinya.

    ReplyDelete
  18. Ah Tian mah. Ngabibita deui. Ajak-ajak atuh ya nanti mah. Wkkwwkk

    ReplyDelete
  19. Aamiin, semoga next year ksana lagi ya teh. Doain juga aq bisa kesana teh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mudah2an secepatnya yaaa

      Delete
  20. Waktu ke batu caves aku malah lebih fokus sama bapak-bapak yang ngasih makan burung-burung. Bagus banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kasi burung juga asik ya, burungnya banyak

      Delete
  21. Belum pernah ke KL juga... Menarik, jadi pengen lihat. Semoga bisa ke sana ya Teh...

    ReplyDelete
  22. Penasaran sama Dewi Parvati. Itu bejananya kayak dari besi ya, Teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepertinya itu bejana besi deh, ya lumayan lah naik 272 tangga sambil bawa bejana isi susu yah ehhe

      Delete
  23. Wahh kok seru, suasananya kayak di Thailand banget keren ih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah, hehe banyak orang India

      Delete
  24. Such a legendary place. Pernah ke malay tp sayang banget belum peernah ke tempaaat inii..... Jadi pengen bgt kesana :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next kalau ke malaysia wajib ke Batu Caves yah hehe

      Delete
  25. Pas banget ya, Teh. Ke KL pas lagi ada festival. Duh itu orang yang masukin tombak, ngeri euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngeri banget, hehe tapi rame sih banyak orang India

      Delete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Powered by Blogger.