Inilah Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Orang yang Hidup dengan Satu Ginjal

Assalamualaikum, 
 
"Kasian ya ibu itu mah ginjalnya tinggal satu"

Beberapa waktu lalu saya denger obrolan ibu - ibu deket rumah yang ngomongin seseorang yang habis operasi ginjal, sekarang ginjalnya tinggal satu. Katanya sih sebelumnya punya penyakit gagal ginjal yang mengakibatkan ginjalnya harus diambil dan disisain deh satu ginjal. 


Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena fungsi dari ginjal dalam melakukan filterisasi mengalami penurunan bahkan terus berlanjut hingga tidak dapat melakukan fungsi tersebut sama sekali. Organ ginjal yang berfungsi utama dalam melakukan proses penyaringan dalam peredaran darah manusia ini, memang memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam menyaring berbagai elektrolit yang masuk dalam tubuh, untuk kemudian dipilih dan kemudian dikeluarkan elektrolit yang memang tidak memberikan dampak positif bagi tubuh dalam bentuk pembuangan urine. Jika fungsi ini berkurang maka sangat dimungkinkan bagi para penderitanya akan mengalami beberapa gangguan penyertaan karena memang fungsi filterisasi dari ginjal tersebut menurun dengan cukup signifikan.

Jika dalam tubuh seseorang ginjal tidak dapat lagi berfungsi dengan sempurna, maka beberapa treatment kesehatan pun secara rutin harus dilakukan, salah satu yang kerap kita dengar adalah treatment pencucian darah. Treatment ini penting untuk dilakukan, agar darah yang mengalir dalam tubuh tetap terjaga kebersihannya dalam jangka waktu tertentu sampai pada treatment serupa selanjutnya dilakukan. Alat pencucian darah yang memang khusus diperuntukkan bagi para penderita gagal ginjal ini, merupakan alat yang berfungsi sebagai pengganti ginjal dalam melakukan proses filterisasi pada system peredaran darah manusia.
Mengingat ginjal pada manusia terdiri dari 2 buah, maka jika ginjal yang mengalami kerusakan hanya pada satu bagian, maka orang tersebut masih dapat bertahan hidup dan menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya hanya dengan menggunakan satu ginjal. Namun dalam menjalani hidup dengan satu ginjal ini, beberapa perhatian khusus dan ekstra memang harus diterapkan, agar nantinya ginjal yang masih bertahan tidak terganggu kembali fungsinya. Berikut ini beberapa hal yang memang harus diperhatikan dengan seksama oleh orang yang hidup dengan satu ginjal, yang antara lain adalah:

Menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung banyak garam dan lemak tak jenuh, serta mengganti makanan dengan berbagai jenis makanan rendah garam yang memiliki serat tinggi didalamnya.

Menghindari untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat karena hal tersebut akan memberikan tekanan yang memang dapat merusakkan berbagai anggota tubuh lainnya.

Secara rutin melakukan konsultasi dan pengecekan kondisi kesehatan pada tenaga ahli kesehatan yang memang terbiasa menangani kesehatan tubuh Anda.


Penyakit gagal ginjal sendiri biasanya akan dapat muncul dalam diri seseorang karena kebiasaan buruk yang mereka miliki. Gagal ginjal sendiri pada awal mulanya terjadi karena adanya penumpukan ataupun sedimentasi kotoran pada saluran buang ginjal menuju kandung kemih. Sedimentasi inilah yang mengharuskan ginjal untuk bekerja terlalu keras dan pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan pada bagian ginjal itu sendiri.

Jika kerusakan ataupun gagal ginjal terjadi pada kedua bagian ginjal treatment pencucian darah secara teratur memang sangat disarankan untuk dilakukan oleh penderita. Treatment ini akan membantu tubuh Anda memperoleh aliran darah yang bersih dan terhindar dari berbagai toksin ataupun racun yang masuk dalam tubuh. Proses pencucian darah yang harus dilakukan oleh para penderita gagal ginjal ini, biasanya akan dilakukan dengan intensitas waktu sesuai dengan pengarahan dari ahli kesehatan yang menangani mereka.

Jika memang treatment pencucian darah sudah tidak dapat dilakukan lagi, biasanya dokter akan menyarankan bagi para penderita gagal ginjal untuk melakukan pencangkokan ginjal, tentunya dengan berbagai prosedur dan ketentuan khusus yang memang menjadi aturan dalam proses pencangkokan ginjal. Proses pencangkokan ginjal ini tentunya haruslah dilakukan dengan mencocokkan terlebih dahulu dengan kondisi dan situasi dari pasien pengidap gagal ginjal tersebut.

Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua yaa temen - temen, semoga kita semua selalu sehat, aamiin. 



Wassallam,

Tian Lustiana 







1 comment:

  1. kalau sudah ginjal satu, memang susah mbak. makanan semua harus di takarin. apa lagi minum.

    apa lagi sudah masuk kecuci darah . :( sama kayak ayah saya .

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Powered by Blogger.