Faber-Castell Colour to Life, Perpaduan Seni Konvensional dan Teknologi Digital

09.59.00

Assalamualaikum,

" Bu beliin aku buku mewarnai dong bu"

Saya agak sedikit mengernyitkan dahi mendengar permintaan neng Marwah. 

" Buku mewarnai? pensil warna kali de" 

" Buku mewarnai ibu, sepaket sama pen warna nya juga" 

Ya, karena yang saya tau itu pensil warna dan spidol conector dari faber-castell plus pensil 2B yang buat ujian itu, ini anak malah minta buku mewarnai. 



Ternyata saya yang kudet loh gaes, neng Marwah ternyata update banget. Karena kebetulan neng Marwah itu suka banget menggambar dan mewarnai, beda sama saya yang kurang suka mewarnai apalagi menggambar, haha. Neng Marwah bilang bahwa sekarang tuh Faber-Castell bukan hanya pensil warna tapi juga ada buku gambarnya yang sepaket sama pen warna nya.



Faber-Castell Colour to Life,inilah yang neng Marwah maksudkan. Jadi Faber-Castell ini kembali melakukan inovasi dengan pen warna nya itu, bukan hanya menghasilkan warna - warna yang keren namun juga membuat gambar hidup dan membangkitkan imajinasi anak dengan gambarnya yang berubah menjadi 3 dimensi gitu, keren. Untuk menghasilkan gambar 3D nya ini diperlukan aplikasi yang harus diinstall terlebih dahulu pada gawai / gadget, wah ini bisa mengasah kreativitas dan imajinasi anak ya. 


Faber-Castell Colour to Life
Jadi, Faber-Castell Colour to Life ini tuh adalah pen warna yang bisa digunakan menggambar dan mewarnai terus setelah selesai bisa menjadi 3D dengan menggunakan aplikasi di gadget.




Wah ini artinya mewarnai kini bukan hanya monoton diatas kertas saja dong namun juga bisa dimainkan melalui gadget, mengingat zaman now itu gadget agak susah dijauhkan pada anak - anak, meski sebenernya saya dan neng Marwah ada perjanjian menggunakan gadget, menggunakan gadget hanya hari jumat sore dan sabtu saja. Tapi sekarang ketika neng Marwah minjem gadget buat main Faber-Castell Colour to Life ini saya kasi ijin saja karena masih dalam pengawasan juga. Gapapa deh main gadget diluar hari yang sudah disepakati asalkan untuk main Faber-Castell Colour to Life ini saja, jadi imajinasi neng Marwah bisa dikembangkan juga. 


Inovasi dari Faber-Castell ini menurut saya sih keren banget yah, bukan sekedar mewarnai namun juga bisa mengasah kreativitas dan juga imajinasi anak. Karena bermain Faber-Castell Colour to Life ini anak - anak pun mampu menjadi subjek, jadi ga jadi objek permainan saja. Anak - anak bisa diarahkan ke dunia digital itu dengan memegang peran yang sudah anak - anak warnai, jadi bisa juga diartikan anak - anak menjadi kontributor dalam permainan Faber-Castell Colour to Life ini. Dipadukan dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang nantinya bakalan mengubah gambar yang sudah diwarnai anak menjadi gambar 3D yang seolah - olah bergerak dan bisa bermain bersama anak. Anak - anak jadinya bisa menjadikan karakter yang sudah ia warnai itu menjadi subjek dalam game Faber-Castell Colour to Life. 


Dalam Paket Faber-Castell Colour to Life ada apa aja?dan belinya dimana? 

Dalam Faber-Castell Colour to Life paket ini ada buku gambar yang isinya 15 halaman gambar yang belum diwarnai nanti setelah diwarnai bisa menjadi 3D, terus ada 20 pen warna conector gitu yang siap dipakai untuk mewarnai gambar - gambar. Dibagian sisi gambarnya itu ada bingkai yang digunakan untuk scanning, fungsi lainnya sebagai conector pens. 


Untuk beli seperangkat Faber-Castell Colour to Life ini bisa dibeli disemua jaringan Gramedia dan toko buku terdekat di kota - kota besar, kalau mager alias malas gerak kayak saya enaknya sih beli online di official store Faber-Castell nya aja langsung di Tokopedia . Dibanderol dengan harga sekitar 119ribuan. 



Jenis permainan dalam buku Faber-Castell Colour to Life 

Dalam buku gambar Faber-Castell Colour to Life ini ada lima games (permainan), yang mana setiap permainan itu memiliki karakter dan juga manfaat tersendiri. Apa saja sih jenis permainannya itu? 



  • Giddy up , permainan ini mengarahkan anak untuk berpacu sejauh - jauhnya namun harus tetap berhati - hati pada setiap rintangan yang menghadangnya. 
  • Pogo Boy, permainan  pogo stick namun anak harus lebih hati - hati jangan sampai terjatuh ke dalam air. 
  • Safe flight, permainan mengendarai pesawat dan harus ekstra hati - hati terhadap awan - awan. 
  • Dress up challenge, permainan ini sangat saya sukai haha karena bisa mendandani manekin bersama - sama dengan sang princess (putri) lalu saya harus mengingat kembali, lumayan nih bisa ngasah ingatan.
  • Balance your Brain, permainan ini mengasah otak juga karena disuruh menyamakan tulisan dan juga menyamakan warna yang ada pada gambar. 
Dari kelima jenis permainan itu, bukan permainan biasa saja namun memang dirancang untuk memiliki manfaat untuk tumbuh kembang anak juga loh, diantaranya adalah : 
  • Mampu melatih koordinasi antara tangan dan juga mata anak
  • Mampu melatih kemampuan motoriknya anak
  • Meningkatkan konsentrasi dan juga perhatian 
  • Mampu melatih refleks juga 
  • Melatih ketajaman ingatan anak
  • Menstimulasi koordinasi antara otak kiri dan juga otak kanan pada anak
  • Meningkatkan kecepatan berpikir
Wah oke banget kan manfaat dari permainan yang ada di Faber-Castell Colour to Life , jadi bermain gadget masih berfaedah yah. Mewarnai sambil bermain dengan teknologi Augmented Reality. 

Lantas gimana nih cara menggunakan Faber-Castell Colour to Life ini? 


Sebelum memainkannya hal yang paling utama adalah membeli Faber-Castell Colour to Life, kalau sudah kemudian download aplikasi Colour to Life nya. Sudah? Oke sekarang mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya yah. 



  1. Warnai Gambar. Pada tahap ini mari kita mewarnai gambarnya, saya dan neng Marwah berebut loh haha untuk mewarnai gambar. ASik loh mewarnai setiap lembar gambar nya dengan menggunakan connector pen warna yang sudah tersedia, meskipun asik mewarnai ingat nih jangan sampai bingkai yang ada disekeliling gambar nya diwarnai, kalau diwarnai tar susah pas mau scan nya. 
  2. Scan. Setelah selesai mewarnai sekarang cus kita scan, siapkan gadget yang sudah diinstall aplikasi kemudian kasi jarak sekitar 30cm an diatas gambar yang sudah diwarnai, dan pastikan seluruh halaman plus frame sudah tertangkap dalam layar gadget. Sesuaikan dulu fokusnya terus tunggu sampai layar nya berwarna hijau kemudian karakter dalam gambar akan seolah - olah hidup. 
  3. Interaksi , setelah gambar discan menggunakan gadget maka gambar akan seolah - olah hidup, kita bisa menyentuh karakternya untuk bermain dan berimajinasi. 
  4. Take Selfie. Saatnya selfie, sentuh kamera yang ada disebelah kanan layar untuk masuk ke mode foto nya, nah nanti disana kita bebas mau memperbesar ataupun memperkecil karakter, mau dibuat gerak atau mutar - mutar karakternya juga bisa, bebas mau menggunakan kamera depan ataupun belakang. Jangan lupa ambil selfie yang banyak ya gaes. Kan lucu bisa selfie sama karakter - karakter yang ada di Faber-Castell Colour to Life. 
  5. Lets play the games. Kini saatnya bermain, setelah proses scan selesai langsung deh tekan tombol play the game. Warna pada setiap karakter yang akan dimainkan itu tergantung pada hasil perwarnaan yang kita lakukan sebelumnya. Masing - masing karakter itu memiliki bentuk permainan yang beda. 

Asik kan gaes bisa mewarnai karakter yang nantinya bisa dimainin juga bahkan bisa diajakin selfie, love it. Faber-Castell Colour to Life ini tuh ga cuman oke buat anak tapi bisa jadi stress release juga buat orang tua loh.



Yang saya sukai adalah neng Marwah bisa memainkan Faber-Castell Colour to Life ini berulang - ulang sesuka hati dia tanpa khawatir kuota internet abis hehe karena permainan ini tuh ga perlu akses internet, jadi kuota hanya dibutuhkan ketika download aplikasi diawal saja.

Thanks Faber-Castell untuk inovasi keren ini, bonding antara anak dan ibu pun akan terjalin lebih kuat lagi karena bisa mewarnai bersama dan bermain bersama kan.


Memainkan Faber-Castell Colour to Life ini juga bisa dijadikan ajang quality time bareng anak nih, kayak saya yang kerja begitu liburan dan ga pergi kemana - mana saya main Faber-Castell Colour to Life ini aja bareng neng Marwah, ga bosenin juga karena bisa bermain imajinasi sesuka hati.

Untuk lebih lengkapnya , temen - temen bisa langsung tonton saja video ini :






Buruan beli dan mainkan , rasakan keseruannya plus rasakan juga meningkatnya mood dan kreativitas. 


Wassalam,

Tian lustiana 

You Might Also Like

84 komentar

  1. Ngga usah anak2, anak gede kyk aku aja suka main ginian hahahhaha ngelepas stress bgt, udah gitu bisa main2in 3Dnya dgn norak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya jadi asik sendiri mainin 3D nya yah haha

      Hapus
  2. Wah Neng Marwah seneng mewarnai ya... keren deh hasil mewarnainya. Asyik ya setelah mewarnai bisa muncul 3D nya :)

    BalasHapus
  3. Hihi jangankan anak, saya juga suka banget Teh sama Colour to Life ini kerennnn

    BalasHapus
  4. aku seneng main yang loncat-loncat. itu bisa mengasah refleks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pogo boy yah? asik banget emang mainin itu

      Hapus
  5. Ini sih bukan cuma mainan buat anak-anak, aku juga minat. Selama ini kerjaan gambar atau desain dengan mewarnai itu sudah jadi keseharian aku jadi agak-agak menurun unsur fun nya, perlu sedikit dinaikkan lagi levelnya biar semakin semangat dan hidup lebih berwarna ya. Faber castel colour to life ini jadinya juga bisa buat kado ke anak-anak ya supaya mereka mainnya lebih kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang untuk tua dan muda kali yah biar pada happy

      Hapus
  6. Anakku jangan ah main gadget, mamaknya aja kayanya seru hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat kalau anaknya ga dikasi main gadget nih, keren

      Hapus
  7. Keren ya. Kegiatannya sih mewarnai. Tapi ada plus-plusnya. Ini mah alamat anak jadi nggak bosan kalau dikasih kegiatan beginian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya anak jadi ga bosen dan ga main gadget melulu

      Hapus
  8. kalau kayak gini mah kayaknya aku sebagai ibu-ibu juga alamat betah mainan kayak gini hahaha.. kadang aktifitas mewarnai bisa bikin aku hepi dikala penat akan aktifitas..

    BalasHapus
  9. jaman now teknologi makin tak terbatas ya perkembangannya.
    asa nggak kepikiran gitu bikin buku gambar yang bisa dimainkan di aplikasi, haha

    BalasHapus
  10. Waaaah... Asik bangeeet. Kayanya harus punya nih buat melatih kreatifitas Aden sama Bayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar main gadget rasa berfaedah gitu hahah

      Hapus
  11. Duh ternyata aku juga kudet nih mba, aku baru tahu kalo ada permainan yang karakternya hasil kita maewarnai, dan canggihnya... Mewarnainya tetep di atas kertas, permainannya di atas gadget..

    Neng marwah pasti happy banget tuh..

    BalasHapus
  12. Waah bener banget main ini aja udah bikin hati happy banget ya teh, saya pun begitu. Neng Marwah pinter gambarnya bagus bagus πŸ™‚❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin happy banget ini permainannya, hehhe

      Hapus
  13. Mau dong diajarin, mupeng banget bikin gambar 3D kya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah diajarin ni mah, beli aja Faber castell colour to life nya

      Hapus
  14. keren nih faber castell, selain produknya keren2, ada juga game interaktifnya, mewarnai jadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  15. Duh, keren banget ya. Anak-anak pasti suka banget ini. Membuat aktifitas mewarnai jadi lebih seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi seru karena bisa berimajinasi langsung

      Hapus
  16. inovasi keren dari faber castel nih :)

    BalasHapus
  17. Keren ya Faber Castell. Bikin. Teknologi yang menghibur banget. Gak cuma anak-anak yang suka. Ortunya juga jadi ketagihan. Rebutan deh di rumah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget teh, orang tua juga suka dan ketagihan haha

      Hapus
  18. Memang yah kesukaanku sama sahabatku mah sama, mewarnai 😍😍 #sahabatMarwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah iya nanti kita mewarnai bersama aja yaa sama Marwah haha

      Hapus
  19. Kemarin telat konfirmasi email ini. Hiks sedih bngt padahal anakku suka bngt mwarnai dah gitu bs 3 dimensi lagi y klo pake hp.. untungnya dirumah ada lsg download nih jadi mrwarnainya skrang tmbah smngat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi bahagia anaknya yah kalau mewarnai dan memainkannya langsung gitu

      Hapus
  20. Lucuuu jadi kepengen beli dan dunlud aplikasinya jg. Anak2ku suka mewarnai mbak, kalau ada animasi2 3D kyk gtu pasti tambah semangat mewarnainya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buruan beli dan jangan lupa donlod aplikasinya juga

      Hapus
  21. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up! from http://halloweendayusa2018.com/

    BalasHapus
  22. Jangankan anak-anak orang dewasa juga happy banget bisa melihat hasil mewarnainya terlihat hidup! keceh bener ini faber castle

    BalasHapus
  23. Waaah keren juga ya Teh ini Faber-Castell Colour to Life ini, kayanya bisa jadi ide kado buat ponakan saya yang bentar lagi ultah nih karena dia juga suka sama memggambar dan mewarnai.

    BalasHapus
  24. Jangankan Neng Marwah, aku aja asyik mewarnai & mainin karakter gamenya, hehehe seru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sama, ibunya juga seneng mewarnai sampe rebutan

      Hapus

  25. Marwah udah gede ajaaaa <3

    Serunya mainan ini jadi pengen :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa tante Zah, udah kelas 4 loh sekarang hehe

      Hapus
  26. Ternyata seseru itu produknya,wadaw jadi pengen coba

    BalasHapus
  27. Inovasi yang keren dari Faber Castell, dan aku juga kurang update sepertinya mengenai ini. πŸ˜…

    BalasHapus
  28. Inovatif sekali ya.. Anak2 pasti suka nih maininnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan hanya anak, ibunya juga suka banget

      Hapus
  29. Dari dulu memang percaya dengan faber castell..

    BalasHapus
  30. Aku pun sudah mulai menyukai dan rebutan dengan anak, bikin penasaran juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga kadang suka rebutan pengen warnai wkwkkw

      Hapus
  31. Anak-anakku juga sekarang mewarnai pakai ini,, praktis mereka bisa beraktifitas mewarnai sekaligus main games yang seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya main games nya seru banget plus bisa selfie juga

      Hapus
  32. Anak. Sekarang lebih update ya, tau semua barang yg kekinian

    BalasHapus
  33. Aku lg mikir nih klo 15 lembar lembar mewarnai smuanya udh di pake, gimana ya. Garing lagi dong huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya haha paling main - main doang sama selfi aja sampe bosen ekkwkwkwk

      Hapus
  34. Kesenengannya neng Marwah ternyata sama nih dengan anak-anakku. Mereka juga seneng banget mewarnai, dibeliin buku mewarnai cepet banget habisnya karena diwarnai bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya anak2 jadi seneng mewarnai dan berimajinasi

      Hapus
  35. Serunya ya neng Marwah menggambarnya, berasa hidup jadinya ya gambarnya

    BalasHapus
  36. aku doyan banget menggambar dan mewarnai dulu,, gak tau kalau sekarang faber castle udah secanggih ini ngikut perkembangan generasi milenial ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya canggih sekarang, memadukan dengan halus nih perpaduan teknologi dan konvensional

      Hapus
  37. Nah bener, perpaduan konvensional dan digital ya. Tetep dengan gawai, tapi juga bikin otak dan tangan kreatif

    BalasHapus
  38. Wihh canggih ya mba. Kalo zaman kecil dulu mewarnain ya mewarnain aja di kertas gitu. Sekarang sudah terkoneksi juga dengan teknologi 3D yg super ntap lah ^^

    BalasHapus
  39. Teh Tian, aq salah fokus sama karakter yg pake jilbab itu lho. Gemesin banget sih.

    Btw aq juga udah nyobain colour to life, beneran seru. (^o^)δΈΏ

    BalasHapus
  40. Wahh mantep nih mewarnai zaman now..
    Udah pake teknologi 3D..

    Keren artikelnya..

    BalasHapus
  41. Emang keren ya, jangankan anak2, saya jg suka :D

    BalasHapus
  42. pokoknya kalo anak minta dibeliin buku belikan saja itu tanda rasa ingin tahunya tinggi

    BalasHapus
  43. Wkwkwk.. udah basi y teh.. maap baru komen XD

    Buku gambarnya udh awut2an tp spidol emak yg amankan, buat emak :D

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla