Inilah Yang Perlu Di Ketahui Tentang Harga APAR (Alat Kebakaran) 2017 Dan Juga Seluk-beluknya

16.07.00

Assalamualaikum, 

Kebakaran, ih bayanginnya aja udah serem ya kan? Iya, kebakaran itu sangat - sangat ditakuti banyak orang. Kalau kebakaran sudah melanda, bukan hanya harta namun nyawa menjadi taruhannya, ih semoga ktia dijauhkan dari marabahaya kebakaran,aamiin.  Oleh karena itu perlu banget deh antisipasi agar kebakaran jauh - jauh. Cara mengantisipasi kebakaran sendiri sangat banyak seperti dengan berhati-hati dengan listrik, tabung gas hingga memiliki APAR di rumah. APAR adalah alat untuk memadamkan api portable dimana mudah dibawa dan penggunaannya bisa langsung diarahkan ke titik apinya. Harga APAR 2017 pun beragam. 



Kebakaran merupakan salah satu jenis kecelakaan yang bisa mengakibatkan suatu hal yang sangat fatal dimana kerugian materiil hingga immaterial bisa dirasakan. Kebakaran pun tidak mengenal tempat dan waktu dimana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk bisa meminimalisir membesarnya kebakaran, maka ada baiknya jika temen -temen menyediakan langkah antisipasi salah satunya dengan menyediakan APAR di rumah atau di lokasi kerja hingga bisnis . Perangkat ini sangatlah efektif dan juga efisien yang mudah digunakan saat kebakaran terjadi.

Untuk saat ini, harga APAR 2017 adalah dimulai dari 450 ribuan rupiah saja. Kita bisa mendapatkannya dari toko online hingga situs belanja online yang kini sudah banyak menyediakannya. 

Perlu diketahui, untuk bisa memberikan keamanan lebih, maka ada syarat tertentu dalam menempatkan APAR ini diantaranya:


  • Mudah dilihat, diambil dan sudah dilengkapi tanda pemasangan APAR.
  • Untuk tinggi standar tanda ukuran pemasangan adalah 125 cm dari bawah lantai dasar dan tepat di atas satu APAR yang untuk dipasang.
  • Ketentuan jarak minimal APAR dengan lantai bawah adalah di sekitar 15 cm.
  • Selanjutnya terkait jarak penempatan APAR satu dengan yang lainnya adalah sekitar 15 meter. Namun bisa juga ditentukan oleh petugas yang bersangkutan.
  • Adapun dalam pilihan lainnya sesuai dengan persetujuan berkewenangan di tempat itu, maka bisa juga diubah guna memposisikan APAR sehingga bisa semakin mudah untuk diambil.
  • Semua APAR sebaiknya berwarna merah menyala sehingga sesuai dengan standar dan mudah terlihat agar fungsinya dalam memadamkan api lebih bisa terlaksana.
  • Penempatan APAR ada baiknya digantung segitiga sengkang yang telah disiapkan pihak penjual APAR .
  • Penempatan APAR portable bisa dilakukan dengan menggunakan box APAR yang terbuat dari kaca di bagian depan sehingga memudahkan untuk dilihat.
  • Ukuran kaca box bisa disesuaikan dengan ukuran APAR yang akan ditempatkan ke dalam tempat kaca. Jangan lupa sesuaikan panjang dan lebarnya agar pas untuk penempatannya.
  • Pemasangan APAR wajiblah dipasang pada ketinggian 1 atau 2m kecuali APAR jenis CO2 yang bisa dipasang agak rendah.


Selain tahu cara penempatan, Anda juga perlu tahu klasifikasi dan juga jenis bahan terbakarnya, yaitu:


  • Kebakaran kelas A - kebakaran pada bahan benda padat dan mudah terbakar misalnya kertas, tekstil, kayu dan sejenisnya .
  • Kebakaran kelas B - kebakaran pada cairan dan gas mudah terbakar seperti solar, bensin, spirtus, LNG, alkohol, LPG dan sejenisnya .
  • Kebakaran kelas C - kebakaran yang disebabkan listrik misalnya hubungan pendek arus listrik.
  • Kebakaran kelas D - kebakaran dari logam misalnya alumunium, magnesium, titanium, dan sejenisnya.


Itulah beberapa informasi seputar kebakaran dan juga APAR. Dibanding harga APAR 2017, maka keamanan dan keselamatan tentu lebih penting sehingga Anda wajib menyediakannya mulai dari rumah, lingkungan kerja hingga bisnis Anda. Dengan adanya langkah antisipasi, maka setidaknya Anda sudah berusaha agar meminimalisir akibat lebih besar.


Semoga kita selalu dilindungi dari bahaya kebakaran, aamiin. 




Wassalam,

TIAN LUSTIANA

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah ini info yg bermanfaat banget, Tian. APAR di rumah udah dari zaman aku kecil coba 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya malah belum pernah punya APAR di rumah, ini baru kepikiran dan akan segera beli

      Hapus
  2. Jadi inget waktu sd dulu pernah mau kebakaran rumahnya. Kenapa ngga sedia APAR dirumah aja ya buat antisipasi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sekarang harus siap sedia APAR yaa Isky

      Hapus
  3. penting banget ini mah sedia APAR di rumah, soalnye serem pisan kalo smpe terjadi kebakaran >.<

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla