Banyak Banget Pilihan Les Privat Online, Jangan Bingung Mending Pilih Ini Saja

Oktober 23, 2017

Assalamualaikum,

Sekarang zamannya online ya gengs. Semuanya bisa diakses dengan online, mulai dari jajan online, taksi online, gojek online sampe belajar pun bisa online. Iya, belajar sekarang bisa online. Jadi, beberapa waktu lalu saya iseng nih nyari bimbingan belajar online, buat saya? bukan, saya mah prepare buat neng Marwah nanti kalau sudah SMP atau SMA haha, masih jauh ya? Ya gapapa kali prepare dari sekarang biar nanti pas waktunya gak pusing lagi, iya kan? 

Saya searching deh, dan menemukan beberapa bimbel online seperti Ruangguru, Zenius dan Quipper. Dari ketiganya saya cek satu persatu, dan saya pun bingung. Ketiganya punya kelebihan dan juga kekurangan masing - masing. Baiklah, saya akan coba jelaskan kekurangan dan kelebihannya satu persatu versi saya yah sebagai user yang akan memilih. 

QUIPPER 

Quipper ini memiliki konsep belajar dengan video yang belum up to date. Videonya itu durasinya lama dan konsepnya pun biasa saja alias simple banget. Videonya itu gak dikasi judul jadi saya bingung videonya sedang jelasin apa. Quipper gak bisa langganan bulanan, harganya pun ya lumayan mahal, aplikasinya pun kurang bagus, gak ada try out, gak punya rangkuman materi, gurunya pun tidak ada yang standby, ada pada beberapa materi cuman slide aja, saya kok jadi males bacanya apalagi kalau baca materi sejarah yah kebayang deh langsung ngantuk karena membosankan.


Setiap materi kan sudah pasti ada masalah dan solusi, solusi yang diberikan Quipper ini agak memaksakan gitu, ya maksa buat ngapalin yang panjang - panjang, dengan kata lain solusinya itu gak simple. Suara tutor atau gurunya agak kenceng, haha saya jadi ngerasa kuping ini pekak deh. Kurikulumnya pun ga jelas, ataukah Quipper punya kurikulum sendiri? Materinya kurang lengkap, gurunya terlalu bertele - tele kalau menjelaskannya, ga to the point gitu.  

Nah menariknya, iklan Quipper ada dimanapun, agennya pun banyak dan suka datang ke sekolah untuk menarik peminatnya. Ada animasi score setelah latihan soal, brandnya dari Inggris dan yang lebih kece nih menggaet artis kekinian, Maudy Ayunda. 

ZENIUS 

Untuk biaya Zenius ini terbilang cukup murah, materinya pun lengkap. Zenius keberadaannya sudah lama, sekitar 10 tahunan jadi lumayan bisa diperhitungkan dong yah sebagai pemain lama. Di Zenius juga latihan soalnya banyak, selain itu ada juga ebook latihan yang bisa dijadikan materi pembelajaran di rumah juga. Dan sesuai dengan kurikulum 2013 untuk saat ini. 



Sayangnya, video Zenius ini bikin bosen, karena hanya tulisan demi tulisan saja, gak ada eye catchingnya gitu jadi bikin bosen nonton videonya. Ga ada aplikasinya juga, websitenya pun tidak up to date, gak bisa diakses lewat smartphone, jadi harus menggunakan pc atau laptop, tidak ada guru yang standby, suaranya kadang jelas dan kadang juga ga jelas, jadi ketika belajar suka bingung lagi ngomongin apa. Latihan soalnya dalam bentuk pdf dan mesti di download.

RUANGGURU 

Untuk harga sedikit diatas Zenius, kadang suka bikin gagal fokus nih font nya yang warna - warni, Ruangguru ini belum begitu banyak yang kenal karena mungkin belum banyak juga sales agentnya jadi marketingnya belum luas. Aplikasinya pun cukup memakan lapak memori smartphone karena besar. 


Ada yang baru ditawarkan oleh Ruangguru. Para pengajar atau tutor di Ruangguru ini standby, ada kelas virtual juga yang bisa jadi ajang sharing guru dan murid. Biaya pun asik loh karena ada cicilannya. Aplikasi belajarnya lengkap, ada konten untuk berbagai jenjang sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA juga ada dan sesuai dengan kurikulum nasional. Dirancang khusus oleh para pengajar terbaik dan berpengalaman. Video, les privat online sampai try out bisa diakses di gadget. Gampang kan? 

Di Ruangguru juga ada group chat yang bikin semangat belajar meningkat karena tutornya selalu standby. Soal pelajarannya pun banyak, dibekali dengan modul belajar pula. Jadi pengguna Ruangguru bisa chat sepuasnya sampai ngerti akan suatu materi, chat group nya ini eksklusif karena hanya 20 orang. Terus ada guru privat yang bisa datang ke rumah, waktunya bisa diatur sesuai keinginan kita loh, asik banget ini Ruangguru. 



Nah, gimana temen - temen menurut temen - temen bimbingan belajar manakah yang bagus untuk dipilih? Kalau saya sih pilih Ruangguru, karena biar nanti neng Marwah bisa belajar sambil nongkrong di cafe juga, belajar lewat tablet juga bisa kan, hehe. Kan kids zaman now harus dibuat enjoy pas belajar. 


 Cheers,
Wassalam

TIAN LUSTIANA





You Might Also Like

14 Comments

  1. kak kamu langsung pake ketiga-tiga nya sekaligus? kan mahal jadinya.

    BalasHapus
  2. Kalo diliat dari penjelasannya emang simpel dan enak Ruangguru kak. Bisa belajar di mana aja asal ada koneksi internet

    BalasHapus
  3. penjelasannya sngt mudah dimengerti, mkasih infonya

    BalasHapus
  4. quipper juga nggak kalah sama bimbel online lainnya,tutornya kece kece terus juga mengajarnya dengan pehuh konsep jadi kita bisa tau historynya apa,selain itu quipper jga menyediakan poin yang kalau banyak bisa buat beli tema.kan lumayan bisa buat semangat semangat belajar,sekarang juga lebih perfect lagi,kalo lagi ngajar pake teknik mindmapping.asik dehh aku juga berlangganan lohh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngomongin poin di Ruangguru kalau di kalangan anak sekolah sih lebih boom dan lebih bervariatif fungsinya ya, bisa tanya ke tutor dan bahkan sekarang ada fitur baru Ruangguru Adventure yg akan naik apabila kita nonton video dll, buat apa fitur ini? bisa ganti ava, bisa tanya soal yang kurang jelas dll.

      jadi kalau dibandingin quipper sih aku masih lebih menjagokan Ruangguru sih

      Hapus
  5. halo.. keren banget reviunya :D
    izin mau komen tentang Ruangguru ya.... ruangguru masih itungannya pemain baru si.. tapi belakangan bisa menyodok ke papan atas karena berbagai macam banyak pencapaian, salah satunya di Playstore (RG 4,7 dari 202rb komentar) yang paling kondang ya digital bootcamp,, jadi ada grup khusus persiapan ujian dengan tutor standby juga ada video animasi belajarnya yg menarik dan pembahasan soalnya yg ngebantu banget. juga ada banyak challenge berhadiah (bagi yang beruntung) :)))))

    BalasHapus
  6. ruang guru keliatannya lebih gampang dipakai, terumtama buat anak-anak yang masih umur SD. soalnya bisa diakses pakai hape. dan lagi... anak-anak umuran segitu lagi penasaran banget buat ngotak-ngatik hape. kalau berlangganan ruang guru, kan jadinya si kecil bisa diarahkan untuk bisa memanfaatkan teknologi secara positif. dan lagi, sisi positifnya, si kecil bisa jadi lebih semangat belajar.

    BalasHapus
  7. Aku paling suka sama Ruangguru. Sekarang video belajarnya bisa di download, jadi ga ngehabisin kuota. Udah gitu up to date banget. Udah ada latihan soal HOTS, jadi kita diajarkan memahami soal ke tingkat yang paling sulit. Setelah belajar pun kita dikasih rangkuman berupa infografis yang mudah dipahami. Jadi tau deh, materi apa aja yang kita masih perlu banyak belajar.

    BalasHapus
  8. Keduanya sama- sama bagus. Sama- sama menyajiikan konten pelajaran. Kalau kebutuhannya memahami pelajaran secara mudah dan ga bosen, Ruangguru bisa menjadi solusinya. Secara konten mendalam, dikonteksin sama kehidupan sehari-hari lewat animasi dan visual yang friendly untuk pelajar SD/SMP/SMA. Jadi, bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari hari. Ruangguru menurut aku adalah sebuah terobosan baru dalam dunia Pendidikan dan Teknologi

    BalasHapus
  9. Keduanya sama- sama bagus. Sama- sama menyajiikan konten pelajaran. Kalau kebutuhannya memahami pelajaran secara mudah dan ga bosen, Ruangguru bisa menjadi solusinya. Secara konten mendalam, dikonteksin sama kehidupan sehari-hari lewat animasi dan visual yang friendly untuk pelajar SD/SMP/SMA. Jadi, bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari hari. Ruangguru menurut aku adalah sebuah terobosan baru dalam dunia Pendidikan dan Teknologi

    BalasHapus
  10. Iya bener bgt sekarang udah jamannya beljar gak ribet. tapi aku pling nyaman belajarnya di ruangguru. bikin gak bosen belajar udah kayak main game.

    BalasHapus
  11. aku suka banget pake ruangguru, disitu nggak belajaranya nggak sepaneng, ada fitur-fitur yang bikin tambah semangat belajar. keren pokonya ruangguru

    BalasHapus
  12. Dari ketiga opsi yang ada Ruangguru, Quipper, Zenius. Sekarang lebih terkenal ruangguru karena lebih sering muncul di TV.

    BalasHapus
  13. vidy kautsariAgustus 08, 2019

    wah dari penjelasan ini aku lebih tertarik sama ruangguru deh karena ada guru yang selalu standby jadi kalo mau tanya-tanya pas ngerjain pr bisa deh

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Member Of

Member Of

Member Of

Member Of