Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala
Aktivitas rutin yang selalu dilakukan semua umat manusia yang ada di dunia, mulai dari tua sampai muda belia adalah tidur, betul? Selain hobi, tidur juga memiliki manfaat, terutama pas tidur malam hari. Beberapa diantaranya adalah dapat mengistirahatkan fisik dan pikiran setelah seharian melakukan rutinitas dan aktivitas yang lumayan padat dan membuat capek serta lelah. Ada sebagian yang tidurnya harus dengan lampu menyala dan ada pula yang harus tidur tanpa cahaya sama sekali, gelap gulita. 


Lebih baik sih katanya tidur itu lampunya dimatiin atau dengan setitik lampu tidur saja yang memberikan cahaya, emang kenapa yah? bahaya kah bagi kesehatan tubuh jika tidur dengan lampu yang menyala? 

Dan ternyata tidur dengan lampu yang menyala itu tidak baik untuk kesehatan. Malahan mampu meningkatkan resiko kanker, kardiovaskular bahkan sampai gangguan sistem metabolisme tubuh. Hmmm segitunya yaa efek negatifnya. Selain itu ada bahaya lainnya lho yang wajib diketahui. 

Tidur malam dengan lampu yang masih menyala itu akan menghambat produksi melatonin. Sedangkan hormon melatonin ini kan perannya untuk menghambar dan mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh kita, kebayang kan kalau sel ini terhambat dalam produksinya. Jadi matiin deh lampu saat tidur malam supaya hormon melatonin ini mampu bekerja dengan maksimal. 

Tidur malam tanpa mematikan lampu juga tidak baik untuk para wanita. Kenapa? karena paparan cahaya lampu pada istirahat malam ini bisa meningkatkan resiko kanker payudara dan usus besar untuk wanita. Noted banget nih. 

Dan banyak efek lainnya yang tentunya mengancam kesehatan tubuh, jadi mendingan pembiasaan ini mesti dilakukan sejak kecil yah. Selain itu juga kalau tidur dengan lampu mati akan membuat istirahat lebih enak, pas bangun juga badan bakalan jauh lebih enteng deh. Kadang, tidur dengan cahaya yang berlebih juga malahan membuat susah tidur, pernah saya merasa susah tidur dan matiin lampu akhirnya langsung pulas tidur deh, hehe. Jadi buat yang merasa suka insomnia coba deh setelah mandi dengan air hangat, minum susu kemudian matiin lampunya dan istirahat. 

Coba aja matiin lampunya dan istirahat. Namun kalau memang tidak terbiasa tidur dalam kegelapan bisa beli lampu tidur yang watt nya paling kecil, warna hijau lebih dianjurkan karena membuat adem. Jadi cahayanya remang - remang gitu deh, dan selamat tidur. 




20 komentar:

  1. Biasanya sih memang aku matiin, sih. Tapi aku baru tahu kalau tidur tanpa matiin lampu beresiko juga. Hm..., tapi apakah ada yang sudah sampai begitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut dokter sih seperti itu, karena ada hormon yang memang bekerja ketika lampu dimatikan, begitu

      Hapus
  2. Padahal aku gak bisa tidur kalo lampunya mati mak...

    BalasHapus
  3. Waduh kalau saya nih malah takut kalau matiin lampu pas tidur, hemmzz tapi perlu dicoba deh demi kesehatan, hehee...
    Makasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama :)

      iya remang - remang saja

      Hapus
  4. aku pake lampu tidur tapi nyala...ga berani matiin..gelap banget...
    berarti kudu ganti warna hijau ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus mak, yang penting remang, warna hijau tapi enak lho jadi adeeem

      Hapus
  5. Aku juga suka matiin lampu kalau tidur sekarangmah. Tapinya kalau kecapekan terus ketiduran ya suka gak inget lagi kalo lampu masih nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih lain cerita itu mah ya :D

      Hapus
  6. Anakku gamau dimatiin lampu kalo pas tidur, padahal ga enak juga ya tidur dalam kondisi terang

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake lampu remang - remang aja mak

      Hapus
  7. ternyata bahayanya banyaaak yaaa..termasuk peningkatan resiko kanker payudaraaa..baru ngeh euuy..TFS yaaa mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama mak, sehat selalu yaaa mak, Big hug

      Hapus
  8. aku sih pakh harus ada sinar , jadi lampu di matiin tapi lampu teras nyala jadi masih ada sinar masuk ke kamar tapi kalau gelap sekali aku takut banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang penting tidak terang benderang

      Hapus
  9. Kalo dimatiin, nyamuknya dateng, kalo nyala kepanasan dan gak bisa bobo. Duh ribetnya aku eheheehhe.

    BalasHapus
  10. Dari pengalamanku, yang jelas tidak aman, bisa diintip perampok untuk mengetahui kondisi masing2 kamar. Kamar harus lebih gelap dari luarnya.

    BalasHapus
  11. Hummmm. Kalau lampu terang, aku nggak bisa tidur sih :))) Tapi baru tahu kalau berbahaya gini. *brb beli lampu watt kecil warna ijo*

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.