#28 Komitmen Pada Diri Sendiri

10.16.00


Komitmen ternyata bisa diimplementasikan dalam berbagai bentuk, komitmen atau secara harfiah bisa diartikan sebagai janji pada diri sendiri atau pada orang lain yang biasanya dicerminkan dalam suatu tindakan. Yang susah dilakukan adalah komitmen terhadap diri sendiri, hiks. 

Februari pun berlalu, komitmen pun tidak terlaksana dengan baik. Hmmm kesibukan yang merajalela lah pencetus betapa aku tidak bisa berkomitmen untuk posting selama bulan Februari setiap hari, seperti komitmenku disini. Tapi harapan tinggallah harapan, dari 28 hari selama bulan Februari, saya hanya bisa posting 18 hari saja. Sakitnya tuh disini, hihi. 

Ternyata, berkomitmen dengan diri sendiri itu bisa dengan mudahnya dilanggar, beda jika berkomitmen dengan orang lain yang sekuat tenaga direalisasikan. 

Jadi bagaimana dong agar bisa tetap bertahan terhadap komitmen yang dibuat sendiri? 

  1. Merubah kebiasaan. Rubahlah kebiasaan anda agar bisa selaras dengan komitmen yang dibuat. 
  2. Pikiran positif. Yakinlah bahwa komitmen yang dibuat ini akan menjadi jalan yang mengandung keberhasilan. 
  3. Cari dukungan. Sebagai manusia mahluk sosial, tentu saja selain dukungan dari diri sendiri, dukungan dari orang lain juga memiliki pengaruh baik dalam mencapai target berkomitmen pada diri sendiri ini.
  4. Back to our self. Sebagaimana besarnya target yang ingin dicapai jika tidak ada kesadaran dari diri sendiri tentu saja hasilnya akan NOL BESAR. Maka review diri sendiri, apa saja yang salah. 
Yang saya rasakan sih, saya masih kurang bisa disiplin terhadap diri sendiri. Karena saya menganggap berkomitmen diri sendiri ini untuk saya, maka kerap kali dilanggar. Padahal jika komitmen itu berdampak juga bagi kehidupan kita dimasa mendatang. Mari disiplinkan diri lebih dan lebih lagi. 



Salam berkomitmen, 

Bandung 28 Februari 2015





You Might Also Like

21 komentar

  1. komitmen itu sama seperti prinsip yang diinplementasikan kepada target hidup kedepan, istilahnya jika kita tidak memiliki komitmen maka target yang kita idamkan akan seperti apa tidak akan pernah terwujud,

    maka kalau sudah ada komitmen, secara bertahap apa yang akan kita rencanakan akan bisa diraih step-demi step.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, secara perlahan ya mak bisa diraihnya :)

      Hapus
  2. Sama dong Mbak dgn diriku... msh suka tak disiplin terkait komitnen dgn diri sendiri..

    BalasHapus
  3. komitmen itu susah2 gampang ya mbk...byk susahnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak Hana :D hihih sedikit gampangnya banyak susahnya :D

      Hapus
  4. Semangaaaat... moga ke depan lebih berhasil dengan komitmennya yah Mbak ;)

    BalasHapus
  5. yang nomor satuuuuu mengubah kebiasaan itu yg butuh perjuangan keras :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener. Perjuangan keras hehe mari berjuang

      Hapus
  6. Yang penting selalu semangaaaat untuk memenuhi komitmen...termasuk komitmen ngeblog hehehe

    BalasHapus
  7. Aku juga sekarang lg mencoba untuk berfikir lebih positif mbak. TFS ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berpikir lebih positif mbak Putri :) semangat selalu yah

      Hapus
  8. Semangat, Mbak. semoga komitmennya selalu terjaga :)

    BalasHapus
  9. Selagi menganggap apa yg ditargetkan berdampak kecil bagi orang lain, akan makin sulit komit sama diri sendiri. Setting targetnya harus lebih detail kayaknya yaa

    BalasHapus
  10. pokok e semangat mbak e..

    BalasHapus
  11. disiplin emang susah maak, aku udah buat jadwal kegiatan harian masih aja selalyu dilanggar hiks

    BalasHapus
  12. Iya kalau tidak ada komitmen hidup ini tidak akan berjalan lancar seperti apa yang kita inginkan, so aku setuju (y)

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla