PEMPEK yang terbuang

11.36.00

proses penggilingan ikan
Hari minggu kemarin, saya mencoba membuat pempek, yang nantinya akan saya nikmati tanpa digoreng dicampur sama cuka nya yang pedas. Ahh seketika saya pun langsung mencari via mbah google, banyak referensi resep dan semuanya saya baca dan kutip, lalu saya pun bertanya pada teman kantor yang memang suka membuat pempek dan sukses pempeknya enak. 
Dan akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat pempek sendiri.
Ga pede sih sebenernya, namun bayangan pempek tanpa digoreng itu terus menari dalam benak dan ngilernya saya. Hari minggu langsung bergegas kepasar, mencari ikan tenggiri. Namun setelah saya berputar dan memutar dan bolak balik seisi pasar tak ada penjual ikan yang menjual ikan tenggiri, dan akhirnya saya membeli ikan gabus. Katanya sih ikan gabus juga bisa dijadikan altenatif pembuatan pempek. Ya sudah sayapun langsung membelinya. 
hasil ikan sudah digiling tambah telor dan tepung kanji, lalu sudah jadi dibuang 
Sesampainya dirumah, ikan saya cuci, fillet dan blender. Ugh baunya sudah menelisik hidung sampai saya ingin muntah, namun saya pikir ini ikan emang biasa bau amis, masaknya pun saya lanjut. Step demi step pembuatan ini saya ikutin dengan teliti, lalu saya praktekkan. Menguleni ikan hancur sangat membuat saya geli, tangan jadi lembek lembek gimana gitu, ditambah lagi bau amis yang menusuk - nusuk hidung, iih rasanya pengen menyudahi saja deh ritual ini. Pengen tetiba jadi pempek enak. 

Namun kejadian tragis diakhir acara masak - memasak ini. Ikan yang saya giling dan saya uleni dengan susah payah ini harus berakhir ditempat sampah karena saya tidak kuat mencium bau amis yang busuk ini. Bau nya emang kayak bau ditukang pempek pinggir jalan sih, namun saya merasa ga ingin memakannya. Ga tega gitu deh... Dan sampai hari ini saya masih mual. 

You Might Also Like

12 komentar

  1. dikasih perasan jeruk nipis atau daun jeruk aja mak,,,baunya biar rada hilang

    BalasHapus
  2. hmm...atau mungkin ikannya ngg begitu segar lagi ya mba? Kalau saya pakai banyak bawang putih biar rasa amis ikannya tidak terlalu menyengat...sayang bangeeet terbuang padahal sudah capek buatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya emang ikannya gak seger, baunya ga enak banget :D

      Hapus
  3. Duh...sayang sekali sampe terbuang.. Kalau ikan gabus yg asli dari Palembang rasanya agak manis..shg enak sekali diolah menjadi pempek.. Mungkin ikan gabusnya sdh gak segar lh Mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sedih banget :(,,, hiks hiks, ikannya emang ga seger deh kayaknya

      Hapus
  4. Hasil dari diblender sama digiling itu sama enggak sih, Mba?
    Kayaknya karena di blander itu deh. Lebih lembek. Hehehe

    Jangan mudah putus asa. Yuuk, buat lagiiih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu salah satu kesalahan saya ya, tapi diblendernya pake food processor dan ga lembek banget sih :D, hehe, Makasih yaa

      Hapus
  5. jadi penasaran rasanya gimana?

    BalasHapus
  6. Biar gx terlalu bau ketika di masak ngadoni pempek nya pake campuran apa yah biar bau tidak menyengat,, ada yg tau kah

    BalasHapus
  7. Saya beli ikani 30 kg buat pempek tapi bau banget... Ada caranya gak yaa biar rada ilang tu bau.. 😭

    BalasHapus
  8. Saya beli ikani 30 kg buat pempek tapi bau banget... Ada caranya gak yaa biar rada ilang tu bau.. 😭

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla