#13 KESAN PERTAMA ADALAH LANGKAH AWAL

Dear my self ,,

Huh sebenernya sebel juga aku padamu. Kenapa sih suka gampang banget ga suka sama orang kalau dari pandangan pertama ga enak? padahal kan setiap orang bisa berubah, image pertama selalu aja kamu jadiin sebagai dasar iya atau tidak. 

haha ya itulah aku , kesan pertama dengan siapapun selalu menjadi tolak ukur bagaimana jalinan selanjutnya. bagi saya pribadi sih penting banget kesan pertama , menentukan sikap saya terhadap dia juga sih, kalau pertamanya dia baik dan sreg gitu dihati , maka saya akan baik juga sama dia, namun jika kesan pertamanya kurang baik , ga nyaman yo wess saya akan lebih tidak baik lagi. Huh jelek banget yah punya pikiran kayak gini???


fotonya hasil search google
Sebenarnya simple aja sih kalau mau menciptakan kesan pertama yang baik , adalah dengan memberikan senyuman dan senyuman yang ikhlas , karena senyuman itu ternyata mengandung empat makna lho , apa saja? yakni kepercayaan diri , kebahagiaan , antusiasme dan yang paling penting adalah penerimaan. Enakkan kalau ketemu orang pertama langsung diberi senyum manis dan akan sebel banget ketika ketemu orang eh malah judes dan ga mau senyum. Bikin kesel kan kalau kayak gitu?

Dan ternyata orang yang tersenyum * bukan ketawa* secara psikologis itu dianggap lebih memiliki kepercayaan diri karena pd saat tidak yakin baik itu pada diri sendiri atau lingkungannya atau pada saat gugup pasti akan sulit tersenyum atau senyumannya tampak dibuat - buat alias tidak natural. ya kan? 

Buat saya penting banget pengaruh pertama ini , sehingga nantinya informasi yang akan saya terima tentang sesuatu atau seseorang pun mempengaruhi penilaian saya pada dia.

Pada kesan pertama ada lho sesuatu yang disebut pengaruh pertama, adalah suatu proses dimana kesan pertama kita pada seseorang menyebabkan kita menafsirkan tingkah laku dia berikutnya sesuai dengan kesan pertama itu. Karena bila saya mendapatkan kesan bahwa orang yang saya temui baik maka selanjutnya akan seperti itu, dan sebaliknya.



Jadi intinya adalah : 
1. Tersenyumlah . Karena senyum melambangkan kepercayan diri , kegembiraan , antusiasme dan penerimaan. 
2. Menciptakan kesan pertama dan biasakan sifat awal sebagai momen terbaik sehingga obrolan selanjutnya akan tersaring kuat.
3. Fenomena psikologis berupa kemudahan dikenali dan pencitraan sangat mempengaruhi bagaimana orang pertama menilai diri kita.


Itulah sedikit note untuk diri sendiri, kalau memang kesan pertama mempengaruhi langkah sosialisasi selanjutnya... :)  Bagaimana menurut anda??









17 komentar

  1. iih sama mak, aku juga gitu.. kalo first impression yg aku dapet dari seseorang udah ga ngenakin bawaannya jadi males dehh :p udah bete duluan soalnya..
    salam kenal ya mak Tyan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi samaan yaaa ? memang kyk gitu sih , aku juga kalau awalnya enak lanjut , kalau awalnya ga enak ya sudahlah
      Salam kenal kembali

      Hapus
  2. kesan pertama emang sangat penting mbak....padahal belum tentu mencerminkan keadaan selanjutnya....tapi setuju....kalo baru ketemu dah jutek...pasti males ya....malah kadang kita langsung merasa "sombang banget nech orang...", padahal bisa jadi orangnya pendiam dan pemalu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,, berarti first impression ga selalu bener yah? hihi tapi aku suka main feeling jga kalau ketemu orang :D , kalau menurut feeling aku oke ya lanjut , kalau engga ya wassalam :p haha

      Hapus
  3. Hm, kalo aku sih duluuuuuu pernah mengutamakan kesan pertama. Tapi seiring dg wkt yg semakin menua *halah* akhirnya aku memilih utk memberikan second chance, dg beranggapan bhw kesan pertama yg tdk ramah, jutek dsb itu, disebabkan krn dia mungkin sdg tak sehat, tak enak hati atau rasa sejenis, sehingga tak mampu bersikap manis. Barulah pd second chance, jk msh spt itu, I will say gd bye. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak AL saya juga gitu dan bahkan sampai sekarang ,, namun mungkin seiring pendewasaan diri dan umur :P akan belajar utk memberikan second chance juga ah... hihih semangaaat

      Hapus
  4. Waaahhh, kesan dirimu bertemu diriku pertama kali apa ya?.... uhuuuyyy...... #deg deg plus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi alhamdulillah kesan pertama dengan mbak Yanti menyenangkan :) hihihi

      Hapus
  5. Bener sih, biasanya kalau dia udah bikin nggak nyaman di awal, jadi males duluan :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang rata2 gitu yaaa... jadi kalau pertama ketemu harus bener2 memberikan yang terbaik yah

      Hapus
  6. Nah aku gimana atuh, Yan? Aku muka jutek, mahal senyum secara setingan bibirnya manyun gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. raut muka doang yang jutek yah? tapi aslinyaa baiiik dan baiiiik koq... love you teh Efi

      Hapus
  7. Mak, ini lagi ikutan apa ? heheh. Makin rajin ngeblognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ikut apa2 mak,, cuman lagi nge push diri sendiri aja di bulan ini harus full nge blog,, kan my month Februari ini tuh :D

      Hapus
  8. Iya memang kita cuma bisa menilai orang dari kesan yang ditimbulkannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kebanyakan seperti itu ya mbak Evi :) .. jadi first impression memang harus disetting sebaik mungkin yah? :) terimakasih sudah berkunjung yaa mbak

      Hapus
  9. I'm truly enjoying the design and layout of your blog. It's a
    very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me
    to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?

    Outstanding work!

    Here is my blog check from google

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon