Tips Hemat Belanja Bulanan

by - 5:00:00 AM

Assalamualaikum,


Masih tanggal muda nih, pasti temen – temen sudah pada berbelanja bulanan. Atau mungkin ada yang sedang menyiapkan shopping list supaya pas belanja engga bingung dan engga kalap? Saya sih suka gitu, saya suka list dulu belanjaannya biar pas belanja sesuai dengan list, meski masih suka lupa haha.


Menurut temen – temen, alokasi dana ke belanja bulanan itu besar apa kecil sih? Kalau menurut saya sih dibandingkan biaya shopping lain, alokasi dana ke belanja bulanan itu lebih besar apalagi kalau masih punya baby atau anak kecil. Tapi saya sih kalau belanja bulanan beli nya yang wajib dan dibutuhkan saja, ini saya siasati supaya lebih hemat aja, karena belanja bulanan juga kadang dipengaruhi oleh gaya hidup loh, jadi misalnya nih saya pengen beli snack, padahal snack local lebih enak tapi kok karena pengen kekinian jadilah saya beli snack import yang harganya bisa 2 atau 3 kali lebih mahal, tuh kan bukankah gaya hidup “kekinian” itu membuat dompet makin terkuras, huhu. Jadi, kalau mau berhemat saran saya sih ubah aja dulu gaya hidup, baru bisa berhemat.


Dalam berbelanja bulanan juga harus cermat, produk apa saja nih yang bakalan dibeli dan kira – kira memang bener dibutuhkan apa tidak, jadi itulah pertimbangan yang sering saya tanyakan pada diri sendiri. Saya lebih mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan karena kalau nurutin keinginan sih akhir – akhirnya saya suka ngenes sendiri, huhu sedih deh. Selain itu, pertimbangkan juga masalah harga biar lebih hemat, dan inilah tips hemat belanja bulanan ala Tian pink, semoga bermanfaat *kemudian ada lagu, biar kaya hartis di tipi*.
WAKTU BERBELANJA
Jujur, saya lebih suka berbelanja ditempat sepi, ga crowded. Karena kalau tempat belanja sepi saya pun jadi lebih nyaman belanja dan saat belanja engga emosional, ga asal ambil ini itu tanpa pertimbangan. Sedangkan kalau tempat belanjanya sepi kan enak tuh bisa liat – liat dulu harganya dan membandingkan serta bisa baca – baca dulu produk knowledge nya. Karena zaman sekarang jarang banget tempat belanja sepi apalagi pas udah gajian, makanya saya lebih nyaman berbelanja di MatahariMall , karena sudah pasti saya bebas membandingkan harga mana yang termurah, haha.


DAFTAR BELANJA
Setiap awal bulan selain mencatat keuangan keluarga, saya pun mencatat daftar belanja dulu sebelum berbelanja kebutuhan rumah tangga. Untuk apa? Biar saya engga kalap dan gak lupa belanja. Kadang saya lupa mau beli apa eh sampai rumah yang habis malah ga dibeli, yang masih banyak malahan dibeli lagi, suka gitu deh.

Kalau dengan membuat daftar belanja terlebih dulu kan enak, selain belanjaan terarah dan terkonsep sesuai kebutuhan, waktu juga lebih cepat karena enggak sambil mikir mau beli apa, iya kan? Iya in aja deh!
PRODUK LOKAL TOKO
Biasanya produk local toko lebih murah kan? Ya kalau ada yang cocok sih saya ga masalah menggunakan produk local toko, selama emang ga ada masalah sama kulit dan kesehatan.
DISKON
Pantang dihindari yang namanya diskon, apalagi jika toko tertentu sedang melangsungkan diskon maka langsung deh saya manfaatkan untuk berbelanja bulanan, kan lumayan bisa hemat 50 ribu sampai 100 ribu. 


Dan masih banyak cara lain menuju hemat ketika berbelanja, intinya sih utamakan dulu kebutuhan dan pertimbangkan keinginan. Boleh sih sesekali memanjakan diri dengan belanja apa yang kita inginkan tapi jangan sering – sering karena yang ada malah jebol dompetnya.
Sekian tips sederhana ala tian pink semoga bisa menghemat uang belanja bulanan temen – temen meski hanya beberapa persen saja, hihi yang penting mah usaha atuh lah.  

Cheers,
Wassalam


Tian Lustiana

















You May Also Like

14 komentar

  1. Dulu saya belanja bulanannya sekaligus...tadinya biar sekali aja ke mall eh malah jadi malah ga hemat karena pasti aja ada yg ketinggalan dan belanja lagi..hihi..sekarang mah sudah mulai bisa hemat seiring makin banyak kebutuhan buat anak..xixiixi

    ReplyDelete
  2. enaknya belanja online memang bisa banding2in harga ya teh terus bisa baca-baca dulu keterangannya apalagi kalau ada diskonnya beeehh ini yang paling dicari :)

    ReplyDelete
  3. Wah bener juga tips nya mba, harus di baca nih buat yang suka belanjanya boros , hehe

    ReplyDelete
  4. kalau lagi discount biasanya belanja dibanyakin sekaligus buat persediaan. Jadi kadang ga ngaruh bikin list belanjaan :P

    ReplyDelete
  5. hahaha judulnya sudah sangat menyindirku mak. suamiku sering nih tiba2 ngasih link cara berhermat belanja.. cara mengatur uang.. hiks. kayaknya parah amat aku nih hahaha....

    ReplyDelete
  6. kalau aku berjalan cepat saat berbelanja, karena akan menghindarkan kita dari godaan melihat-lihat barang yang lucu-lucu dan membelinya. hihihi

    ReplyDelete
  7. Daftar belanja nih yang masih suka melar-melar. Susaaaah banget bikin daftar belanja yang kaku. Huhuhu...

    ReplyDelete
  8. Diskon penting banget tuh hehe 😍

    ReplyDelete
  9. Saya mah belanjanya mingguan... Bener teh, enak beli produk lokal toko, lumayan lebih murah...

    ReplyDelete
  10. Kalo lagi discount aku suka langsung beli2 aja sih teh walopun stock dirumah masih ada. Lumayan banget, apalagi Kalo ada hadiahnya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  11. sama teh.. suka bikin list biar sesuai kebutuhan. Bulan kemaren juga mulai beli grosiran buat cemilan. lebih hemat ketimbang jajan di warung hehe

    ReplyDelete
  12. Mantap nih tipsnya, masih suka ga bisa hemat nih

    ReplyDelete
  13. Ibu rumah tangga mesti pinter-pinter hemat dalam pengeluaran yaa

    ReplyDelete
  14. aku tiap weekend belanjanya, sambil ngecek lagi ada promo apa :))

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84