Kenapa Uang Selalu Habis Padahal Sudah Hemat Banget

by - 4:12:00 PM

Assalamualaikum,
Gak kerasa sudah bulan Agustus lagi yah. Awal bulan gini seneng kan? Secara pada gajian dong, rekening jadi menggendut. Niat nabung? Niat berhemat? Eh tapi kenapa sih uang tetep aja habis, padahal udah dihemat – hemat in nih, apanya yang salah kalau seperti ini??

Hematnya udah maksimal deh pokoknya, sampe ga jajan bakso. Biasanya jajan bakso sehari sekali, sekarang jadi sehari dua kali eh seminggu sekali. Tapi tetep aja uang habis tanpa kendali, sedih deh Cinderella.
Pernah mengalami hal seperti ini? Apa solusinya ngutang aja gitu? Emang kalau ngutang atau minjem uang bisa menjadi solusi??? Yakin? Kalau saya sih enggak yakin, dengan berhutang bukannya terpecahkan masalah keuangan yang ada mendatangkan masalah baru. Pinjaman bukan solusi yang baik hanya untuk menutup kebutuhan sehari – hari yang konsumtif.
Sini deh simak tips sederhana dari saya yang mudah – mudah an bisa membantu temen – temen yah.
Pola pikir
Atur deh pola pikir kita sendiri. Sesungguhnya pola pikir seringkali menjebak jadi lets atur pola pikir. Kalau awalnya berpikiran bahwa ngutang adalah solusi, ya silakan ganti pola pikirnya dengan lebih baik nabung deh daripada ngutang. Pikirkan untuk nambah penghasilan mungkin, jangan mikirnya nambah utang mulu deh. Coba ubah dengan berpikiran nambah penghasilan atau nambah pendapatan lain supaya rekening menggendut *jangan lemak aja yang nambah* .
Jika masih ada temen – temen yang mikir, ah nanti gajian bulan depan utangnya dibayar kok, ilangin deh pikiran kayak gitu. Hindari utang konsumtif!
Gaya hidup
Saya sering loh melihat yang gaya hidupnya tinggi namun penghasilannya biasa saja, yang ada semakin hari semakin tertekan dengan gaya hidup, alhasil utang sana – sini. Kasian deh.
Misalkan gaji hanya UMR namun gaya hidup selebritis,kumaha atuh mau nabung? Kalau sekali makan aja ratusan ribu? Sekali beli tas aja jutaan? Rek kumaha bisa nabung? Nu aya mah ngahutang we habeun, bener ga sih? Eh kok bahasa saya jadi roaming, duh maaf saya kalau emosi suka tiba – tiba hasrat sundanese keluar, haha.
Bukan ga boleh gaya sih, bergaya boleh saja namun sesuaikan dengan kemampuan, jangan korbankan tabungan demi gengsi, pliss deh.
Pengaturan pengeluaran keuangan
Uang habis tanpa kabar berita, udah bye aja pergi. Tau – tau udah kosong aja rekening dan dompet, gimana?

Coba deh atur pengeluaran keuangannya, jangan asal keluarin uang hanya karena melihat barang lucu, hanya karena liat diskonan. Kendalikan diri pas mau keluarin uang, jangan sampai pas uang udah keluar nyesel belakangan. Bahaya kalau gini terus, bahaya untuk kondisi keuangan. Jadi ingat dan harus terus diperhatikan uang keluar untuk apa aja, jangan sampai seenaknya keluarin uang. Think smart ya gengs kalau mau keluarin uang karena sekarang banyak sekali diskon dan barang – barang lucu menggoda, uhuk.
Jadi buat yang nanya kenapa uang selalu habis padahal sudah hemat banget? Solusinya nambah penghasilan atau nambah pendapatan yaa, bukan nambah utang atau kredit.

Sampai jumpa dipostingan keuangan sederhana ala Tian yaa. 

Cheers!
Wassalam,
Tian Lustiana 

You May Also Like

17 komentar

  1. Makasih mak remindernya..masalah saya juga ini

    ReplyDelete
  2. Kalau aku mensiasatinya dengan ikut Asuransi Link. Paket asuransi jiwa dan investasi. Jadi dipaksa menabung setiap bulan.
    Jadi setiap bulan alokasi menabung pasti sudah ada, yang tersisa yang harus dibagi-bagi.

    Begitulah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa dicoba nih asuransi link, nice tips makasih juga yaa

      Delete
  3. Nice tips Teh, i agree with u lah btw prinsip saya emang badan langsing rekening gendut, meskipun kita mampu beli tas yang harganya ratusan juta (aamiin) tapi enggak ada salahnya merendahkan hati dengan hidup sederhana, supaya menekan riya dan sombong juga enggak menimbulkan iri dengki orang sama kita, kan kita engga tau ya isi hati manusia^^ jangan sampe deh gaya hidup kita jadi ujian dan dosa bagi orang lain. Iya hutang itu dibawa ke akhirat, yang kecil aja jadi berasa berat kalau demi gaya hidup terus kalau ngerasa uang abis mulu coba bikin skala prioritas barang yang pengen banget banget dan bikin kita happy, nah nanti setelah di list, segera beli secara cash, biar uang nya gak abis teu puguh tea wkwk, tfs ya Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener jangan sampai gaya hidup membuat pusing kepala

      Delete
  4. Tah gaya hidup mun gaji UMR gaja hidup jiga incess mah lila2 copot tah buuknya teh wkkwwkk ngutang wae hayu :D
    aku ge lagi mikirin gimana caranya nambah penghasilan yang menghasilkan tanpa perlu repot kerja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener lila - lila botak hahaahaha, watir pan

      Delete
  5. terkadang hawa nafsu itu yang membuat kita susah untuk mengontrol keuangan, dan terkadang memiliki gaya hidup yang tinggi itu bisa membuat uang kita selalu habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar yang susah itu ngontrol hawa nafsu

      Delete
  6. Iya ya kadang alau nafsu diikuti ga ingat untuk nabung hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok hilap we kana nabung teh yah Teh

      Delete
  7. As simple as that ya teh solusinya, daripada pelit sama diri sendiri mendingan nambah penghasilan hehehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, daripada pelit pengen makan ini itu ga bisa ya udah mari menambah penghasilan

      Delete
  8. Kdg aku suka heran ama temen yg ngeluh ga bisa nabung. Urus visa tra dpt kabar hrs ada tabungan mengendap 50 jt, lgs panik, trs cari pinjaman dulu, mksd hati bkl dibalikin kalo urusan visa udh kelar -_- . Pdhl aku tau gajinya lumayan tinggi. Usut di usut, lifestyle nya tinggi beneeer :p. Beli tas hrs yg merk dan jutaan.. Ujung2nya 10 thn kerja ga ada tabungan blass.

    Aku sendiri tiap gajian, itu semuanya msukin ke post2 tabungan dulu. Baru utk post pengeluaran. Jgn kebalik, pengeluaran dulu baru tabungan. Susah nabungnya nanti :p

    ReplyDelete
  9. Sedikit roaming pas Sundanya keluar. Hahaha. Duh 5 tahun di Bandung bahasa Sundanya masih kalang kabut. Wkwkwk.
    Utang? Kalau saya sih ney ya Teh. Usahakan untuk tidak berutang, ngeri ah. Repot juga nanti bayarnya.

    ReplyDelete
  10. Heuheu....ngutang itu bukannya memecahkan masalah, tapi malah nambah masalah. Terutama utang konsumtif.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84