Perhatikan Ini Sebelum Memulai Usaha

by - 11:43:00 AM

Assalamualaikum,

Siapa yang THR nya masih nyisa? Saya masih sisa sih, 100 apa 300 ribuan gitu haha, lumayan yang penting masih nyisa kan? 

Buat yang THR nya sudah ludes tanpa sisa, tenang anda tidak sendirian, wkwkw. 

Artinya, mari kita menambah penghasilan supaya THR tahun depan banyak dan gak ludes lagi. Eh tapi usaha apa yah? Mari kita pikirkan bersama, kira - kira usaha apa yang cocok untuk emak - emak macam saya ini, hmmm. 


Kalau hanya dipikirkan sih ga bakalan terwujud sampai lebaran monyet dan gajah juga, yang harus dilakukan adalah cus langsung bertindak, do act gitu lah. Tapi sebelum melakukan usaha ada yang harus diperhatikan dulu, biar penambahan penghasilan ini berjalan dengan lancar dan laba yang besar, aamiin. 


Memilih usaha sesuai dengan hobi

Yess, buat saya sih penting ini. Bayangin deh kalau kita melakukan sesuatu yang tidak disukai, bakalan gak enak dijalani juga, serasa diberi beban berat banget. Jadi kalau mau nambah penghasilan dengan bikin usaha ya usahakan yang sesuai dengan kemampuan plus minat kita. passion first uang bakal ngikutin. Jadi mari kita pikirkan apa sebenernya passion sesungguhnya yang bisa dijadikan usaha. 



Trik pemasaran

Tentukan dulu gimana sih trik pemasarannya plus tentukan juga pangsa pasarnya. Apalagi sekarang jejaring sosial mumpuni banget untuk memasarkan produk atau jasa yang kita miliki, iya kan? 

Modal

Untuk meraup keuntungan, pancingnya dengan uang lagi lah. Artinya keluarkan modal awal, mau pake modal sendiri yang sudah ada atau bisa juga mengajukan pinjaman modal untuk usaha yang akan kita lakukan. Oiya kalau mau mengajukan pinjaman usaha langsung aja ceki - ceki ke sofis.id karena disana ada banyak  jenis - jenis pinjaman untuk usaha. Untuk usaha online ataupun offline juga bisa. SOFIS ini memang sedang membangun kemitraan strategis untuk melancarkan produk pinjamannya. Yang unik dari SOFIS adalah mewajibkan semua krediturnya untuk mengikuti program pemberdayaan guna meningkatkan usahanya, wih keren kan. Udah kasi pinjaman usaha terus kasi ilmu agar usahanya maju pula.  Untuk lohat program pemberdayaannya seperti apa silakan langsung kunjungi https://sofis.id/ ya. 

Oiya sekedar menegaskan nih, bahwa SOFIS ini adalah platform marketplace yang digunakan untuk peer to peer lending untuk pinjaman usaha dan pinjaman individu, jadi hubungan antara pendana atau peminjam itu aman. 

Eh Tian peer to peer lending itu apaan sih? 

Peer to Peer Lending atau P2P Lending adalah sebuah metode yang memberikan pinjaman kepada individu ataupun bisnis dan kebalikannya, mengajukan pinjaman kepada sang pemberi pinjaman yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dan peminjam via online. Kurang lebih sederhananya gitu. 

P2P ini sangat memungkinkan untuk memberikan atau mengajukan pinjaman tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan sebagai perantara. Kalau bisa diumpamakan sih P2P ini mirip marketplace online yang menyediakan tempat untuk pertemuan antara seller dan buyer. 

Daripada mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan yang pasti prosesnya lebih riweh kan? nah bisa deh mengajukan pinjaman dengan sistem P2P ini. 

Temen - temen udah tau tentang Fintech?. Keberadaan Fintech itu adalah untuk mempermudah mengakses produk keuangan, mempermudah transaksi juga dan untuk meningkatkan literasi keuangan. 

Pembukuan usaha 

Buat pembukuan sederhana saja gak usah ribet, meski sederhana namun harus berkala dan arsipkan dengan baik dan rapi. 

Pemisahan rekening 

Pisahkan rekening usaha dan rekening pribadi, ini wajib banget. Saat mulai usaha tolong deh buat lagi rekening khusus, jadi nanti ga pusing pala berbi pas perhitungan laba. Haram hukumnya membelanjakan uang usaha untuk shopping haha, nanti untungnya malah tak nampak,kumaha atuh?


Gimana? Sudah siap memulai usaha dan menambah penghasilan? Bismillah aja ya semoga niat memulai usahanya berjalan lancar, aamiin. 



Wassalam,


Tian Lustiana 



You May Also Like

12 komentar

  1. Untuk memulai usaha saya selalu siap, bahkan udah saya jalani dan juga beberapa kali mengalami kegagalan heheheh

    ReplyDelete
  2. THR masih nyisa... tp urusan sekolah anak2 msh byk yg hrs di urus :)))

    ReplyDelete
  3. Saya bikin pembukuan sederhana pakai Excel aja. Dan emang betul, pisahin rekening itu penting banget, jadi kita bisa tahu mana uang yang masuk dari usaha, mana yang masuk dari rekening suami.. :) :)

    ReplyDelete
  4. Eh geuningan banyak yaa, pihak2 yg bisa ngemodalin, hihi....

    ReplyDelete
  5. Aku termasuk orang yang sering jatuh bangun kalau usaha. Memang sih usaha kecil-kecilan tapi kan bisa jadi gede kalau diseriusin. Udah sering gagal tapi nggak kapok kok, hehe Thank you tips mbak :)

    ReplyDelete
  6. Kebetulan ada keluarga yang mau mulai usaha nih, menarik ya sofis ini

    ReplyDelete
  7. sha juga lagi miir2 buat buka usaha nih teh, barusan ceki2 web nya. kok kurang yakin, hehe

    ini kayaknya buat usaha yang udah besar. pinjaman toko online min pendapatan 1 M pertahun :D

    ReplyDelete
  8. Saya paling pusing sama trik pemasaran

    ReplyDelete
  9. Modal memang selalui yang pertama dipikiran ya untuk memulai usaha. Ini sofis boleh neh.

    ReplyDelete
  10. Tips yang terakhir itu penting banget biar nggak kecampur uang pribadi dan uang bisnis. Juga biar kelihatan jelas keuangan usaha yang dijalani

    ReplyDelete
  11. penting bangeeet ya memisahkan pribadi dan dana usaha. Perlu disiplin!

    ReplyDelete
  12. butuh perencanaan matang dan modal serta semangat lebih buat merealisasikan ....

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84