Blogger Siap Sosialisasikan 4 Pilar

by - 3:10:00 PM



Assalamualaikum, 

Sabtu, 20 Mei 2017 lalu saya dan temen - temen blogger Bandung mendapatkan kesempatan untuk ngobrol bareng MPR RI loh. Ngobrol apaan ya sama MPR? Gak ngobrolin yang berat - berat kok, ngobrol santai aja. Ngobrolin tentang 4 pilar, ada yang tau apa saja sih 4 pilar itu? Saya yakin pasti sudah pada tau dong apa saja sih 4 pilar itu?. Ya, 4 pilar kebangsaan itu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI

Acara Ngobrol bareng MPR ini tidak hanya blogger Bandung yang hadir, namun ada juga blogger dari Garut, Indramayu juga purwakarta. Eh ada juga dari Cianjur loh, teh Okti ya.

Narasumber pada acara itu ada perwakilan dari komunitas Blogger Bandung, Bang Aswi sebagai Ketua, Ibu Titi Kepala Biro Humas MPR RI, Ibu Raras Kepala Bagian Pemberitaan dan Mas Andri sebagai kepala Bagian Pengolahan data dan sistem informasi MPR RI. Juga ada kehadiran Sekretaris Jenderal MPR RI Bapak Ma'ruf Cahyono yang turut memberikan pencerahan seputar 4 pilar. Obrolan seru seputar 4 pilar dan tentang negeri kita tercinta, Indonesia. 


Dan inilah 4 Pilar di mata saya. 

Well, jika dilihat dari cerminan bahwa era globalisasi ini sangat pesat kemajuan teknologinya, belum lagi perkembangan zaman yang pesat, tentu ada efek negative dan juga positive nya. Dalam obrolan kemarin juga berbicara tentang hal ini, tentang dampak yang terjadi pada pemerintahan, pada manusia – manusia Indonesia dan pada pemuda – pemudi yang kelak akan menjadi penerus bangsa ini.

Tapi kok sekarang peranan rakyat untuk membangun Indonesia agak luntur dan nyaris terpecah ya, ah apa ini hanya pemikiran saya saja? Sebagai seorang ibu, saya inginkan generasi penerus bangsa ini bisa memberikan hal yang positive untuk bangsa, tentu hal yang penting dilakukan oleh seorang ibu seperti saya ini adalah menerapkan moral yang baik pada anak, menerapkan perilaku dan budi pekerti yang baik pada anak  demi menjaga keutuhan NKRI tercinta ini. Dan yang harus dipersiapkan sejak dini adalah sikap mental dan juga pembinaan untuk mengembangkan karakter anak, sang generai penerus bangsa untuk selalu menjaga agar kemerdekaan Negara ini dinikmati selalu.



Sebagai seorang blogger, saya diwajibkan berperan aktif juga loh mengisi kemerdekaan ini, ya seperti cyber army lah untuk keutuhan Negara tercinta ini. Hah cyber army? Ya, kita sebagai para blogger dan netizen harus memberikan sharing kepada masyarakat seputar 4 pilar dan implementasinya dalam kehidupan. Ga susah sih, sharing ke social media dan blog seputar 4 pilar.

Peran aktif mengisi kemerdekaan ini menurut saya ga susah sih, hanya dengan melestarikan 4 pilar aja udah cukup. Iya kan?

Pilar Pancasila

Pancasila sebagai dasar Negara, saya yakin sih kalau ini semua udah paham dan ngerti banget. Pancasila sebagai pondasi Negara kita, pedoman hidup bangsa. Apa yang bisa dilakukan saya sebagai seorang ibu dan seorang blogger? Pahami isi kandungan Pancasila dan amalkan, udah gitu aja.

Pilar UUD 1945

UUD 1945 ini sebagai acuan dalam penyelenggaraan system nasional dan juga sebagai landasan pelaksanaan program – program pembangunan nasional.

Pilar Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa dan agama, keanekaragaman ini adalah pembentuk kesatuan bangsa kita bukan malah menjadi pemecah. Seperti akhir – akhir ini, perbedaan kok malah dijadikan perpecahan, piye nduk? Andai saja semua warga Indonesia mampu memahami ini, saya yakin bangsa Indonesia ini bakalan terhindar dari upaya orang – orang yang berusaha memecahkan bangsa Indonesia.

Pilar NKRI

Baca UUD 1945 pasal 37 ayat 5, pahami dan cintai NKRI. Kalau bukan kita yang mencintai Negara kita sendiri, siapa lagi?

Menjaga dan mengamalkan 4 pilar ini emang harus dipahami semua lapisan masyakarat, dari usia muda sampai tua.

Kuatkan anak – anak bangsa, calon penerus bangsa ini dengan memperkuat pendidikan karakter , karakter itu kan ciri khas yang bakalan menjadi cermin. Maka pendidikan karakter ini snagatlah penting demi melahirkan kembali identitas bangsa Indonesia.

pendidikan itu adalah upaya memicu pertumbuhan budi pekerti dan juga pikiran anak, apa sih tujuannya? Untuk mengembangkan potensi anak agar berahlak mulia dan cerdas akalnya, pendidikan moral diperlukan untuk dijadikan benteng terhadap pengaruh negative era global dan juga untuk melestarikan nilai – nilai Indonesia yang luhur dan agung.

Menurut saya, pendidikan karakter dan moral harus diterapkan sejak dini untuk melahirkan kembali nilai nasionalisme yang sudah mulai hilang di kalangan pemuda – pemudi zaman sekarang, dengan menerapkan pendidikan karakter dan moral sejak dini juga bisa menghilangkan sikap individualisme dan sikap tidak peduli terhadap sesama.


 Terimakasih waktu ngobrol santai dengan MPR nya, semoga bisa ngobrol santai lagi ya dengan bahasan yang lebih menarik. 

You May Also Like

17 komentar

  1. aslinya baru tau ada yang namanya 4 pilar :D dan itu teh empat-empatnya udah sering saya denger/baca pula. ke mana aja saya teh...heuheueheu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah ya kadang gitu, tau tapi ga tau namanya empat pilar kali yah

      Delete
  2. leres teh, pendidikan karakter harus dari kecil, kalo udah gede mah susah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pisan, udah gede mah sok hese nyak hihi

      Delete
  3. 4 Pilar itu mah selalu di hafalin waktu SD dulu,, hehe
    Masih Inget ngak yah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe pasti masih ingat kalau ditanamkan dalam kehidupan sehari - hari

      Delete
  4. 4 pilar menurutku , menanamkan kebaikan di dalam keluarga, dimulai dari hal yang dekat dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes banget, semua berawal dari yang kecil ya

      Delete
  5. 4 pilar menurut aku penting bgt bukan cuma sekedar dihapal tp dipahami dan di tanamkan sejak usia dini heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget watiiii. Like this yoo

      Delete
  6. Blogger skrg penting banget untuk persatuan bangsa krn pegang media online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semacam cyber army kali yah

      Delete
  7. empat pilar harus dipertahankan karena didalamnya mengandung ketuhanan
    jangan sampai negri kita tercinta ini jadi gerbong komunis
    nasionalis boleh yang penting aganis
    jangan sampai nasionalis yang komunis

    ReplyDelete
  8. Sebagai blogger kita harus paham 4 Pilar ini supaya bisa menulis dengan benar agar masyarakat paham ya Teh.. Beruntung pisan bisa ngobrol bareng MPR, jadinya bisa lebih paham dan bisa jelasin kalo ada yang nanya 4 Pilar.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya blogger juga harus paham 4pilar ini ya nol

      Delete
  9. Betul sekali bahwa sebagai blogger harus memahami 4 Pilar tsb

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84