Tentang Mengendalikan Emosi

by - 2:18:00 PM

Assalamualaikum,

"Grrrrr, emosi banget sih liat tuh orang"
"Ish emosi deh pokoknya, lagi pengen makan orang rasanya"

Dan masih banyak ungkapan ketika saya lagi emosi, duh emang sangar saya kalau lagi emosi, suka pengen ngunyah orang. Haha. Manusiawi ya kalau ada rasa emosi, namanya juga manusia kan? 


Tapi kadang kalau lagi "waras" saya kok rasanya malu kalau lagi emosi, suka mengendalikan emosi sebisa mungkin deh biar enggak meledak emosinya. Saya hanyalah 'budak' pelampiasan emosi aja, yang masih kurang bisa mengontrol emosi. Namun semua ada prosesnya, saya yang dulu meledak - ledak ya sekarang lumayan lah bisa mengendalikan meski belum seratus persen, tapi setidaknya ada perubahan, lumayan lah. 

Emosi bukan hanya merusak hubungan sesama manusia, emosi yang tidak terkontrol juga bisa membuat kita sakit, stress dan wassalam deh. Ih amit - amit ya. Makanya saya sebisa mungkin mengendalikan emosi supaya saya enggak terjangkit penyakit hati dan penyakit lainnya yang bakalan membuat saya wassalam, hehe. 

Apa yang saya lakukan ketika mengendalikan emosi dan mengontrol emosi???

Berpikir logis,

Wanita jarang banget yang memiliki pikiran logis, yang ada mah emosional aja. Tapi bisa kok dibiasakan untuk berpikir logis. Permasalahan semakin besar jika dibuat emosional, saya emosian disaat logika saya lagi enggak bisa didamaikan dan akhirnya saya terbawa emosi. Untuk belajar mengendalikan emosi, saya memulai dengan melatih diri saya sendiri untuk selalu menggunakan logika dalam kondisi apapun. Belajar perlahan saja jangan memaksakan juga, lama - lama bisa kok. 


Belajar untuk memahami, 

Memahami karakter manusia lain juga bisa menjadi pemicu untuk mengendalikan emosi loh, ini penting agar saya tidak mudah marah pada orang lain. Jadi jika interaksi saya dengan manusia lain banyak maka toleransi dalam diri saya pun akan semakin kuat. 

Saya sendiri biasanya marah pada orang lain karena saya mengharapkan orang lain itu sama dengan saya. Saya memaksakan agar orang lain bertindak sesuai dengan keinginan saya, padahal saya ga bisa ya memaksakan hal itu pada orang lain. Kan setiap orang itu berbeda karakter dan enggak mungkin sama. 

Empati, 

Temen - temen sudah tau kan apa itu empati, berusaha ikut merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain. Intinya gini aja jangan mencubit kalau kita enggak mau dicubit orang lain, selesai. Berempati juga bisa membuat saya belajar mengontrol emosi. Jadi kalau ada yang sedang amrah - marah ya saya empati aja, mungkin ia sedang banyak masalah atau sedang capek, jadi saya ga negative thinking juga. 

Curhat,

Curhat adalah salah satu cara untuk mengendalikan emosi, percaya atau tidak. Dan ini sangat efektif. Jika saya sedang marah atau kesal, biasanya saya curhat sama suami dan mengutarakan isi hati pada suami, bahkan kalau saking keselnya saya suka sambil nangis. 

Buat saya, ketika saya sedang emosi saya akan merasa lega jika saya bercerita dan menangis. Dengan menangis saya bisa mengurangi beban emosional dan menjadi lebih lega, sehingga bisa membantu saya untuk berpikir logis. 


Lakukan empat hal ini ( ada postingan selanjutnya, tunggu ya) dulu secara intens ketika sedang emosi, insya allah seiring berjalannya waktu perubahan akan terjadi. Yang tadi suka gampang emosian akan sedikit berkurang, meski ga langsung sempurna menjadi orang sabar. 

Kalau temen - temen sedang emosi sukanya ngapain??? 





Wassalam,

Tian lustiana








You May Also Like

12 komentar

  1. Makasih udah sharing teeeh :*
    Aku kalau lagi emosi masih suka ekstrem sih. Masuk kamar, nutup pintu, diem. Daripada marah2 kan yaaa 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu kl lg marah haha masuk kamar diem.


      Sama2 des

      Delete
  2. Baiklah akan saya coba pesan ini, fiuuuhh... Wajah kalem saya ini mana ada yh percaya klo saya ternyata tukanng marah2 wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kan dont judge a book by its cover

      Delete
  3. Aku kalau lagi emosi diem aja, males ngomong :D Ini masih mending, jaman SMA - Kuliah dulu bahkan awal-awal kerja aku suka eskpresif kalau lagi kesel. Sekarang? Palingan manyun hahaha. Cuma aku ga lagi kesel juga setingan bibirnya udah manyun. Lagi diem manyun, lagi asik baca buku juga manyun. Nah biar lega aku sukka curhat sama yang bisa bikin aku nyaman. Setelahnya legaaa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama, kalau lagi emosi berat mending diem daripada nanti omongan saya nyakitin wkwkwkw

      Delete
  4. penting banget ini, noted..maklum emak-emak yah ada aja yang suka bikin emosi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, iiya bener udah emak-emak harus banyak sabar karena banyak yang bikin esmosi jiwa raga

      Delete
  5. makasih sharingnya mga kita seallu bisa berusaha sabar yaa

    ReplyDelete
  6. Emosi emang selalu muncul secara tiba-tiba tanpa rencana, kecuali Drama ...
    Jadi terkadang sulit juga untuk menahannya, mgkin tips nya yg diberikan bisa menjadi penawar emosi tersebut ... Thanks dan salam kenal

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D