Ketika Menghadapi Orang Sensi - an

by - 2:19:00 PM

Assalamualaikum,


Pernah ga temen - temen berhubungan dengan orang sensian? Yang dikti - dikit emosi, dikit - dikit marah dan pokoknya super sensitif lah. Orang sensian emang sulit banget ditangani dan kadang apa yang saya rasa ga masalah, ditanggapin sama orang yang sensitif bisa jadi masalah besar dan melukai perasaannya, ribet ga sih kalau berhubungan sama orang kayak gini? Ribet emang, tapi gimana meski begitu tetap tali silaturahmi ga bisa putus gitu saja, tali silaturahmi harus tetap terjalin dengan baik, bukankah begitu?? 


Terus gimana dong?

Ya ga gimana - gimana, ga mungkin juga kita tiba -  tiba menjauhi temen kita kan? Menurut saya untuk menghadapi temen sensitif sih mending hindari aja beberapa statement yang bakalan membuat mereka sensi, nah statementnya apa aja Tian? 

Hindari candaan tentang mereja. Ya, karena mereka kadang gak memandan candaan kita sebagai candaan tapi bisa saja mereka mengartikannya sebagai hinaan, berabe kan? 

Hindari hal yang berbau kritikan, karena mereka yang sensitif itu menganggap kritikan sebagai penolakan akan dirinya. 

Ya, kadang emang malesin banget ya berhubungan dengan orang yang sensian, tapi ga mungkin juga kita terus menghindari setiap saat. Bagaimanapun tali silaturahmi harus tetap terjaga. Hanya saja harus banyak sabar dan juga sadar bahwa berhubungan dengan orang sensian akan menganggap apapun statement dari kita itu seperti mentrigger emosinya, kadar sabarnya dibanyakin aja deh atau mending sama sekali ga keluarin statement apapun alias DIAM. 
Orang yang sensi an itu pasti ada aja celah bahwa kita ini sudah membuatnya marah dan tersinggung.Karena sebenarnya sih masing - masing manusia memiliki bayangan realita dan juga ekspektasi serta pandangan yang berbeda dalam menilai orang lain.

Kala meminta maaf pada orang yang sensian aturannya itu adalah saya harus menunjukkan bahwa saya tidak menolak adanya mereka, jadi minta maaf juga saya harus dengan tatanan bahasa yang sangat - sangat jauh dari kata kritikan atau divergent opinion.

Well, menghadapi orang yang sensian itu emang ga penting. Yang penting komunikasi aja ditingkatkan dan kita harus ngerti bener suasana sang manusia yang sensian itu haha,ya ga ada salahnya kita memahami orang lain, meski kadang menyebalkan. Berdoalah semoga diberikan kesabaran yang banyak setiap saat, aamiin.




Wassalam,


Tian Lustiana 



You May Also Like

9 komentar

  1. Emang paling sebel kalau berhadapan dengan orang yang gampang sensi dan sok bener tuh ... hufttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya dan mungkin kitanya yang harus belajar sabar yang banyak

      Delete
  2. Kalau udah tahu sensian biasanya aku akan menarik diri supaya enggak nyenggol dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa bakalan lebih hati - hati lagi dalam berkomunikasi ya mbak

      Delete
  3. setuju mbak, gak bisa sembarangan becanda. Dan menghadapi org sensian yg plg penting bagiku yaitu jgn ikutan sensi klo abis jeplakin sikap dia hihi.. biasanya nanti kita yg jd bete ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih iya rugi kita sendiri ya mbak yang ada

      Delete
  4. Orang sensian susah diajak bercanda ya Mbak. Kalau saya ngobrol seperlunya aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe candaan kadang dianggap beneran

      Delete
  5. Orang sensian itu bisa jadi bukan dari "sononya", tapi karena pengalaman hidup nggak enak yang pernah dialaminya membentuk dia jadi pribadi yang lebih sensitif. Sepengalaman saya begitu, Mbak. Tapi poin nggak bisa sembarangan becanda itu, perlu diterapkan banget, terutama yang menyangkut fisik, keluarga dan keputusan hidup.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D