Cegah Depresi Karena Polusi Udara? Pakai Masker

Assalamualaikum, 

Duh, polusi semakin hari semakin ga asik aja ya. Setiap tahunnya kendaraan terus bertambah, otomatis paparan polusi udara pun semakin buruk dan tentu membahayakan kesehatan kita semua. Duh serem ya? Ga tanggung - tanggung efek dari polusi udara ini ga usah nunggu lama, dibayar kontan loh. Gangguan kesehatan seperti pusing, sesak napas bahkan depresi bisa saja terjadi jika dalam waktu panjang kita terpapar polusi udara, duh. 


Stress atau bahkan depresi bisa terjadi pada setiap orang, termasuk kita loh. Kerusakan mental juga bisa mempengaruhi kemampuan kita dalam melakukan kegiatan sehari - hari. Ih masa sih depresi? hati - hati ah buat yang kadang mood nya turuun naik, gampang sedih, gampang merasa tertekan itu bisa saja indikasi dari depresi, tapi tenang depresi bisa dicegah. 

Bagaimana memang cara mencegah depresi???

Oiya sebelum saya lanjut ke cara mencegah depresi, saya mau nanya dulu. Temen - temen sudah tau dong tentang Portal Otomotif No. 1 di Indonesia??? Hayooo dijawab. Yess, bener banget jawabannya adalah Mobil123.com .  Nah Mobil123.com dan media online lifestyle otospirit.com beberapa waktu lalu mengadakan kegiatan sosial dengan tajuk "MASK FOR BIKERS". Wih keren ya? Saya selaku bikers merasa tersanjung banget dengan kegiatan sosial ini. Kegiatan ini melibatkan sekitar 15 bikers dari 5 komunitas motor diantaranya journalist N-Max club, Suzuki GSX club Indonesia, Ninja Injection Owner, Jakarta max Owner Club, Vario Owner Medias. 


Dalam kegiatan sosial ini ada sekitar SERIBU MASKER yang dibagikan untuk para pengendara kendaraan roda dua yang melintasi jalan RAdin inten 2 Buaran, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. Dilaksanakan dari mulai pukul 16.00 sampai 17.00 WIB. Kerennya lagi mereka semua yang ikut terlibat dalam kegiatan sosial Mask For Bikers ini memberikan maskernya langsung kepada para pengguna kendaraan roda dua. 


Tentu saja ini sangat menarik bagi para biker yang sedang berada dalam perjalanan, dan mereka langsung menghampiri untuk mendapatkan masker itu. Ya, masker penting sekali peranannya bagi bikers, saya akui banget. 


Direktur dari Mobil123.com dan Otospirit.com, Regia Glamouria angkat bicara bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menyambut hari kesehatan dunia yang diperingati setiap tahun, 7 April. Dan tema global yang diusung tahun ini adalah Depression : Lets Talk


Menurut Regia Glamouria masalah depresi ini adalah masalah kita bersama, tanggung jawab kita bersama. Makanya pas Hari Kesehatan Dunia tahun ini menggelar kegiatan yang bertujuan agar para pengguna kendaraan roda dua ini kesehatannya lebih baik. Penting, para bikers menggunakan masker supaya tidak terpapar polusi udara dan mengganggu kesehatan. 

Polusi udara mampu mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan kita, makanya saya bilang kan kalau masker ini penting banget untuk bikers supaya terhindar dari polusi, ini juga salah satu cara mencegah depresi lho. 


WHO (World Health Organization) pada tahun 2016 sekitaran bulan Oktober kan meluncurkan kampanye yang memastikan bahwa sudah banyak loh manusia yang terkena deperesi, dan harus mendapatkan bantuan makanya dengan membagi - bagi masker ini juga adalah bentuk mewujudkan program WHO juga.  Di catatan WHO ada lebih dari 300 juta manusia yang menderita depres ya jika dipersentase kan sekitar 4,4 persen dari populasi dunia, hmmm. 90 persen kematian terjadi di negara berkembang. Di Indonesia saja sebanyak 9,1 juta manusia yang menderita depresi, sekitar 3,7 persen dari populasi, hmm mengerikan sekali bukan?? Saya sih emang dari dulu selalu menggunakan masker, alasan kuat nya sih supaya muka ga kotor wkwk, tapi sekarang saya udah paham bener bahwa masker penting dipakai ketika berkendara agar terhindar dari polusi udara yang semakin hari semakin memburuk. 

Jadi, setiap berkendara motor jangan lupa untuk selalu menggunakan masker ya, karena masker ini memiliki peranan penting juga untuk mencegah depresi.  



Wassalam,


Tian Lustiana 








44 komentar

  1. Kirain polusi udara ga bakal bikin depresi, ya. Ok fix. Kudu siap selalu masker kalau naik motor nih. Bukan cuma buat gegayaan aja, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Harus selalu pake masker. Biar ga stress hehe

      Hapus
  2. kayaknay pejalan kaki juga harus ya secara banayk kota besar polusinya sdh tinggi, aku lihat di jakarta sdh banyak pejalan kaki juga pakai amsker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget pejalan kaki juga terpapar polusi udara yg semakin hari semakin tdk bersahabat

      Hapus
  3. Dari dulu aku rutin pakai masker kalau keluar rumah mbak, sampai hamil sekarang makin rajin pake. Semoga kita sehat selalu ya mbak dan jauh dari Depres. :(

    BalasHapus
  4. Maskernya lucu... Btw saya kalo k mana mana juga baea masker... Buat jaga2 juga kalo tidur di angkutan. Jadi kalo mangao gak keliatan.. Wkwkw

    BalasHapus
  5. Saya sangat salut dengan gerakan ini. Semoga bisa tetap lanjut :)

    BalasHapus
  6. Kadang aku juga suka lupa makenya mba, akhirnya tutupan make jilbab hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya juga pernah pake jilbab, kalau darurat

      Hapus
  7. wah gak sangka polusi bisa bikin depresi juga ya. Aku suka lupa pakai masker kalo lagi bawa motor nih, terimakasih sudah diingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pengaruhnya besar sekali ternyata ya

      Hapus
  8. Aku juga selalu pakai masker kemana-mana mba. Kuatir polusi :)

    BalasHapus
  9. Dengan tingkat polusi udara yang kian meningkat ini, penggunaaan masker emang penting banget ya, ga hanya untuk bikers, tapi menurutku sih, juga dibutuhkan oleh para pejalan kaki yang melintas di jalanan yang padat lalu lintas.
    Jadi inget wkt masih jd 'petarung' commuter line saat msh tinggal di Jakarta dulu. Masker jadi teman setia. :)

    BalasHapus
  10. Saya kalau naik kendaraan jg pakai masker. Sayangnya anak2 blm mau nih mbk, mungkin mau cari masker yg lucu2 supaya anak2 mau kali ya.
    TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marwah sih alhamdulillah suka mau pake masker, iya kasi warna warni aja yang unyu biar anak2 suka

      Hapus
  11. Menggunakan masker saat berkendara memang wajib banget ya, supaya bisa terhindar dari polusi dan debu.

    BalasHapus
  12. Dulu pas SD aku nggak ngerti kenapa mesti pake masker, kukira cuma buat style aja, hihi...
    Tapi sekarang aku sudah tahu ternyata masker itu manfaatnya banyak, salah satunya mencegah agar terhirup polusi langsung ya, dan juga mencegah dandanan 'terbang' tentunya 😁

    BalasHapus
  13. Selain pengendara motor kayaknya pejalan kakipun harus pakai masker yaa,apalagi kalo jalan kakinya jauh di tempat yang rame kendaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, pejalan kakipun membutuhkan masker

      Hapus
  14. Wah saya ini yg malas banget pakai masker, karena kadang malah jadi pengap sih, haha... Padahal iya penting banget ya untuk kesehatan pernapasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake maskernya jangan yang pengap mbak hehe

      Hapus
  15. Suami saya kok ga dapet :D

    BalasHapus
  16. Saya mah nggak mau kena polusi, makanya selalu pakai masker

    BalasHapus
  17. Salut buat mobil 123 yang berbagi seribu masker.

    BalasHapus
  18. pengen banget bisa melakukan kegiatan yang memberikan bermanfaat seperti ini mbak tian

    semoga nanti di kota ku, bakal akan ada kegiatan seperti ini

    BalasHapus
  19. Memang harus dibiasakan sih ya, tapi aku kok enggak bisa pake masker. Eungap T_T

    BalasHapus
  20. Buat bikers memang penting pakai masker, karena rasanya sesak mencium asap knalpot kendaraan saat macet or saat berhenti di lampu merah.

    BalasHapus
  21. Ya ampun, aku baru tau, jadi polusi bisa bikin depresi ya maaak.. Huhuhuhu. Berarti wajib banget pake masker untuk para bikers ya maaaak

    BalasHapus
  22. Jadi ingat waktu musim asap dulu (musim)
    Si kecil benar-benar gak mau pakai masker, gak mau ditutupin tapi juga gak mau di rumah aja. Masker biasa (kain) pasti tembus juga. Rasanya bikin trauma.

    BalasHapus
  23. Masker udah jadi aksesoris wajib kalau aku naik motor

    BalasHapus
  24. Karna polusi sekarang makin banyak jadi makin sesak euyy nafasnya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon