Tips Membedakan Kosmetik Yang Masih Bisa Dipakai Dan Tidak

by - 11:19:00 AM

Assalamualaikum, 

Awal tahun baru ini, selain beberes rumah, bebenah laporan keuangan rumah, saya pun seneng beres - beres kosmetik. memilah dan memilih mana yang sudah tidak layak digunakan dan mana yang masih bisa digunakan. Daripada berantakan ga jelas, ya udah mendingan saya sortir deh. 

Tips Membedakan Kosmetik Yang Masih Bisa Dipakai Dan Tidak

Kadang, ada kosmetik yang berubah warnanya, terus bau nya pun berubah. Ada lipstick yang seperti berembun, hehe mungkin karena lama sekali tidak dipakai. Krim wajah yang warna serta baunya sudah berubah dan sampai ada cairannya, hehe ketauan deh suka males pake krim wajah, haha. Iya, saya memang suka males pake krim wajah, apalagi krim malam, haha. Eh pas mau pake itu krim malah udah berubah warna dan bau, gagal maning deh pake krimnya wkwk. 

Kalau kosmetik sudah seperti itu, pasti langsung dibuang dong, ga pake mikir lama kali. Sebenernya masih bisa dipake loh, nah gimana memang membedakannya? Gimana cara membedakan mana yang masih layak digunakan dan mana yang harus dibuang? 

Tips Membedakan Kosmetik Yang Masih Bisa Dipakai Dan Tidak

Oke, saya bakalan kasi nih tips ala - ala yang semoga saja bermanfaat ya buat temen - temen yang mau beres - beres kosmetiknya. 

1. Warnanya berubah 

Ada beberapa kosmetik yang akan mengalami perubahan warna, seperti serum atau krim. Kenapa sih bisa berubah warna gitu? Contoh untuk krim wajah yah, misalnya awal krim wajah itu warnanya putih, kemudian krimnya berubah warna menjadi kuning, itu bisa saja disebabkan karena krim itu peka banget pada cahaya, atau bisa jadi pas nyolek tangan kita itu kotor, saya suka takut memakainya kembali kalau warnanya berubah, saya takut ada komposisinya yang sudah tidak bermanfaat lagi. Contoh lain, parfume, pernah parfume saya berubah warnanya karena lama gak dipakai, itu berubah warna dikarenakan oksidasi. 

jadi gimana nih buang atau pakai?? 

Untuk produk yang memiliki komposisi aktif silakan buang saja jika warnanya berubah, parfume juga sama kalau sudah berubah warna silakan buang saja. Namun untuk pelembab biasa sih buang kalau kekentalannya berubah yah. Lebih aman sih kalau buka produk jangan lebar - lebar bukanya, biar produknya ga terpapar udara serta cahaya. 

Tips Membedakan Kosmetik Yang Masih Bisa Dipakai Dan Tidak

2. Aromanya berubah 

Lotion, dan kosmetik lainnya yang mengalami perubahan aroma itu berarti pengawet dalam produk sudah tidak bekerja lagi. Kalau begitu artinya bakteri dan jamur sudah bisa dipastikan masuk kedalam produk tiu, untuk parfum mungkin tidak akan ada jamur kali ya karena kandungan alkoholnya, tapi aroma nya yang pasti akan berubah. 

Kalau begini, gimana buang saja??? 

Mikroba dalam produk yang sudah tumbuh bakteri itu bisa membuat infeksi, jadi mendingan dibuang saja. Sebaiknya simpan perawatan kulit atau parfum di tempat yang terlindung dari paparan cahaya dan simpan di tempat yang sejuk. 

3. Produk terpisah 

Pernah liat kuteks yang terpisah, alas bedak yang terpisah seperti muncul cairan gitu diatasnya. Itu artinya produk sudah terlalu lama. Pemisahan ini biasanya menandakan oksidasi karena terpapar udara serta sinar, akibatnya komposisinya berubah. Langsung aja buang kalau sudah begini, karena percuma dipertahankan yang ada khasiatnya sudah hilang dan kalau dipaksakan dipakai malahan nantinya iritasi. Agar kosmetik tahan lama, tutup rapat - rapat supaya proses oksidasinya bisa diperlambat. 

Tips Membedakan Kosmetik Yang Masih Bisa Dipakai Dan Tidak

4. Berkeringat 

Pernah liat produk berkeringat? aiih abis marathon keleus sampe keringetan, haha. Munculnya titik - titik embun pada produk kosmetik ini disebabkan karena suhu yang panas, karena panas akhirnya minyaknya naik ke permukaan. Harus dibuang?? Kalau ini pada lipstick, coba deh olesin aja dulu, kalau masih oke ketika dioleskan berarti masih bisa dipakai, tapi cek dulu apakah sudah lama, takutnya sudah bertahun - tahun, kalau sudah lebih dari  5 tahun mendingan buang aja deh. Simpan kosmetik pada rak khusus agar tetap sejuk. 

Silakan baca : seputar kecantikan

Itulah beberapa tips sederhana dari saya untuk membedakan jika kosmetik masih dipakai apa sudah waktunya dibuang. Semoga bermanfaat ya. 




Bandung, 03 Januari 2017 
Wassalam,


Tian Lustiana 


You May Also Like

26 komentar

  1. Aku punya kosmetik udah 2 tahun masih awet banget. Kayaknya bentar lagi kadaluarga. Dipake cuma buat ke undangan doang. Wahhh ini aku jadi terinspirasi bebenah kosmetik yang cuma sekantong jarang ditengok takutnya udah ga layak pakai. :)Aku soalnya cuma pake lipbalm aja. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhe udah cantik soalnya teh Zia jadi gak usah pake kosmetik hehe

      Delete
  2. kalo aku cowok bagaimana komennya ya , mudeng juga ,, tapi tak apa untuk kali ini salam kenal aja dulu kak,,,hehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak, makasih ya infonya. Ini aku juga lagi berbenah peralatan sama kosmetik kali2 ada yang udah kadaluarsa. Kadang kalo pake udah nggak enak kayak kuteks itu tanda2 tong sampah udah manggil2. Salam kenal juga btw. :)

    puarada.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Alifah terimakasih sudah berkunjung yah, salam kenal kembali

      Delete
  4. Kunjungan perdana, salam kenal mbak :)
    mampir ya di blog baruku, terimakasih :)

    ReplyDelete
  5. Buang semuaaa?
    Hahahaha ketauan sering males make make up πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah senengnya beli tp males make ya

      Delete
  6. Alah siah, kayaknya beberapa kosmetik akikah udah pada kadaluarsa nih, secara belinya jaman baheula semuah hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti minta dibeliin lagi aja sama goblin ahjussi wkwkwk

      Delete
  7. Tah eta Teh, saya suka kecolongan banyak kosmetik yang tak tersingkap di kotak-kotak, gak terpakai akhirnya dibuang. Setuju deh harus disimpan di rak biar terbuka dan ketahuan ya. Makasih sharing nya Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh. Sayabjuga sukanlupa. Tau2 udh kadaluarsa aja wkwkwkw. Sama2 teh

      Delete
  8. Hai salam kenal...
    Bermanfaat sekali artikelnya..aku jadi tambah ilmu deh...makasih yow...

    savitrihutapea.com

    ReplyDelete
  9. Aku juga malas-malasan nih pakai krim malam tapi disempat-sempatin walaupun gak tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiihi emang suka malas ya mbak dan pengennya langsung tidur

      Delete
  10. Ih aku suka nyimpen kosmetik yang udah expired karena belum menunjukkan tanda tanda :D wkwwkk padahal nggak bagus yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih sama aku juga dulu gitu, sekarang mah udah diberesin

      Delete
  11. Aku dulu punya eyecream yang banyak kandungan airnya, tapi aromanya masih belom berubah. Dan skarang uda waktunya kadaluarsa hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe jangan dipakai Nez takutnya udah ga bagus wwkkww

      Delete
  12. paling sering nemu lotion yg udah expired. kalau dulu lipstick juga, sekarang mah cepet abis gegara di pake anak buat nggambar badannya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya pun sekarang lotion yang sering expired karena jarang dipakai

      Delete
  13. biasanya lipstik kalo dipolesin..suka pedas dibibir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya, saya belum pernah nyoba lipstick ED hhehehe

      Delete
  14. iyah mending dibuang ajah emang drpda membahayakan.
    Kebanyakan yang mengandung air/liquid/cream lbh pendek umurnya. Masih enak yang powder, semprot alkohol rutin biar makin panjang umunya :))

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84