6 Tips Atur Keuangan Keluarga

by - 11:52:00 AM

Assalamualaikum,


Atur keuangan rumah tangga dari sekarang yuk, mumpung masih awal tahun. Yang tahun kemarin - kemarin malas mengatur keuangan rumah tangga, sekarang saatnya melakukan perubahan, sekarang saatnya rajin mengatur keuangan rumah tangga supaya finansial keluarganya aman tentram dan tidak besar pasak daripada tiang. 



Sebagai lulusan akuntansi, ciyeh. Saya sudah terbiasa sih mengatur keuangan, termasuk mengatur keuangan sendiri, ya sejak SMK dulu saya rajin nulis laporan keuangan sendiri, dari uang saku sampai uang LKS saya tulis, naik angkot, jajan gehu, jajan bakso suka saya tulis juga dan kebiasaan ini terus saya lakukan sampai sekarang, semoga selalu istiqomah ya. 

Dulu, ketika saya berhenti kerjapun saya tetap melakukan aktivitas ini, meski pemasukan uang hanya dari gaji ayah Marwah tetap saya catat dengan baik, beli terasi aja saya tulis loh, bukannya pelit tapi harus jelas kemana nih selama ini uang saya berputar, dan kebanyakan berputar di mamang bakso, haha. Pencatatan keuangan ini penting, buat saya atau mungkin buat temen - temen juga penting ya. Saya mencatat semua transaksi keuangan ini untuk mengetahui alokasi uang abisnya dimana dan jadi ketahuan banget kalau saya banyak jajan, haha. Dengan rajin menulis pengeluaran dan pemasukan keuangan keluarga, saya menjadi lebih berpikir lagi untuk menambah penghasilan, soalnya kalau mengurangi pengeluaran sepertinya tidak mungkin deh, mengingat sekarang apa - apa mahal, iya kan? Jalan terbaik adalah menambah penghasilan, kalau saya dan ayah Marwah sih gitu pemikirannya. Aamiin kan saja ya temen - temen semoga penghasilan kami selalu bertambah setiap saat, aamiin. 



OKe, saya ingin berbagi cerita nih tentang proses mengatur keuangan yang biasa saya lakukan, mungkin ada temen - temen yang ingin tau hehe. 

1. Pencatatan Transaksi Harian 

Saya selalu melakukan evaluasi harian, setiap habis sholat isya atau mau tidur saya suka membuat rekapan, apa saja yang menjadi pengeluaran seharian itu, apakah ada pemasukan atau hanya pengeluaran semua. Saya catat semua pengeluaran secara rinci, setiap malam ya saya menuliskan pengeluarannya. Jadi engga pas jajan, saya tulis, pas bayar ini saya tulis, engga gitu haha. Jadi saya nulis rinciannya pas malam sebelum tidur, saya pake catatan manual, tapi kalau temen - temen mau ada kok aplikasi pencatat keuangan di google play, tinggal donlod aja. 


2. Tentukan Tujuan

Saya dan ayah Marwah memiliki tujuan, saya ingin beli ini, suami ingin beli itu dan Marwah mau beli ini itu. Jadi kami memiliki tujuan secara finansial pun, buat apa sih? Buat pemicu semangat kami mencari uang dan berinvestasi, kan sudah ada tuh tujuannya maka setiap saat saya harus merinci semua pengeluaran dan pemasukan agar tujuan kami tercapai dengan baik. 


3. Menabung di awal gajian 


Setiap habis gajian, saya selalu sisihkan nominal yang sudah kami sepakati untuk langsung ditabungkan, tidak menunggu sisa akhir bulan. Saya biasanya menabung itu sebanyak 20 - 30 persen dari penghasilan saya dan suami. Kadang kalau lagi ada bonus suka saya tambahin. Biar saya bisa mengontrol keinginan dan kebutuhan kalau saya nabung diawal gajian. 

4. Evaluasi tahunan 

Memang sih pengaturan keuangan saya lakukan setiap hari, evaluasi juga setiap hari. Namun coba deh setiap akhir tahun dievaluasi lagi dan bandingkan dengan tahun sebelumnya, apakah lebih hemat atau semakin boros?? 

  • 5. Disiplin 
    Susah memang mendisiplinkan diri sendiri, haha tapi ini wajib supaya proses pengaturan keuangan berjalan dengan lancar jaya. Saya ga tahan dengan diskon loh, kan modis alias modal diskon ekekek. Tapi demi tujuan finansial saya selalu disiplin dan bertekad kuat untuk tidak tergoda diskon. 
    6. Memberikan hadiah untuk diri sendiri dan Orang lain 
Tiga bulan sekali lah saya suka manjain diri beli apa gitu yang saya mau haha, kalau beli makanan sama buku sih tiap bulan, tapi tetap saya kondisikan dengan keuangan. Dan jangan lupa sedekah yaaa, jangan lupa berbagi dengan orang lain, hemat bukan berarti pelit loh. 

Sederhana kan pengaturan keuangan nya? Yang penting KONSISTEN dan DISIPLIN aja. Selamat melakukan pengaturan keuangan dan semoga sukses. 



Bandung, 02 Januari 2017 
Wassalam,


  • Tian Lustiana 

You May Also Like

18 komentar

  1. mak Tian. Yaampun, baca ini kaya ketampar banget. Oke fiks, tahun ini aku mau lebih disiplin soal keuangan ah. Udah lama nggak pernah buat catatan pengeluaran juga. Makasih mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak mumpung masih awal tahun hehe

      Delete
  2. Mba Tian, aku mencoba untuk menabung di awal gajian. Awlanya sih berhasil tapi lama kelamaan malah terlupakan. Makaish tulisannya jadi reminder :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih mbak, semoga bermanfaat yah.

      Delete
  3. Ini tipsnya oke dan perlu dicoba. Cocok teteh jadi perencana keuangan. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kan saya perencana keuangan suami teh Zia

      Delete
  4. Mbak Tian.. Makasiiih banget tipsnya. Mau saya praktekin. Soalna selama ini sih seperti air mengalir aja. Tapi kadang suka bingunh, kok cepat banget ya habisnya uang. Baru ambil di atm eh kok udah menipis. Hihihi.. Mau dicatat juga deh pengeluaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih mbak Yanti, semoga bermanfaat ya

      Delete
  5. saya kok ga konsisten ya nyatet pengeluaran....paling lama seminggu..kemudian lupa hihihihi alias malas..tp yg namanya nabung itu mmg di awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bawa selalu bukunya atau simpan ditmpt yg keliatan biar inget terus mbak hehe

      Delete
  6. yang tentang nabung diawal ituu bener banget kak
    nabung itu kudu dipaksa juga, kalo nabung di akhir bulan nnti tau tauuu ntrah duitnya keman :( ehhe

    Terimaksih kak tianlustiana tipsnyaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya pernah nyoba nabung akhir bulan. Yg ada uangnya sisa belanja kalap jd dikit wkwkw

      Delete
  7. Nabung itu yang paling berat buatku Mbak. Huhu. Nabung di awal bulan, okeee.. tapi pas akhir bulan ga ada pegangan lagi, arrggghh beburu congkel celengan. Nyahaha. Apa pake tabungan berjangka aja kali ya? Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabungan berjangka juga bagus.jadi ga akan kecongkel sebelum waktunya ya hehe

      Delete
  8. Mau bikin juga ah listrik pengeluaran tiap harinya. Keuangan keluargaku lagi acakadul banget nih, Mbak. Apalagi soal nabung, kalau ada sisa. Oh, tidaaakkk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kalau sisa suka dikit heheh. Itupun kalau ada ya mbak wkwkw. Enak sih mbak kl dibiasakan nabung diawal udh kebiasaan jd kayak py utang yg hrs dibayar

      Delete
  9. Menabung di awal bulan, kayaknya cocok banget buat aku praktekin mbak. :)

    ReplyDelete
  10. Makasih teh Tian sudah diingatkan, aku salah satu orang yang malesan buat catat pengeluaran, tau-tau abis dan nggak bisa nabung ujungnya hiks.. semoga awal bulan ini bisa mulai membiasakan :D

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84