Tentang Pendarahan Diluar Siklus Menstruasi

by - 2:02:00 PM

Assalamualaikum,

Setelah datang bulan seminggu lalu, sudah dua hari ini ada flek cokelat lagi. Gak kayak biasanya nih. Saya pun langsung bertanya - tanya pada pakarnya, yang kebetulan sahabat saya sendiri. Beliau menjelaskan dengan sangat detail tentang flek yang saya alami selepas saya datang bulan. 

Tentang Pendarahan Diluar Siklus Menstruasi

Keluarnya haid diluar siklus haid menurut medis disebut dengan pendarahan intermenstrual atau irreguler atau lebih dikenal dengan istilah metrorrhagia. Pada kondisi inilah biasanya para perempuan suka banyak drama, karena khawatir. Jujur saya pun demikian, saya langsung searching dan banyak sekali info yang mengerikan yang saya baca mengenai flek setelah menstruasi ini, maklum ya namanya juga perempuan, gampang khawatir. 


Sahabat saya ini menyebutkan bahwa keadaan seperti ini normal kok, ga usah khawatir berlebihan. Justru jika saya nya berlebihan dan akhhirnya stress malah jadi penyakit. Metrorrhagia ini dapat disebabkan oleh apa saja sih? Berikut akan saya jelaskan ya, sesuai dengan yang saya tangkap, semoga bisa membantu dan bermanfaat. 

  • Pendarahan yang tidak hebat atau pendarahan ringan, kerennya disebut dengan istilah spotting, ini disebabkan oleh implantasi embrio pada dinding rahim yang menandakan kehamilan, hmmm dan ini bukan penyebab metrorhagia pada saya, saya enggak hamil kok. 
  • Keguguran, ini juga bisa menyebabkan metrorhagia. 
  • Fluktuasi hormon. Adanya perubahan hormon estrogen - progesteron yang tidak seimbang.
  • Mengkonsumsi pil kontrasepsi secara oral atau secara estrogen. Menggunakan pil IUD.
  • Adanya cedera pada alat reproduksi juga bisa menyebabkan metrorhagia serta infeksi pada alat reproduksi.
  • Spotting yang disebabkan oleh pecahnya folikel pada ovum disaat ovulasi, dan ini termasuk normal. 

Sahabat saya ini pun menyarankan jika memang mengalami metrorhagia, jangan stress, santai saja. Dalam beberapa hari juga bakalan hilang kok dan kembali normal. 


Terimakasih yaa sahabat, yang gak mau disebutkan namanya disini hehe. 


Wassalam,

Tian Lustiana 

You May Also Like

15 komentar

  1. Baru tahu mba istilahnya Metrorrhagia hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tau mbak Herva hehrhr

      Delete
  2. baru tau..saya gak pernah mengalamin juga, paling dulu saat hamil pertama ada darah coklat-coklat tapi bukan mens ternyata lg hamil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lupa. Dl waktu hamil keluar flek ga ya hehe

      Delete
  3. Nah teh saya kemarin habis pendarahan banyak, sempat drop juga, padahal ga hamil loh, memang lagi haid, sempet panik juga. Semoga penyebabnya bukan cendera atau yang lainnya ya.

    ReplyDelete
  4. Wiiiih aku mah sering ini mba, hampir tiap bulan dan emang nggak lama palingan 3 harian dan darahnya mengendap aja di liang vagina, tp pernah juga sampai banyak dan ngetes ke celana, kalau dalam islam ini katanya disebut darah istihadah, boleh shalat dan berhubungan, tp kan bikin stress juga ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dalam islam namanya istihadah dan bener banget bikin stress dan was was

      Delete
  5. aku mah kurang paham yang ginian, hehe tapi lumayan lah buat nambah wawasan ya mba

    ReplyDelete
  6. Aku pernah punya teman, Mbak. Dia ini hampir setiap bulan keluar bercak setelah siklus haid. Itupun berhari-hari. Dalam satu bulan bahkan bisa 'haid' 2 kali. Baru tau namanya metrorrhagia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru mengalami bulan ini mbak dan khawatir heheh padahal gapapa ya hehe

      Delete
  7. Ini kejadian yang aku alami mba. Akhir mei tgl 31 mei 2016 aku selesai haid, tapi dipertengahan bulan puasa kemarin pas tgl 15 juni 2016 aku keluar darah dua hari, agak bingung kan jarak haid ku biasnya sebulan, tetapi ini malah 15 hari, keanehannnya lagi pendarahan hanya dua hari, aku pikir aku haid cuma dua hari (biasanya seminggu-an), karena aku ibu asi dan puasa juga , gak nyadar klo hamil. Sekarang aku hamil mba. Tapi periksa ke dokter jawabnnya ada dua, bilang klo pendarahan itu awal kehamilan jadi HPL bulan maret.
    Tapi ada yg bilang aku kecapek-an, karena gak tahu hamil, masih kasih asi, dan puasa juga. kehamilanku dihitung dari bulan juni awal jadi HPL februari.

    Duh, bingung aku lagi cari dokter lagi mau cek yang mana yg benar2 HPL ku yang tepat soalnya beda2. Klo Kak Tian gak keberatan tanyakan ke temannya bisa ga? makasi ya :)

    ReplyDelete
  8. Dulu saya pernah keluar flek terus menerus. Padahal sedang di-KB. Saya pikir itu hanya gangguan haid biasa. Tapi ternyata, beberapa minggu kemudian saya mengalami perdarahan, dan akhirnya ketahuan kalau saya sedang hamil 4 bulan, hamil si bungsu. Baru sadar kalau sempat ada pil KB yang lupa diminum sampai 2 hari hahaha

    ReplyDelete
  9. Ak pernah keluar flek terus pas habis nifas, jadinya mau sholat gitu kan ragu. Ada kali sampai delapan bulanan, habs itu dasih pil apaa gitu ma dokternya, langsung bersiiih

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D