Cerita Tian

Penyebab stress di kantor

4:12:00 PM

Assalamualaikum, 

Kadang suka bete di kantor, tapi kadang juga merasa nyaman dan betah sekali ketika berada di kantor. Jika sedang bete dan males bekerja, bukan tidak mungkin kalau ternyata kita ini sedang stress loh. Kenapa bisa stress di kantor? Sadar gak sadar, beberapa hal yang akan saya share ini menjadi pemicu stress di kantor loh.  


Berdasarkan pengalaman saya yang bekerja lebih dari 10 tahun nih di perusahaan  - perusahaan yang berbeda, dan inilah penyebab stress di kantor : 


  1. Atasan yang suka menuntut. Banyak sekali sifat atasan, ada yang baik, yang inilah, yang itulah dan lainnya. Dan atasan yang memiliki sikap penuntut ini akan membuat kita merasa tertekan di kantor, alhasil menjadi stress deh. Meski memang sikap atasan yang suka menuntut ini beda - beda, ada yang menyampaikan secara lembut dan ada juga yang mendikte, maklum memang atasan kan menuntut kualitas kerja kita. Namun kondisi kayak gini nih yang bisa membuat menjadi gak betah kerja. Terus apa dong solusinya? masa sih setiap nemu atasan kayak gini harus resign, ya enggak gitu juga sih. Solusi menghadapi sikap atasan seperti ini dengan belajar memahami atasan. Coba dipikirkan dan dinilai secara positif saja, pokoknya lakukan semua pekerjaan dengan enjoy, meski kadang emang nyebelin sih hehe. 
  2. "Benturan" dengan teman. Bekerja dengan team, satu ruangan, satu divisi dan kadang kita disandingkan bukan dengan orang yang tepat, pernah mengalaminya? Bete gak sih kalau mendapatkan teman atau rekan kerja yang enggak cocok sama kita? bete lah pastinya. Karena merasa kurang cocok, maka perselisihan dan benturan kecil bakalan terjadi, jika benturan ini berlanjut panjang dan menjadi konflik yang ada kita akan menjadi stress dan bekerja pun tidak optimal. Solusinya adalah jangan baperan, hihi iya kalau kitanya cepet baper dan sensian sih cepet emosi, namun coba sugestikan diri saja bahwa semua team work cocok. Yang penting bekerja dan melakukan yang terbaik demi hajat hidup dan isi dompet, setuju? 
  3. Job desk gak jelas. Apalagi ketika kita harus mengerjakan pekerjaan diluar job desk itu adalah perih. Pekerjaan menjadi gak pernah selesai, sepanjang hari bekerja tidak diberikan jatah "bernafas" sedikit pun ini akan membuat stress akut, dan akhirnya malas bekerja. 
  4. Kurang komunikasi. Komunikasi ini penting, dimana dan kapan saja. Begitupun dalam lingkungan kerja, jika kurang komunikasi ketika bekerja maka pekerjaan akan terhambat apalagi jika work team. 

Sebenarnya bekerja di kantor itu menyenangkan, jika suasananya nyaman. Jadi membuat suasana nyaman itu ya dimulai dari diri kita sendiri dulu kan, yang lain bakalan mengikuti. 




Wassalam,

Tian Lustiana 






You Might Also Like

9 komentar

  1. sama sis, Kadang memang suka stress dikantor, kalau saya cara ngilangin stress buka youtube cari hiburan,hhe

    ReplyDelete
  2. Kalo qu stress gajian telat mba hahaha..klo atasan, teman, jobdesc, komunikasi wis hatam mba dari makan pke sambel goreng ati sampe makan hati beneran :p begitulah dunia kerja klo ga woles bawaanya pengen jambakin orang hahaha

    ReplyDelete
  3. #1 & #4 pas banget, udah bos nyebelin, komunikasi kurang pula.. Ggggrrrrr bikin males ngantor deh :(

    ReplyDelete
  4. Wah kerja kantoran mah masa lalu saya ...xixixi...

    ReplyDelete
  5. untung sekarang ngantornya cuma di rumah, hehe
    tp dulu pas kerja di luar kalo lagi stress mending jalan2 aja pas akhir pekan. hehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook