Ethica, Fashion Revolution

by - 1:26:00 PM

Assalamualaikum, 

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan ajakan dari teh Amy untuk mengikuti acara Fashion Revolution In Digital World yang disponsori oleh Ethica. Saya pun tidak langsung mengiyakan ajakannya, saya masih berpikir keras dan merasa minder, iya saya minder. Saya merasa bahwa saya bukanlah fashion blogger dan enggak fashion, ha ha. Sedangkan dari judul acara saja udah ketauan banget bahwa acara ini bakalan membahas fashion apalagi pas dikasi tau bahwa bintang tamunya adalah mbak Rimma Bawazier, pemilik Kaimma Malabis. Jujur, saya suka jiper duluan kalau diajakin acara macam gini. 



Hingga pada akhirnya, setelah mikir panjang, semedi dan menimbang - nimbang akhirnya sayapun mendaftarkan diri untuk ikut, saya mengisi form nya juga mepet deadline banget haha. Tapi alhamdulillah saya bisa menghadiri acara keren yang di adakan di In & out Urban Eatery Jalan Wayang no. 2 daerah Burangrang. Saya pun mendapatkan banyak sekali ilmu tentang fashion dan juga mengenal brand Ethica. 




Jadi begini ceritanya.... 

Dress code yang saya kenakan adalah pink, fresh pink haha. Ya eyalah secara saya pink holic jadi hampir semua acara yang saya datangi itu pasti berbusana pink, meski ada yang menggunakan warna lain juga sih. Sebelum acara dimulai, saya dan beberapa blogger lain wefie dulu sebagai pemanasan, he he. Setelah itu acara pun dibuka oleh dua MC gokil, dan saya lupa nama MC nya maaf yah. Yang pasti duo MC ini gokil abis lah dan sukses membuat saya pengen "neke" mereka. Setelah opening by duo MC, kemudian ada sepatah dua patah kata dari Bapak Asep Mulyadi selaku owner Ethica.



Bapak Asep menjelaskan tentang Ethica, dari mulai Ethica dibentuk tahun 2008 (seumuran sama Marwah atuh yah) dan masih menjadi home industri, kemudian melebarkan sayapnya hingga kini memiliki kurang lebih 124 agen yang menyebar dibeberapa kota Indonesia. Ethica juga membagi produknya sesuai dengan segmen pasar dan kebutuhan konsumen. Pak Asep menuturkan bahwa bisnis yang dilakoni nya sekarang ini bukan sekedar bisnis fashion, namun juga sebuah bisnis yang mendatangkan gagasan bahwa fashion itu bukan cuman menutupi tubuh saja. Tapi harus memiliki etika atau nilai untuk mendekatkan diri pada ALLAH SWT. Dan ketika saya mendengarkan penjelasan dari sang owner ini sungguh membuat saya mengingat bahwa fashion bukan hanya gaya – gayaan, namun menutupi aurat dengan baik, terimakasih pak atas remindernya, semoga tambah berkah ya pak Ethica nya. Aamiin.


Untuk Ethica sendiri adalah brand muslim yang memberikan keceriaan penampilan para pemakainya. Bahkan menjadi tren fashion. Bahan dan desain yang nyaman cocok untuk aktivitas sehari - hari. Brand Ethica juga ada buat anak - anak, gamis lucu dan yakin deh membuat anak nyaman beraktivitas meskipun berjilbab. Produk lainnya adalah KAGUMI dan OHYA. Kagumi diciptakan untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan. Kagumi ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki selera fashion kelas tinggi. Sedangkan OHYA diciptakan untuk mereka yang ingin tampil casual nan trendy. Dengan desain yang simple dan fashionable. Jadi saya sebagai calon pelanggan gak pusing kan yah, saya jadi bisa memilih produk Ethica mana yang sesuai dengan karakter saya dan juga sesuai dengan kebutuhan saya, eh yang paling penting sih sesuai dengan isi dompet saya, penting banget itu, catet ya. Oiya untuk OHYA ada juga produk hijab , seperti pashmina dan lainnya. 


Perkembangan Bisnis Dari Agraris Sampai Afiliasi

Setelah selesai penuturan dari pak Asep selaku owner Ethica, sekarang saatnya berkenalan dengan Marcom nya Ethica, yaitu  Teuku Ikhsan Syaban yang memberikan materi mengenai Fashion Revolution In Digital Era. Menurut data yang dihimpun APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) mengatakan bahwa user internet di Indonesia ini terus meningkat dari tahun ketahun, its mean Indonesia people melek internet dong yah. Semua mengalami kemajuan, bisnis pun demikian mulai dari era agraris hingga era bisnis online dan afiliasi. Teknologi yang berkembang ini harus dijadikan peluang bisnis dong iya kan? Sekarang gak usah lagi riweh window shopping dari mall ke mall atau dari toko ke toko, cukup ceki – ceki via gadget saja. Stimulasi pada calon pembeli semakin mudah dengan keberadaan internet. Istilah nya orang langsung mendapatkan Zero Moment Of Truth atau disingkat ZMOT hanya dengan berselancar di internet saja. Contoh real saja, sekarang mau ceki – ceki model terbaru gak usah langsung ke mall kan? Cuman klik www.ethica.id saja kita sudah bisa menstimulasi otak hingga akhirnya menyarankan untuk membeli salah satunya. Semua akan terasa semakin mudah kan dengan perkembangan internet? Jadilah kita yang harus pintar memanfaatkan perkembangan dunia digital ini. Benerkan, hanya dengan berkeliling toko online busana muslim kita sudah bisa belanja - belanji, itulah hebatnya dunia digital. 
Pashmina by OHYA, Ethica 

Rimma Bawazier, model dan pemilik butik.

Sesi terakhir adalah sesi bintang tamu yang sudah dinantikan, mbak Rimma Bawazier. Seorang model muslimah yang sudah menggeluti dunia fashion dan model sejak kecil. Tahun 2012 Rimma Bawazier membangun bisnisnya. Menurut Rimma bawazier, tentang fashion itu tentang kepercayaan diri, tentang bagaimana mix & match warna dan juga harus ngerti corak serta warna. Rimma Bawazier juga menjelaskan bahwa busana muslim dari Indonesia itu tengah menjadi kiblatnya fashion dunia, keren kan? Ya karena busana muslim Indonesia itu ready to ware dan simple. Semoga brand – brand asli Indonesia bisa go internasional ya dan menjadi kebanggaan kita semua.



Tren fashion muslim 2017 itu seperti apa sih mbak Rimma? Adalah busana simple. busana syar'i dan ready to ware akan menjadi tren fashion muslim mendatang. 


Oke, terimakasih Ethica sudah memberikan banyak sekali pencerahan mengenai fashion dan bisnis. Yang masih kepo bisa langsung stalking akun sosmed dan websitenya Ethica yah  di http://ethicafashion.com/



Wassalam, 


Tian Lustiana 





You May Also Like

12 komentar

  1. Betul sekali, fashion itu tetep harus beretika ya...

    Dan aku naksir dengan koleksi Ethica yg simpel & elegan :)

    ReplyDelete
  2. Ohya pashmina aku juga punya, dan memang enakeun...

    Oia teh kalau mau 'neke' MC nya boleh banget teh dengan senang hati, itu temen kuliah aku. Haha 😂

    Nama beken nya Deden Delicious dan Wildan Halwa. Wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Duh... aku suka banget sama gaun pink itu.. keren banget.. itu warnanya soft dan aku suka warna2 kayak gitu..

    ReplyDelete
  4. jd pgn ngintipin produk2nya ethica

    ReplyDelete
  5. Emm..emm..pada nge tek baju dan jilbab Ethica yaa..?

    Iyaa ah...
    Aku juga mau yg Kagumi.
    Hiihhii...keren keren semua...jadi bingung.

    ReplyDelete
  6. Hai Pinky....
    Suka deh busananya..

    Ah beneran nuy nambah ilmu tentang berbusana dan berbisnis yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu suka juga liat teh tian pake Pink, kesannya cerah dan ceria.
      Acara ini bikin aku galau, segera kerudung juga ehehe

      Delete
  7. Wah keren ya...busana muslim dari Indonesia jadi kiblatnya fashion dunia.

    Eh, itu, naksir sama gaun pink yang terakhir. Modelnya bagus ya... Harganya berapa, tuh?

    ReplyDelete
  8. Salam kenal Teh Tian,

    suka sama model bajunya Ethica, terutama yg Ohya, bagus-bagus :D

    Acaranya seru, gak cuma promosi doang tapi ilmu yang dibawa pulang juga banyak.

    ReplyDelete
  9. Wah kini fashion berhijab semakin cantik dan modis ya :-) semoga dengan begitu banyak juga wanita yang mulai mengenakan hijab sebagai penutup aurat bagian kepala :-)

    ReplyDelete
  10. Buat aku kayaknya cocok yg OHYA nih ya hihihi... pede amat

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D