kecantikan

Benarkan Paraben Berbahaya

10:34:00 AM

Assalamualaikum,

"Kosmetik atau skincare yang ada parabennya, berbahaya loh."

Emang, paraben ini sekejap menjadi hotnews di grup chat. Bukan hanya di grup chat, mungkin seantero manusia mempertanyakan tentang paraben ini, khususnya mereka yang berkecimpung di dunia kecantikan dan juga kesehatan. 


Paraben digunakan sebagai pengawet produk baik itu kosmetik ataupun lainnya yang ada kaitan dengan farmasi. Paraben ini ikut membantu dalam mencegah jamur dan bakteri, ya intinya untuk menjaga kualitas produk. Menurut istilah kimianya paraben ini merupakan ester dari p-hydroxybenzoic acid. Dan paraben yang sering dan banyak digunakan dalam kosmetik dan lainnya adalah methylparaben, propylparaben dan butylparaben


Paraben ini tidak baik untuk kesehatan, ada efek negatif yang dihasilkan paraben. Saya pernah baca tuh di artikel tentang ditemukan adanya paraben pada tumor payudara, maka dari itu penggunaan paraben harusnya dibatasi jangan sampai berlebihan. Reaksi yang ditimbulkan paraben biasanya reaksi alergi dan lainnya yang lumayan mengerikan. Lebih baik emang menggunakan kosmetik organik sih, lebih mahal namun aman. 

Gawat dong ya, tapi apa paraben emang harus dihindari? Sebaiknya sih begitu, nanmun kan kita pun tidak bisa menghindari jika membeli produk pabrikan yang mungkin menggunakan paraben, jumlah paraben yang sedikit sih gak masalah untuk kesehatan. Yang bermasalah itu jika paraben digunakan dalam batas maksimal seharusnya. Jadi jika kadar paraben pada suatu produk kecil atau sedikit nah itu masih layak digunakan. 
Paraben meresap ke dalam tubuh melalui kulit dan mulut. Yang meresap melalui kulit biasanya memakai kosmetik, skin care dan perawatan lainnya yang langsung diaplikasikan ke kulit, namun jangan khawatir jika paraben tidak berlebihan sih bisa termetabolisme dengan sempurna sebelum masuk ke sistem peredaran darah dan dikeluarkan melalui urin.
Sebelum membeli produk cek terlebih dahulu kandungannya. Menjadi konsumen cerdas bukankah lebih baik ya? iya dong :). Lebih baik gunakan kosmetik yang free paraben, sekarang sudah banyak sih dipasaran yang free paraben kan. 

Wassalam,
Tian Lustiana





You Might Also Like

4 komentar

  1. Teteh pake produk free paraben apa saja? Aku baru nemu Guardian brody scrub tapi ada sls nya huhu

    ReplyDelete
  2. Manggut-manggut. Thanks infonya Teh. Jadi penasaran sama kosmetik organik.

    ReplyDelete
  3. segala sesuatu jika tak berlebihan insyaallah masih aman ya mbak.. paraben msh byk dipake di kosmetik2 merk terkenal juga

    ReplyDelete
  4. Hmm.. Biasanya di handbody sama shaampo yang banyak parabennya ya teh, teteh share juga dong punya produk free paraben apa aja.. Hehe

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook