Tentang Dopamin

by - 10:19:00 AM

Assalamualaikum,

"Duh sepertinya saya butuh cokelat deh" Ya biasanya kalau sedang sedih atau galau saya suka nyari cokelat, karena cokelat itu mampu mengendalikan rasa sedih dan galau, eaa. Apakah cokelat itu mengandung dopamin? hihih.

Tentang Dopamin

Dopamin apaan ya? biasanya dopamin ini dikaitkan dengan kesenangan, bahagia dan sebagainya yang erat kaitannya dengan perasaan senang. Dopamin itu adalah neurotransmitter yang diproduksi dalam otak. Dopamin terletak pada otak, yang mana fungsi otak itu adalah bagian penting bagi tubuh kita yah. Dopamin memiliki efek yang besar terhadap otak. 


Tentang mood dan dorongan

Dopamin memiliki peran utama dalam otak sebagai sistem reward yang mana bertujuan untuk memberikan reward kepada otak atas perilaku yang dilakukannya selama ini, eh emang otak sudah berperilaku apa saja? Memberi makanan yang baik dan sehat serta melakukan olahraga juga merupakan perilaku baik yang dikerjakan otak loh, ciyus. Setelah melakukan aktivitas itu maka otak bakalan melepaskan dopamin sebagai motivasi atau sebagai dorongan agar melakukan aktivtas lebih baik lagi dimasa depan. 

Dopamin juga bisa loh menjadi mood booster yang teramat luar biasa yang memotivasi. Dopamin juga dikenal sebagai anti depresi loh, bayangkan kalau kita kehilangan dopamin, bayangkan, coba bayangkan.

Tentang gerakan / motorik 

Dopamin juga memiliki peranan penting dalam gerakan motorik yang diperoleh tubuh. Sendainya tubuh kekurangan dopamin, kelumpuhan total adalah ancaman nyata. Namun jika kelebihan dopamin juga tubuh bakalan menghasilkan gerakan tiba - tiba yang susah dikendalikan. So, berarti jika kebanyakan dopamin juga bisa membahayakan. Kandungan dopamin dalam otak yang terkontrol dan jumlahnya tepat akan membuat sikap refleks plus gerakan tubuh pun bisa dikoordinasi secara baik atau terkontrol. 

Tentang kemampuan kognitif 

Dopamin bisa juga membantu meningkatkan kemampuan kognitif loh. Manusia dengan kadar dopamin dalam jumlah yang cukup dan tepat lebih baik ketika ia dalam pelajaran mengingat dan penalaran. Dopamin juga bisa membantu meningkatkan fokus, konsentrasi serta rasa waspada. Jadi terbukti ya jika kopi dan teh bisa memberikan manfaat pada saat suntuk bekerja, karena kafein yang terkandungnya itu menyebabkan produksi dopamin dalam otak melonjak drastis.

Jadi, jika jumlah dopamin yang cukup bisa meningkatkan mood dan motivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik. Berarti dopamin yang tinggi itu mengindikasi tentang bagaimana menikmati hidup, bernarkan?

Tentang Dopamin

Terus bagaimana cara meningkatkan dopamin??

Olahraga, ada hubungan langsung diantara olahraga dan meningkatkan dopamin loh. Dengan melakukan olahraga ringan 30 menit dalam sehari saja bisa memicu tubuh untuk memproduksi dopamin dengan lebih banyak. Nanti setelah olahraga bakalan ada perasaan puas dan itu akan menjadi sinyal bahwa otak mulai memproduksi dopamin.

Tidur, ini nih cara yang paling asik, haha. Yess, tidur adalah cara yang paling asik untuk menjaga tubuh supaya tetap segar bugar dan sehat. Dengan tidur maka pikiran akan rileks dan bisa membantu meningkatkan kadar dopamin secara alami. Tidur nyenyak selama 8 jam membuat tubuh dan otak pulih secara optimal.

Makanan, Ada loh makanan yang terbukti meningkatkan kadar dopamin. Apa saja?  Adalah apel, pisang, ayam, telur, keju, berbagai macam kacang, protein, susu, biji - bijian, makanan laut dan masih banyak lagi. Itu bisa dikonsumsi dan dopamin pun meningkat secara alami.


yuk cukupi dopamin dalam tubuh kita supaya bahagia dan sehat selalu :).


Wassalam,

Tian Lustiana




FYI : 

Photo search by google dan pexels.com 


You May Also Like

4 komentar

  1. Waah, aku spt kurang dopaminnya..

    ReplyDelete
  2. Olah raga nich yang jarang banget saya lakukan hikZ

    ReplyDelete
  3. Aku setuju banget sama poin Olahraga dan Tidur itu mbak .. Kalau suasana hati tidak baik, aku selalu cari kegiatan atau gerakin badan lah. Minimal, bersih bersih kamar. Keringatan, capek, tidur .. Lupa sama masalah :))

    ReplyDelete
  4. Emang beneran teh, olahraga sebentar tapi rutin memang bisa bikin kadar dopamin meningkat. Selain itu, darah rendah saya juga ilang. Hehe..
    Informatif banget euy, makasih sharenya ya teh :)

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D