Mudah mengenali diri sendiri

by - 1:32:00 PM

Assalamualaikum,

Mudah mengenali diri sendiri, ah masa? 

Mengenal diri sendiri itu sebenernya sebuah landasan yang mendasar demi membangun sebuah pengembangan diri, betul? Susah gampang untuk mengenali siapa diri saya ini, hingga akhirnya saya dihadapkan sebuah masalah, cobaan dan pendewasaan diri yang membuat saya mampu mengenali siapa saya ini. 

Mudah mengenali diri sendiri

Mengenali siapa diri saya sendiri, memahami tentang pola pikir saya dalam merespon suatu keadaan. Apa yang saya lakukan ketika saya mendapati masalah dan hal lainnya yang membuat saya lebih mengenal siapa saya. Banyak sekali perasaan hingga kata - kata yang hadir dan muncul ketika saya dihadapkan pada suatu masalah, disaat seperti inilah saya mengenal siapa diri saya ini. Dalam saat seperti inilah saya paham apa yang saya lakukan, karena saya mengenali diri saya sendiri. 



Ketika saya mendapatkan masalah, ini adalah kesempatan untuk saya agar lebih mengenal diri saya sendiri. Karena dalam situasi ini saya akan memberikan respon dengan logika saya sendiri, saya akan melakukan sesuatu dengan cara saya sendiri, cek deh apa yang kita lakukan saat ada masalah? konsisten gak? kalau konsisten ya itulah diri kita yang sesungguhnya dan yang seutuhnya. 

Banyak cara mengenali diri saya sendiri, pada hal kecil misalnya. Ketika saya mendapatkan rasa kaget atau jatuhnya sesuatu dari tangan saya, apa yang konsisten saya lakukan? bisa saja saya berseru ini dan itu serta hal lain yang biasa saya lakukan, itulah diri saya sebenarnya. Ketika marah, kesal, sedih dan emosi apa yang biasa saya lakukan, nah itu lah diri saya sendiri. Temen - temen juga bisa deh memperhatikan pola sendiri, hehe dan emang beneran loh biasanya konsisten, saya kalau marah atau kesel saya konsisten diem dan ga ada kata - kata yang keluar. DItanya pun saya enggan menjawab, begitulah kalau saya sedang marah dan kesal, dan itu konsisten. 

Ada momen lain yang membuat saya lebih mengenal siapa saya, adalah ketika saya kehilangan sesuatu dan kehilangan seseorang. Perbuatan, tingkah laku dan hal spontan lainnya selalu konsisten saya lakukan, hehe. Sama, saat saya kehilangan atau saat saya mendapatkan sesuatu yang baru pun sama, konsisten melakukan sesuatu haha. 

Ada situasi dimana ada kesamaan dengan tindakan kita, dari situlah kita bisa lebih mengenal diri sendiri. Kalau temen - temen gimana cara mengenali diri sendirinya???? 



Wassalam,


Tian Lustiana 



You May Also Like

5 komentar

  1. Seringkali cara tercepat mengenali diri adl melalui pendapat org lain.

    Masalahnya, tdk semua pendapat org lain itu diungkapkan kpd kita...

    Jadi, jika cara ini masih terlalu sulit, kita bisa coba mengenali diri dari respon seseorang thd kita.

    Jelas, dibutuhkan kepekaan di sini.

    Gtu aja sih,

    ReplyDelete
  2. Bener juga mbak, ketika aku kaget ya biasa aja, gak heboh dan gak lebay, karna memang bawaanku kalem #cieeeeeeeeee sikapku juga cenderung diam dan cuek, artinya gak ngurusi kehidupan orang lain hehe

    Jadi gitu ya mbak cara mengenali diri sendiri..

    ReplyDelete
  3. Siapa yg mengenal dirinya sendiri dia pasti mengenal Tuhannya. Pernah baca kalimat seperti ini ...kalo saya hemmm, kdg dgn bertanya sm org dekat yg psti bicara seadanya baik buruknya. Selebihnya ya... menggali ke dlm, seperti apa sih saya...gak mudah krn ya susah liat punggung sendiri y mak :))(

    ReplyDelete
  4. terkadang masalah memang membuat kita lebih mengenali diri sendiri yah Mba Tian :)

    ReplyDelete
  5. Iya benar terkadang hal sulit membuat kita menaydari diri sendiri...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D