blogging

Senang Chatting? Perhatikan Ini

4:07:00 PM

Assalamualaikum, 

Pada zaman sekarang ini rasanya semua urusan bisa diobrolkan secara online, termasuk ngegosip haha. Eh tapi lagi puasa gini ndak boleh bergosip yess, keep silent aja. Percakapan online atau lebih banyak dikenalnya dengan chatting ini populer banget di semua kalangan manusia yang ada dimuka bumi ini, termasuk saya. Secara dengan chatting bebas mau ngobrolin apa juga mulai dari pekerjaan kantor sampai film korea yang bentar lagi muncul, bisa ngalor ngidul sekarepnya saja, bebas. Nah saking mengusung paham kebebasan, walhasil banyak user yang lost control dong yang ujungnya membuat user lainnya merasa bĂȘte, merasa marah dan tersinggung. 



Padahal kan chatting kagak face to face kan? Jadi apa alasannya pada kesinggung yah? Hmmm karena ternyata bahasa yang kita ketik itu bisa menjadi tersangka utama, menurut saya dalam chatting pun sopan santun tetap harus ada, ada etikanya lah ya jangan mentang – mentang ga ketemuan terus seenaknya gitu ketak – ketik pesan, ga gitu yah. Etika chatting itu ada, meski tidak tertulis, tapi saya yakin semua user sosial media memahami akan etika ini, saya yakin sekali. 

Saya hanya ingin mengingatkan bagaimana seharusnya kita bertindak atau memperlakukan diri dan user lain dalam sebuah obrolan online, check this out : 

· Sopan, harus dong. Bukan hanya dalam pergaulan secara nyata kita dituntut untuk sopan, dalam obrolan online pun harus. Siapapun lawan chatting kita, mau kita kenal atau enggak tetap harus sopan jangan sampai memperlakukan partner chatting dengan seenaknya.

· Tidak memaksakan kehendak, jangan egois ya. Kalau temen chatting sudah mulai males dengan obrolan kita ya sudah kita hormati saja jangan memaksanya untuk terus meladeni kita berchit – chat dengan nya, mungkin dia sedang lemah atau capek atau badmood dan atau – atau lainnya.

· Jujur. Kejujuran ini penting banget dan menjadi nomor wahid enggak didalam dunia nyata maupun online. Dengan jujur ini akan membuat lawan chatting kita menghargai kita loh.

· Don’t disturb. Jangan iseng buat gangguan dengan obrolan yang ga banget deh kecuali emang lawan chattingnya lagi luang waktunya. 

· NO SARA. Hal ini sensitive banget dan bakalan memicu perselisihan dan percayalah tak ada manfaatnya. 

· Jika merasa tidak ingin diganggu lawan chat, silakan aktifkan status offline saja, beres kan?


Dan masih banyak etika tidak tertulis lainnya yang saya yakin teman – teman pengguna sosial media sudah memahaminya dengan sangat baik. Seperti dalam ber facebook ria juga banyak hal yang perlu diperhatikan. Dalam membuat status juga hati – hati jangan sampai menyinggung atau membuka aib orang lain dan aib sendiri. Kadang emang gatel ya jari jemari ini ingin ngetak – ngetik curhatan kalau lagi galau, namun ingat kembali bahwa sosial media adalah ruang public, itu saja. 

Nah menurut teman - teman gimana perlu ga kita mengantongi etika dalam obrolan online??? 


Artikel lain : Etika Bersosial media 



Wassalam,




You Might Also Like

11 komentar

  1. Perlu donk... perlu banget malah. Apa jdnya kalo chat ga pake etika ya *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kebayang banget ya mak apa jadinya, bahasa yang enggak enak pun seliweran :(

      Delete
  2. seperti gini ya mak
    assalamualaikum, saya punten mau komen diblog mak tian ini. boleh tidak

    sopan bener xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu sopan, tapi lucu ya kalau ada yang nanya gini :D hahaha

      Delete
  3. Kalo chatting di medsos tetap harus memperhatikan rambu2 ya Mba.. baik itu etika maupun tutur kata agar tidak kebablasan dan menjadi masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kebablasan yang suka menjadi masalah, alasan karena khilaf dan emosi

      Delete
  4. Betul banget. Makanya aku mulai leave grup2 Wa, takut keceplosan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih senang memantau grup hehe, kalau harus komen ya saya komen biasa aja :D memang saya juga takut keceplosan

      Delete
  5. Perlu banget Ka, setuju banget deh sama apa yang Kaka bilang, walaupun memang kadang suka gatel banget ini jari buat ngetik status galau hehe

    ReplyDelete
  6. Bahasa teks mudah menimbulkan ke salahpahaman..
    Kita ngga tahu intonasi orang yang ngetik..
    Mungkin niat dia bercanda tapi kita ngga denger ya..
    Selain memperhatikan etika, perlu konfirmasi pemahaman juga.. apa maksudnya sama :)

    ReplyDelete
  7. Saya juga gitu mbak.. kalo udah keganggu tak matiin aja notifnya.. kalo meang udah sampek tahap keterlaluan aku keluar dari grupnya.. ogah ambil pusing

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook