Etika Bersosial Media

by - 9:09:00 AM

Internet adalah  hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Interconection networking merupakan jaringan yang menghubungkan komputer disemua titik seluruh dunia yang tidak dibatasi oleh jumlah dan menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan adanya internet, maka sekarang saya bisa berblogging ria, bernarsis ria dan sebagainya dengan menggunakan fasilitas internet

etika bersosial media



Dalam menggunakan internet itu ada etikanya juga lho. Etika dalam menggunakan internet tergolong penting juga, saya rasa sih begitu. Etika dalam menggunakan fasilitas internet seperti bermedia sosial.Maksud saya itu adalah etika ketika kita masuk kedalam suatu forum atau grup dimana disana kita melakukan interaksi yang sifatnya umum dengan banyak orang yang tidak atau belum kita kenal sebelumnya. Kalau interaksi dengan teman yang sudah kita kenal sih ga masalah, si teman itu yakin sudah mengenal tabiat kita dong meski batasan - batasan wajar tetap harus ada. 


  • Harus diingat bahwa yang menggunakan internet itu berasal dari negara, kota yang tentu berbeda dengan kita. Dengan begitu yakin bahwa budaya, bahasa dan adat istiadat pun berbeda kan? 
  • Yang menjadi user internet itu kebanyakan orang - orang yang hidup dalam dunia anonymouse yang engga wajib menyatakan identitas asli dalam berinteraksi. 
  • Banyak fasilitas yang diberikan dalam internet yang mungkin saja orang bisa bertindak diluar akal sehat yang tidak seharusnya dilakukan.
  • User internet akan terus bertambah selalu seiring kemajuan teknologi dan akan banyak juga user yang baru secara terus menerus. 
Dengan begitu maka dalam bersosmed /  menggunakan internet etika benar - benar harus diterapkan mengingat beberapa hal yang saya sebutkan tadi. Jangan mengumbar informasi pribadi secara mendetail, intinya harus bijaklah dalam mengumbar informasi pribadi dan keluarga kita. Etika dalam berkomunikasi juga penting, meski tidak berhadapan langsung namun tetap tata bahasa harus halus lembut dan tidak menyinggung. Hindari untuk me - reshare info yang tidak jelas sumbernya ini akan membuat kisruh, kroscek dulu deh kebenarannya baru di share, mudah bukan? 

Opini harus berdasarkan fakta dan data, dalam sosmed memang tidak dilarang beropini asalkan opininya akurat dan jelas sumbernya. Jangan ikut - ikutan berkomentar tentang hal yang belum dimengerti dengan baik, bisa - bisa malah terjerat asmara UU ITE. Kalau sedang emosi baiknya jauh - jauh deh dengan sosmed, bahaya soalnya kalau update status. 

Yuk semakin cerdas lagi dalam bersosial media, gadget aja udah smartphone terus kapan atuh smartuser nya kalau bukan dari diri kita sendiri. 


Salam sosial media, 

Jangan follow IG dan twitter saya yah @Tianlustiana




You May Also Like

23 komentar

  1. Setuju sekali Mbak.. Bahwa ketika kita melakukan interaksi dlm media sosial hrs mengedepankan etika.. Jangan sampai kebablasan.. Byk yg mengumbar kata2 tak sedap yg ujung2nya perang opini.. Bahkan ada yg mengunggah foto2 yg bersifat melecehkan orang2 tertentu.. Bisa2 malah terjerat UU IT tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, jangan ikut2an mengumbar kata2 yang sedang perang komentar yah meski saya sendiri juga kadang suka gatel tapi alhamdulillah bisa menahan :D

      Delete
  2. aku sekarang sudah mengurangi mak, semoga bisa.. beretika baik di sosmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga harus berusaha terus agar tidak mudah terprovokasi :D semangat

      Delete
  3. memperlakukan orang di sosmed ya harus sama dengan ketemu orang di dunia nyata, menghargai orang lain, sekarang ni sering liat mentang2 di dumay, ngga kenal eh seenaknya menghujat dll..miris..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali mba Dewi :)

      Delete
    2. Di socmed banyak yg tiba2 jd pnter ngomong n debat bgitu ketemu langsung,melempem hehehe

      Delete
  4. setuju mbak. sekarang ini malah makin banyak yang ngomong seenaknya di media sosial. mungkin dikiranya buku diary kali yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya, padahal kalau mau curhat di diary aja ya mbak, hihih dear diary :D

      Delete
  5. Benar, selain pakai etika, kita juga harus mampu mengendalikan diri. Jangan mudah terpancing informasi yang belum pasti kebenarannya dan jangan-jangan yang lain, yang sekiranya malah bikin berantem sama orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mengendalikan diri itu penting

      Delete
  6. Kalo di blog sih (khususnya emak blogger) hampir semua sopan Mak. Tapi coba deh kalo sudah masuk forum di situs lain, duh sampe greget bacanya >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sampe greget bacanya memang namun jangan sampai terpancing emosi untuk komen :D

      Delete
  7. bener banget tuh mak. Banyak banget orang di socmed kalo pas online ngomongnya berapi-api plus ngomongnya seenak jidat. padahal belom tentu loh, IRL dia juga berani ngomong.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susah memang mengendalikan komentar di sosmed

      Delete
  8. sekarang sih lagi booming banget sama sosial media .. semua foto bisa diliatin di instagram ,, curhat curhat ditulis di status bbm atau facebook .. kita lagi dimana bisa pamer di path .. semuanya ada sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya sudah difasilitasi tinggal usernya aja harus bersikpa bijak :) semoga kita selalu bijak bersosial media

      Delete
  9. Kalo udah bahas UU ITE, aku ngeri :(

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D